Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Bintitan - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: SEP 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.598.863 orang

Terkadang jika Anda memiliki jerawat atau bintitan di mata Anda, candaan seperti “Ketahuan mengintip orang lain ya…?” pasti sudah terdengar tidak asing lagi. 

Bintitan merupakan hal yang sudah umum dan tidak berbahaya. Tetapi, bagi orang yang mengalaminya akan merasakan hal yang mengganggu secara penampilan maupun penglihatan saat melakukan aktifitas sehari-hari. 

Sebenarnya apa yang menyebabkan bintitan dan bagaimana cara mengobatinya? Berikut penjelasannya!

Apa itu bintitan?

Bintitan adalah munculnya bintil atau jerawat yang berada di kelopak mata. Kelenjar dalam akar bulu mata terinfeksi sehingga mengeluarkan benjolan yang bisa terlihat secara jelas dikarenakan permukaan yang tidak rata. 

Pada istilah medis, bintitan dinamakan hordeleum. Hordeleum dibagi menjadi dua jenis, hordeleum internal (terjadi di dalam kelopak mata) dan hordeleum eksternal (terjadi di luar kelopak mata). 

Jika Anda mengalami bintitan tidak perlu khawatir. Bintitan pada umumnya tidak berbahaya, namun sebaiknya Anda mencari tahu penyebabnya dan mencegah untuk terjadinya kembali bintitan ini.

Bagaimana mengenali bintitan?

Gejala yang akan Anda rasakan ketika mengalami bintitan tidak sepenuhnya akan terasa sakit, tetapi akan lebih terasa mengganggu. 

Biasanya bintitan diawali dengan seringnya mata yang berair dan sedikit kemerahan. Awalnya tidak akan terlalu besar, akan terlihat bitnik kuning pada seitaran kelopak mata. 

Lalu, lambat laun akan membesar seperti jerawat atau biji kacang hijau yang berada di sekitaran kelopak mata.

Apa yang menyebabkan bintitan?

Bintitan disebabkan oleh beberapa hal. Yang pertama adalah adanya penyumbatan pada saluran kelenjar minyak pada kelopak mata dan bisa menyebabkan peradangan

Jika terlalu parah, terkadang penyumbatan juga bisa menimbulkan nanah di dalam bintil tersebut. Selain penyumbatan pada kelenjar minyak, kasus yang paling sering terjadi adalah infeksi bakteri yang bernama bakteri stafilokokus. 

Infeksi ini merupakan infeksi ringan dan tidak menyebabkan hal yang serius. Pada umumnya bakteri stafilokokus menginfeksi permukaan kulit manusia dan tidak menyebabkan hal-lainnya. 

Namun, karena bagian mata merupakan area yang cukup sensitif, maka bintitan merupakan reaksi dari adanya bakteri tersebut.

Bakteri terdapat di mana-mana dan tidak dapat dihindarkan, termasuk berada di dalam kosmetik yang sering digunakan di wajah. 

Beberapa sumber mengatakan, bintitan terjadi ketika kosmetik yang digunakan sudah kadaluarsa dan tidak bersih lagi. Ketika Anda menggunakan kosmetik yang kadaluarsa, 

bakteri akan hinggap bersamaan dengan kosmetik Anda dan menginfeksi daerah sekitar mata yang menjadi penyebab bintitan.

Untuk Anda yang menggunakan lensa kontak juga perlu waspada. Seperti disebutkan bahwa mata merupakan bagian wajah yang cukup sensitif

Ketika Anda memasang lensa kontak tangan yang tidak bersih membawa bakteri dan mudah menyebabkan infeksi.

Bagaimana cara mengobati bintitan?

Bintitan dapat sembuh dalam beberapa hari tanpa diobati secara serius. Biasanya benjolan ini akan hilang maksimal selama satu minggu

Anda bisa membantu memperlancar penyumbatan kelenjar minyak tersebut dengan mengompres air hangat dan tetap menjaga kebersihan sekitar mata. 

Jangan sekali-kali tergoda untuk membuka atau mengeluarkan gumpalan yang terdapat di dalam bintitan. Ini akan memperparah luka yang bisa berakibat fatal pada daerah kelopak mata Anda. 

Jika dalam kurun waktu satu hingga dua minggu bintitan tidak kunjung sembuh, maka disarankan untuk memeriksakan ke dokter spesialis mata.

Bagaimana cara mencegah bintitan?

Bintitan dapat dicegah dengan satu cara yaitu menjaga kebersihan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk dapat mencegah terjadinya bintitan:

Menjaga kebersihan tangan saat bersentuhan dengan mata
Terkadang Anda tidak sadar mengucek mata dengan tangan yang kotor. Ini adalah cara yang paling umum yang dapat menyebabkan bintitan.

Memeriksa kadaluarsa kosmetik
Kosmetik untuk wajah memiliki tanggal kadaluarsa yang dapat menjaga dari kadar bakteri yang terkandung. Setiap Anda menggunakan kosmetik wajah, selalu tutup rapat karena bakteri mudah masuk.

Jika Anda sering mengalami bintitan (lebih dari 2-3 kali dalam waktu berdekatan) segera periksakan kepada dokter spesialis mata.

Tidak menggunakan lensa kontak saat mata teriritasi
Mata yang teriritasi sangat mudah terinfeksi oleh bakteri. Jika Anda menggunakan lensa kontak pastikan mata sedang dalam keadaan baik dan tangan sangat bersih.

Selalu membersihkan wajah sebelum tidur
Setelah beraktifitas seharian, wajah akan banyak tertempel debu dan kotoran. Jika Anda tidak segera membersihkannya, maka infeksi yang menyebabkan bintitan akan mudah terjadi.

Bintitan bukan merupakanhal yang berbahaya, namun merupakan ‘sinyal’ bahwa ada bakteri yang menginfeksi kelenjar kelopak mata Anda. Jika terjadi pada Anda, sebaiknya mulailah untuk lebih  memperhatikan kebersihan tangan dan wajah Anda. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit