Pentingnya Yogurt Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pentingnya Yogurt Bagi Kesehatan

Anda penyuka yogurt? Beruntunglah Anda karena yogurt sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan pencernaan. Tak bisa dianggap sepele, sistem pencernaan pada tubuh memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan seluruh anggota tubuh. Pencernaan sehat, maka sehat pula tubuh kita. 

Indonesia merupakan negara besar yang masyarakatnya semakin sadar akan pentingnya kesehatan pencernaan. Karena itu Indonesia siap ikut serta dalam penetapan tanggal 29 Mei sebagai World Digestive Health Day dan National Yogurt Day, sebagai national day yang pertama di Indonesia. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Beragam Manfaat Yogurt

Yuk, perkaya dan sehatkan pencernaan Anda dengan rutin mengonsumsi yogurt. Selain kesehatan pencernaan, ada beragam manfaat lainnya yang bisa Anda petik dari yogurt. Inilah beberapa di antaranya yang bisa Anda rasakan sehari-hari : 

1. Yogurt dapat membuat kulit lebih sehat

Ingin kulit lebih sehat dan cantik? Manfaatkan saja yogurt. Kandungan asam lactic yang ada di dalam yogurt menyerupai komponen yang ada dalam bahan kecantikan yang membuat kulit mati terkelupas. Yogurt bekerja menggantikan lapisan terluar epidermis sehingga membersihkan noda pada kulit dan meratakan warna kulit wajah, sehingga wajah pun terhindar dari kerutan halus.

2. Yogurt baik bagi kesehatan pencernaan secara menyeluruh

Yogurt berkualitas tinggi-yang bisa dilihat dari nutrition fact-nya dan rasa asamnya yang pas, adalah sahabat bagi pencernaan Anda. Probiotik atau bakteri baik yang ada di dalam yogurt membantu menyeimbangkan microflora dalam pencernaan dan membantu melancarkan proses pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat yogurt secara maksimal, pastikan Anda memilih yogurt dengan kualitas yang baik. Pilihlah yang tinggi kalsium, rendah lemak, rendah gula dan mengandung prebiotik/mengandung serat. 

3. Yogurt baik bagi kesehatan jantung

Mengonsumsi yogurt berarti Anda memelihara kesehatan jantung Anda karena yogurt rendah lemak. Sehingga risiko Anda untuk mengalami tekanan darah tinggi pun berkurang dan jantung Anda terlindungi. Di dalam yogurt, terdapat pula manfaat kalsium, magnesium dan potasium yang membantu juga menurunkan kadar darah yang tinggi.

4. Yogurt melindungi diri dari osteoporosis 

Pengeroposan tulang hingga tulang retak akibat menurunnya kepadatan tulang, atau yang biasa disebut osteoporosis mengancam hampir semua orang tanpa terkecuali jika tidak mendapatkan asupan kalsium yang mencukupi. Di dalam yogurt, terdapat kandungan kalsium dan vitamin D yang baik untuk menurunkan risiko terjadinya osteoporosis.

5. Membantu menghalau penyakit dan memperkuat sistem imun tubuh

Yogurt memperkuat sistem imun tubuh karena adanya kandungan bakteri baik ekstra atau probiotik, yang meningkatkan daya tahan tubuh. Ini disebabkan adanya peningkatan produksi sel darah putih yang kuat sehingga mampu melawan infeksi serta menjadi antibodi dalam pencernaan. Bakteri Lactobacillus acidophilus yang biasanya merupakan jenis probiotik yang ditambahkan pada yogurt dapat juga menghindarkan wanita dari infeksi vagina. 

Dengan banyaknya manfaat baik dari yogurt, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak mengonsumsi yogurt secara rutin. Tapi, pastikan yogurt yang Anda konsumsi memang yang berkualitas baik, ya. Teliti sebelum membeli yogurt. Cek selalu kandungan kalori, gula, lemak dan kalsiumnya. Jika ada prebiotiknya, semakin baik. Dan, pilih yogurt yang asamnya pas sehingga aman untuk asam lambung. Yuk, biasakan mengonsumsi yogurt berkualitas setiap hari untuk kesehatan pencernaan, tubuh, serta kulit cantik Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
7 Impressive Health Benefits of Yogurt. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/7-benefits-of-yogurt)
Yogurt: Types, health benefits, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/295714.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app