Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Mata Bintitan - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: DEC 10, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.385.168 orang

Mata bintitan adalah benjolan kemerahan yang terasa nyeri di tepi kelopak mata, biasanya benjolan berada pada tempat di mana bulu mata bertemu dengan kelopak mata. Bakteri atau penyumbatan pada kelenjar minyak kelopak mata menyebabkan sebagian besar mata bintitan.

Mata bintitan biasanya tidak berbahaya dan tidak selalu memerlukan perawatan medis. Biasanya mata bintitan sembuh sendiri atau dapat diobati dengan perawatan di rumah. 

Namun, jika Mata bintitan menjadi semakin nyeri, tidak mempan terhadap perawatan di rumah, atau mulai mengganggu penglihatan Anda, Anda mungkin perlu pergi ke dokter untuk mengelola gejala Anda atau untuk menyingkirkan kemungkinan terjadinya masalah yang lebih serius. .

Apa jenis Mata bintitan?

Ada tiga jenis Mata bintitan yang sering ditemukan. Jenis dan penyebab mendasar dari Mata bintitan Anda akan menentukan pengobatan terbaik.

Hordeolum
Hordeolum adalah penyebab paling umum dari Mata bintitan. Hordeolum terjadi ketika bakteri masuk ke dalam kelenjar minyak di kelopak mata. Hordeolum tampak seperti benjolan merah bundar yang muncul di dekat bulu mata Anda. Hordeolum bisa membuat kelopak mata Anda terasa sakit. 

Hordeolum juga dapat menyebabkan Anda terlalu peka terhadap cahaya dan membuat mata Anda berair atau terasa gatal. Biasanya diperlukan waktu beberapa hari agar hordeolum terbentuk, dan Anda mungkin mengalami hordeolum lebih dari satu kali.

Chalazion
Chalazion adalah peradangan yang terjadi ketika kelenjar penghasil minyak atau kelenjar air mata di kelopak mata tersumbat. Chalazion biasanya tumbuh lebih dalam pada kelopak mata Anda dibandingkan hordeolum. 

Chalazion biasanya tidak menyakitkan. Chalazion dapat mengganggu penglihatan Anda tergantung pada di mana ia tumbuh dan seberapa besar ukurannya.

Xanthelasma
Xanthelasma tidak berbahaya, xanthelasma adalah benjolan kuning yang terbentuk akibat penumpukan lemak di bawah kulit. Benjolan ini cenderung muncul pada orang tua. Dalam beberapa kasus, xanthelasma adalah pertanda dari kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Apa saja gejala Mata bintitan?

Sebagian besar Mata bintitan tampak sebagai benjolan berwarna merah atau berwarna kulit, dan biasanya muncul di sepanjang tepi kelopak mata. Terkadang, benjolan bisa lunak. Gejala lainnya termasuk mata merah , berair, sensasi gatal di mata dan terlalu sensitif terhadap cahaya.

Meskipun sebagian besar Mata bintitan tidak berbahaya, beberapa mata bintitan dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius. Anda harus pergi ke dokter jika terjadi hal-hal berikut:

  • Anda kesulitan melihat
  • mata sangat berair
  • ada banyak kotoran mata yang keluar dari mata Anda
  • bagian putih mata Anda berubah warna
  • ata Andasakit bahkan dalam pencahayaan rendah
  • kelopak mata Anda berdarah, bintitan memburuk, tumbuh sangat besar, atau sangat menyakitkan
  • kelopak mata Anda bersisik, berkerak, atau merah, yang dapat mengindikasikan infeksi
  • kelopak mata Anda melepuh, yang dapat mengindikasikan infeksi

Jika Hordeolum atau chalazion tidak hilang seiring waktu dengan perawatan di rumah, Anda harus meminta dokter memeriksanya untuk memastikan itu bukan pertanda kondisi medis yang lebih serius atau untuk mendiskusikan pilihan pengobatan.

Apa yang menyebabkan Mata bintitan?

Hordeolum terjadi ketika bakteri menginfeksi kelenjar minyak Anda.

Risiko terkena Hordeolum meningkat jika Anda memiliki kondisi yang disebut blepharitis , yang merupakan peradangan pada akar bulu mata.

Chalazion dapat terbentuk ketika kelenjar minyak di kelopak mata Anda tersumbat. Hordeolum yang menyebabkan penyumbatan kelenjar minyak pada kelopak mata dapat berubah menjadi chalazion.

Xanthelasma terjadi ketika terdapat penumpukan lemak tepat di bawah permukaan kulit. Xanthelasma kadang-kadang dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki kondisi mendasar yang menyebabkan kolesterol tinggi, seperti diabetes . Xanthelasma juga dapat disebabkan terjadi tanpa diketahui penyebabnya.

Apa pilihan perawatan untuk Mata bintitan?

Dokter Anda dapat mendiagnosis hordeolum atau chalazion dengan melihatnya. Tergantung pada lokasi, dokter Anda dapat dengan cepat membalik kelopak mata Anda untuk melihat lebih dekat. 

Tidak ada tes lain yang diperlukan untuk menegakan diagnosis mata bintitan kecuali ada kekhawatiran bahwa Anda mungkin memiliki masalah medis yang berbeda.

Perawatan rumah

Jangan mencoba mengucek atau memecahkan Hordeolum atau chalazion. Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi dan juga dapat menyebarkan bakteri ke bagian mata Anda yang lain. 

Anda dapat mengobati Hordeolum di rumah dengan meletakan kompres hangat selama 10 menit hingga empat kali sehari. Kompres panas dapat membantu mengecilkan Hordeolum, melonggarkan sumbatan di kelenjar minyak, dan membantu penyembuhan.

Xanthelasma tidak membutuhkan perawatan di rumah.

Perawatan medis

Jika Anda memiliki mata bintitan dengan ukuran yang besar, dokter Anda mungkin perlu menusuknya untuk mengeluarkan cairan yang terinfeksi. Jika mata bintitan tidak sembuh dengan pengobatan di rumah, dokter Anda mungkin akan meresepkan krim antibiotik untuk digunakan pada kelopak mata Anda.

Pembedahan mungkin menjadi pilihan jika Anda memiliki chalazion berukuran besar yang tidak hilang dengan sendirinya. Dokter Anda mungkin memberi Anda antibiotik tetes mata untuk digunakan sebelum dan sesudah operasi untuk mengobati atau mencegah infeksi. Prosedur ini biasanya dilakukan di kantor dokter. Suntikan steroid anti inflamasi dapat meredakan pembengkakan.

Xanthelasma tidak memerlukan perawatan khusus. Xanthelasma dapat diobati melalui pembedahan jika penampilannya mengganggu Anda.

Bagaimana prospek jangka panjangnya?

Hordeolum biasanya sembuh sendiri setelah dikempeskan waktu penyembuhan membutuhkan beberapa hari hingga seminggu. Hubungi dokter Anda jika mata bintitan tidak hilang dalam satu hingga dua minggu. Hordeolum juga bisa muncul kembali bahkan setelah Anda sudah sembuh.

Chalazion biasanya menghilang dalam waktu seminggu hingga sebulan ketika dirawat di rumah, tetapi Anda harus memberi tahu dokter Anda jika chalazion terus bertambah besar atau tidak membaik sama sekali dengan kompres hangat setelah beberapa minggu.

Xanthelasma tidak berbahaya, tetapi Anda harus periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi yang mendasarinya.

Bagaimana saya bisa mencegah Mata bintitan?

Mempraktikkan kebersihan yang baik dapat membantu mengurangi risiko terkena hordeolum. Cegah penyebaran bakteri dengan mencuci tangan secara teratur dan jangan menyentuh mata Anda kecuali jika Anda baru saja mencuci tangan dengan air dan sabun.

Anda dapat mencegah chalazion dengan membilas kelopak mata Anda sekali sehari jika Anda memiliki blepharitis. Anda juga harus meletakkan kompres hangat di kelopak mata Anda segera setelah terasa iritasi.

Mengontrol kadar kolesterol Anda dengan makan sehat dan menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan dapat membantu mencegah terjadinya xanthelasma yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi.

Ditinjau secara medis oleh Universitas Illinois-Chicago, Fakultas Kedokteran Pada 9 Maret 2016 - Ditulis oleh Amanda Delgado

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit