Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Patah Pergelangan Tangan - Gejala, Cara Menangani, dan Pengobatan

Update terakhir: SEP 18, 2019 Tinjau pada SEP 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.612.575 orang

Definisi Patah Pergelangan Tangan

Tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang kita gunakan setiap hari. Tangan menjadi anggota gerak penting untuk melakukan aktivitas dan berolahraga. Namun apa yang terjadi bila timbul kelalaian yang mengakibatkan cedera yang menimbulkan patahnya tulang tepat pada pergelangan tangan. Ini menjadi suatu kendala khusus yang menyebabkan keterbatasan aktivitas Anda.

Patah pergelangan tangan terjadi di posisi bawah lengan yang berdekatan dengan telapak tangan. Di pergelangan tangan terdapat ujung dari tulang radius dan ulna yang bersambung dengan tulang-tulang kecil di antara ujung tulang panjang dan tulang telapak tangan. Pergelangan tangan juga dilewati oleh pembuluh darah dan saraf-saraf penting untuk menjaga sirkulasi darah dan saraf tangan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Patah pergelangan tangan banyak terjadi akibat trauma seperti terjatuh dari ketinggian dan tangan menumpu seluruh badan atau bisa disebabkan oleh cedera akibat olahraga atau kecelakaan. 

Kondisi yang dapat mempengaruhi meningkatnya resiko patah pergelangan tangan antara lain:
Usia
Usia yang paling rentan terkena trauma pergelangan adalah usia anak-anak dan orang tua.
Kekuatan tulang yang berkurang
Kurangnya kekuatan tulang disebabkan asupan kalsium dan vitamin D yang tidak mencukupi sehingga sangat rentan terkena patah pergelangan tangan akibat trauma. Resiko semakin meningkat terutama pada penderita osteoporosis.
Pengaruh otot sekitar
Gerakan tulang juga dipengaruhi otot dan persendian disekitarnya. Lemahnya otot dan sendi di sekitar pergelangan menyebabkan ketidakseimbangan tulang untuk menopang dan memposisikan jatuhnya seluruh badan saat tumpuan sehingga beresiko tinggi menimbulkan patah pergelangan akibat kesalahan posisi.

Gejala Patah Pergelangan Tangan

Gejala yang ditimbulkan pada patah pergelangan tangan antara lain:
Nyeri hebat
Keterbatasan gerak di sekitar pergelangan
Memar dan bengkak
Terdapat suara krepitasi
Bentuk tangan menjadi tidak normal (deformitas)
Mati rasa atau baal
Pada patah tulang yang kronis dapat timbul pendarahan

Terdapat dua jenis patah pergelangan tangan yang paling sering terjadi yaitu fraktur colles dan fraktur smith. Ini disebabkan oleh patahnya tulang radius sisi bawah pada lengan.

Fraktur colles

Fraktur colles terjadi akibat posisi terjatuh dengan telapak tangan yang menumpu seluruh badan sehingga menimbulkan patah dan bentuk tangan yang tidak normal. Pada faktur colles setelah jatuh posisi telapak tangan akan sedikit lebih tinggi sehingga terlihat seperti garpu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Fraktur smith

Pada fraktur smith, posis terjatuh pada tangan menumpu punggung tangan saat menopang anggot tubuh sehingga timbul patah. Bentuk tangan menjadi tidak normal dan posisi telapak tangan akan lebih rendah dari tulang lengan seperti membentuk sekop.

Diagnosis Patah Pergelangan Tangan

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mendiagnosis adanya patah pada pergelangan tangan. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan antara lain:
Pemeriksaan fisik
Pemeriksaan fisik dilakukan untuk melihat adanya bengkak, memar, keterbatasan gerak, dan adanya suara gesekan antar tulang yang dapat memicu adanya diagnosis patah tulang. Dokter juga menanyakan posisi jatuh dan berapa lama trauma tersebut terjadi
Foto Rontgen
Pemeriksaan foto rontgen dilakukan untuk melihat adanya abnormalitas tulang pergelangan akibat cedera
CT scan
Pemeriksan dengan Computed Tomography dapat mendeteksi adanya patah tulang yang lebih detail ditambah adanya kerusakan pembuluh darah di sekitar tulang patah.
MRI
Pemeriksaan dengan Magnetic Resonance Imaging memberikan prinsip kualitas gambar yang lebih detail hingga dapat mendeteksi adanya kerusakan saraf yang mengakibatkan patah tulang serta rasa baal pada lengan.

Pengobatan Pada Patah Pergelangan Tangan

Imobilisasi
Jika telah didiagnosis mengalami patah pergelangan tangan, maka dokter akan melakukan imobilisasi guna membatasi ruang gerak pada pergelangan tangan.
Pemberian obat anti nyeri
Pemberian obat anti nyeri dapat membantu meredakan rasa sakit sementara selama perbaikan posisi tulang paska imobilisasi
Pembedahan
Pembedahan dilakukan pada pergelangan dengan memasang pin atau batang dan meresposisi tulang yang patah. Posisi tulang harus tetap terjaga setelah operasi. Terkecuali pada patah pergelangan yang menimbulkan pendarahan banya harus dilakukan penanganan hemodinamik segera untuk mencegah penurunan kesadaran.
Asupan Vitamin
Konsumi vitamin tulang seperti kalsium dan vitamin D yang cukup dapat mempercepat perbaikan tulang serta meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah patah kembali.
Batasi Aktivitas
Selama terapi dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas berat seperti olahraga guna mempercepat penyembuhan tulang.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit