Obat Ampuh Untuk Mengobati Bintitan

Sebagian besar bintitan dapat hilang dengan sendirinya tanpa perlu perawatan apa pun. Apabila bintitan pecah, gejalanya cenderung membaik dengan cepat. Namun ada beberapa obat pilihan untuk mengurangi dan menyembuhkan bintitan, meliputi:
Dipublish tanggal: Agu 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Obat Ampuh Untuk Mengobati Bintitan

Bintitan adalah peradangan pada kelopak mata yang memiliki bentuk berupa kumpulan kecil yang dipenuhi nanah. Dalam kebanyakan kasus, infeksi disebabkan oleh bakteri Staphylococcus.

Seringkali benjolan berwarna merah dan menyakitkan dan terlihat seperti bisul atau jerawat. Meskipun sebagian besar bintitan di bagian luar kelopak mata, beberapa memang berkembang di bagian dalam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Dalam sebagian besar kasus, bintitan menjadi lebih baik dalam waktu 1 minggu tanpa intervensi medis. Bintitan eksternal atau yang di luar kelopak mata, dapat melepaskan nanah. Bintitan internal yang muncul di dalam kelopak mata cenderung lebih menyakitkan.

Menerapkan kompres hangat dengan lembut pada benjolan dapat membantu mengeluarkan nanah lebih mudah, dan mengatasi rasa sakit dan bengkak. Terkadang bintitan dapat timbul kembali. 

Faktor resiko bintitan

Sebagian besar anak-anak dapat menimbulkan bintitan, namun ada  beberapa faktor yang dapat meningkatkan peluang bintitan yang dapat terjadi pada orang dewasa seperti :

  1. Riwayat bintitan sebelumnya
  2. Memiliki kondisi kulit seperti dermatitis seboroik (ketombe) atau jerawat rosacea (kemerahan)
  3. Memiliki kondisi medis yang memengaruhi seluruh tubuh, seperti diabetes
  4. Tidak membersihkan make up dengan bersih
  5. Menggunakan kosmetik lama atau yang telah  terkontaminasi atau kadaluarsa
  6. Sering menyentuh bagian mata 
  7. Pemakaian kontak lensa yang tidak bersih 

Jenis bintitan

Bintitan pada mata dapat muncul dalam dua tipe yaitu:

1. Hordeolum eksternal: 

Hordeolum atau bintitan eksternal muncul di sepanjang tepi luar kelopak mata. Bentuknya merah kekuningan dan rasanya menyakitkan ketika disentuh. Mereka dapat disebabkan oleh infeksi berikut ini:

  • Folikel bulu mata
  • Kelenjar sebaceous (Zeis): Kelenjar ini melekat pada folikel bulu mata dan menghasilkan sebum. Sebum membantu melumasi bulu mata dan menghentikannya agar tidak mengering.
  • Kelenjar Apokrin (Moll): Kelenjar keringat ini juga membantu mencegah bulu mata mengering. 

2.Hordeolum internal : 

Bintitan internal merupakan pembengkakan berkembang di dalam kelopak mata. Secara umum, hordeolum internal lebih menyakitkan daripada yang eksternal. Kondisi ini paling sering disebabkan oleh infeksi pada kelenjar meibom. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Kelenjar ini bertanggung jawab untuk menghasilkan sekresi atau cairan untuk melindungi serta melembabkan mata. 

Gejala pada bintitan

Pasien juga mungkin mengalami sensasi terbakar di mata, pengerasan tepi kelopak mata, kelopak mata kelopak mata, gatal pada bola mata, kepekaan terhadap cahaya, sobekan, perasaan bahwa ada sesuatu yang menempel pada mata, dan rasa tidak nyaman ketika berkedip.

Bintitan dapat terjadi yang memicu ke komplikasi berupa  blepharitis, yaitu radang kelopak mata. Blepharitis sering disebabkan oleh infeksi bakteri, tetapi kadang-kadang bisa merupakan komplikasi dari rosacea, suatu kondisi kulit inflamasi yang terutama mempengaruhi kulit wajah.

Terapi dan pengobatan pada bintitan

Sebagian besar bintitan dapat hilang dengan sendirinya tanpa perlu perawatan apa pun. Apabila bintitan pecah, gejalanya cenderung membaik dengan cepat. Namun ada beberapa obat pilihan untuk mengurangi dan menyembuhkan bintitan, meliputi:

1. Antibiotik 

Antibiotik tersebut tersedia dalam bentuk salep atau obat tablet. 

2. Steroid

Bintitan yang tidak kunjung sembuh atau semakin membengkak dapat diberikan suntikan steroid ke area intralesi pada luka mata bintitan

Fungsi steroid adalah untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan pada kelopak mata. Suntikan hanya disediakan dan dilakukan oleh dokter mata sesuai intruksi dan tindakan tertentu. 

3. Anti nyeri

Pemberian obat anti nyeri seperti parasetamol dan ibuprofen dapat membantu mengurangi nyeri dan gatal akibat bintitan. Obat ini dapat dibeli di toko obat atau apotek dan juga bisa melalui resep dokter. 

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Chalazion and stye treatment. American Academy of Ophthalmology. http://www.geteyesmart.org/eyesmart/diseases/chalazion-stye/treatment.cfm.
Using eye makeup. American Academy of Ophthalmology. http://www.geteyesmart.org/eyesmart/living/eye-makeup.cfm.
Wash your hands. Centers for Disease Control and Prevention. http://www.cdc.gov/Features/HandWashing.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app