Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Cacar Air - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: SEP 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 897.505 orang

Cacar air, juga disebut varicella,adalah suatu penyakit yang ditandai dengan gejala melepuh, merah, gatal yang muncul di sekujur tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh virus. 

Cacar air Seringkali terjadi pada anak-anak, walaupun tetap bisa menginfeksi orang dewasa. Infeksi cacar air, umumnya hanya terjadi satu kali selama masa kehidupan. Dan setelah vaksin cacar air ditemukan pada pertengahan tahun 1990an, kasus cacar air pun berangsur-angsur menurun di seluruh penjuru dunia.

Apa saja gejala yang khas pada Cacar Air?

Infeksi cacar air muncul 10 sampai 21 hari setelah terpapar virus dan biasanya berlangsung sekitar lima sampai 10 hari. Ruam cacar air sangat khas. Namun ada tanda dan gejala lain, yang mungkin muncul satu sampai dua hari sebelum ruam muncul, yaitu:

  • Demam
  • Kehilangan selera makan
  • Sakit kepala
  • Kelelahan dan perasaan umum tidak sehat (malaise)

Ruam Cacar air akan berkembang dalam tiga tahapan:

  • Muncul benjolan berwarna merah jambu atau merah (papula), yang pecah selama beberapa hari
  • Benjolan seperti Lepuhan yang berisi cairan (vesikula), terbentuk dari benjolan yang terangkat sekitar satu hari sebelum pecah dan bocor
  • Kerak dan keropeng, yang menutupi lepuh yang pecah dan butuh beberapa hari untuk sembuh

Ruam baru terus muncul selama beberapa hari. Akibatnya, Anda mungkin memiliki ketiga tahap ruam pada saat bersamaan pada hari kedua ruam

Setelah terinfeksi, Anda bisa menyebarkan virus hingga 48 jam sebelum ruam muncul, dan Anda tetap berpotensi menularkan virus sampai semua bintik kerak pada tubuh Anda hilang.

Penyakit ini umumnya tidak berbahaya pada anak-anak yang sehat. Pada kasus yang parah, ruam dapat menyebar ke seluruh tubuh, dan lesi dapat terbentuk digt;tenggorokan, mata dan selaput lendir pada saluran kencing, anus dan vagina. Bintik baru terus muncul selama beberapa hari.

Bagaimana jika cacar air menyerang orang dewasa?

Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa cacar air sebagai infeksi masa kecil yang hanya terjadi pada masa kanak-kanak .

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. 1000 hari pertama merupakan periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun

Blackmores pregnancy breast feeding gold 120s 1

Pandangan ini tidak sepenuhnya benar, karena orang dewasa yang belum pernah terkena cacar air atau mendapat vaksin cacar air masih bisa mengidap penyakit ini. Dan bila hal ini terjadi, bisa menimbulkan masalah serius dibandingkan jika terkena cacar air pada masa anak-anak.

Satu hal lagi yang penting untuk anda ketahui, jika Anda pernah terkena cacar air di masa lalu, Anda masih memiliki kemungkinan untuk terinfeksi kembali oleh virus ini dan masih bisa terkena penyakit cacar air.

Cacar air (atau varicella) disebabkan oleh virus varicella-zoster. Virulensi virus ini sangat tinggi, artinya virus ini sangat mudah untuk menular dari satu orang ke orang lainnya. 

Penyebaran penyakit ini ditularkan melalui kontak secara langsung dengan menyentuh ruam cacar air secara langsung atau melalui cairan tubuh seperti air liur yang tersebar saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Ketika orang dewasa terkena cacar air, ada risiko komplikasi komplikasi yang lebih besar. Hal ini terutama terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti yang menjalani kemoterapi, transplantasi organ atau sumsum sebelumnya atau terinfeksi HIV.

Gejala Cacar Air pada orang dewasa

Meski gejala cacar air pada orang dewasa umumnya mirip dengan gejala yang ditunjukan oleh anak-anak, namun saat orang dewasa terkena cacar air, umumnya gejala yang ditimbulkan akan cenderung lebih parah.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. 1000 hari pertama merupakan periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun

Blackmores pregnancy breast feeding gold 120s 1
  • Demam, sakit badan dan sakit kepala bisa terjadi satu atau dua hari sebelum ruam merah muncul.
  • Bintik-bintik merah muncul dan berkembang menjadi ruam gatal. 
  • Ruam pertama kali muncul pada Punggung atau perut kemudian menjalar ke wajah dan kulit kepala, lalu menyebar ke seluruh tubuh. Saat pecah bintik-bintik ini bisa meninggalkan bekas luka. Akhirnya, lepuhan mengering dan membentuk borok sebelum sembuh.

Kemungkinan komplikasi cacar air pada orang dewasa

Saat orang dewasa bisa terkena cacar air, jelas bahwa terdapat masalah pada sistem pertahanan tubuh orang tersebut. Akibatnya seringkali, Orang Dewasa yang terinfeksi oleh virus akan mengalami komplikasi

Komplikasi akibat cacar air pada orang dewasa dapat disebabkan oleh penyebaran virus ke situs lain atau infeksi yang berlebihan oleh bakteri. Komplikasi potensial ini meliputi:

  • Infeksi bakteri pada kulit, jaringan lunak, tulang, persendian atau aliran darah (sepsis)
  • Pneumonia
  • Peradangan pada otak (ensefalitis)
  • Sindrom syok toksik

Cacar Air dan kehamilan

Jika seorang wanita hamil terkena cacar air, Hal ini dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi anak yang belum lahir.

Jika cacar air terjadi pada awal kehamilan (trimester pertama), bayi dapat menderita sindroma varicella kongenital dan memiliki banyak cacat lahir seperti jaringan parut pada kulit, kelainan pada anggota badan, otak dan mata, dan berat lahir yang rendah.

Jika seorang wanita hamil terkena cacar air pada saat mendekati akhir kehamilan, hal ini dapat menyebabkan cacar air yang parah pada bayi yang baru lahir karena bayi tidak memiliki sistem pertahanan yang adekuat terhadap penyakit ini. Bahkan hal ini bisa berakibat fatal.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit