Aluminium Hidroksida : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Mar 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 843.400 orang

Tidak sedikit orang yang pernah mengalami perihnya asam lambung. Terkadang asam lambung yang tidak diberikan penanganan secara cepat dan tepat akan memperburuk dinding lambung sehingga memunculkan rasa sakit yang tidak tertahankan dan berakibat fatal. 

Jika Anda pernah atau sedang mengalaminya, jangan ragu dan menunda untuk memberikan obat yang tepat. Aluminium hidroksida adalah salah satu jenis obat anitisida (antacid) yang digunakan untuk menetralisir asam lambung. Berikut penjelasannya!

Apa itu Aluminium Hidroksida?

Alumunium Hidroksida Al(OH)3 adalah salah satu komponen penting di yang terkadung pada bijih bauksit aluminium. Senyawa ini juga bersifat amfoterik, yang artinya bisa memiliki sifat asam maupun basa. 

Alumunium hidroksida yang telah melewati proses memiliki banyak sekali manfaat karena juga merupakan salah satu bahan baku pembuatan produk aluminium lainnya.

Apa manfaat Aluminium Hidroksida dalam industri obat-obatan?

Dalam industri obat-obatan, aluminium hidroksida merupakan salah satu jenis antasida yang digunakan untuk menetralisir asam lambung. 

Ketika Anda merasakan produksi asam lambung yang berlebih dan terkadang bisa menyebabkan penyakit seperti maag, maka Anda bisa menggunakan jenis antasida ini untuk mengobati asam lambung yang berlebihan tersebut. 

Selain itu pasien dengan keluhan sakit perut, esofagitis (radang kerongkongan), atau berbagai macam penyakit lainnya dikarenakan asam lambung, dapat mengonsumsi obat ini tanpa memerlukan resep dokter.

Apakah Aluminium Hidroksida memiliki efek samping?

Walaupun sebelumnya dikatakan bahwa untuk mendapatkan antasida ini tidak memerlukan resep dokter, namun Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Jika Anda merencanakan kehamilan, sedang hamil ataupun menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter spesialis Anda. Meskipun belum terbukti memberikan efek negative, namun dokter akan memberikan alternative lain yang lebih aman untuk calon bayi atau bayi Anda.
  • Kandungan Aluminium Hidroksida terdapat dalam berbagai macam dan memiliki jenis antasida yang hampir serupa.

    Jika Anda sedang mengonsumsi obat yang mengandung satu jenis antasida, sebaiknya tidak mengonsumsi jenis lainnya dalam kurun waktu 2 minggu atau konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika Anda mengonsumsi lebih dari satu jenis antasida ini.
  • Walaupun jenis antasida ini dijual bebas, namun tidak semua orang dapat mengonsumsinya. Selain wanita yang sedang hamil atau menyusui, beberapa orang juga harus berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Terutama jika mereka mempunyai riwayat penyakit ginjal, jantung, dan juga memiliki alergi.
  • Setelah Anda mengonsumsi obat ini, perhatikan kondisi tubuh Anda setelah beberapa hari ke depan. Kemungkinan yang terjadi jika Anda tidak cocok dengan obat ini adalah susahnya buang air besar  atau konstipasi, tidak nafsu makan, merasa otot yang lemas, atau Anda merasakan sesuatu yang tidak biasa dibandingkan sebelum mengonsumsi obat.

Jika hal-hal di atas terjadi pada Anda, sebaiknya Anda mengonsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda atau bertanya pada apoteker jenis antasida apa yang cocok dan aman untuk kondisi Anda.

Sebelum membeli obat, alangkah baiknya untuk mengetahui jenis-jenis merek dagang yang mengandung aluminium hidroksida ini adalah Alamag, Alumina dan Magnesia, Antasid, Suspension antasida, Gen-Alox, Kudrox, MAH, Maalox HRF, Maalox TC, Magagel, dan lain-lain. Info lengkap dapat diunduh melalu website resmi cekbpom.pom.go.id

Apa yang perlu diketahui tentang dosis penggunaan Aluminium Hidroksida?

Dosis aluminium hidroksida cukup beragam tergantung tujuan dan pasien. Jika Anda mendapatkan resep obat antasida ini dari dokter, sebelumnya dokter akan memperhitungkan dosis sesuai dengan kondisi Anda. Namun, secara umum berikut adalah dosis yang disarankan.

Mengobati maag, esophagitis, Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

  • Dewasa : tablet kunyah 4-6x sehari 500-1500 mg setelah makan dan sebelum tidur
  • Anak-anak : oral atau suspense (cair) >8 tahun ½-1 sachet sebanyak 3-4x sehari

Anak-anak sangat disarankan untuk mendapatkan obat ini melalui resep dokter.

Berikut adalah beberapa tips ketika Anda mengkonsumsi Aluminium Hidroksida sebagai obat.

  • Selalu mengikuti petunjuk penggunaan. Gunakan sendok takar yang tersedia dan mengikuti anjuran waktu yang tertera (sebelum/setelah makan).
  • Mengurangi makanan yang turut memproduksi asam seperti kopi, jeruk, tomat dan makanan lainnya yang justru memicu produksi asam lambung.
  • Selalu konsumsi obat ini pada waktu yang teratur untuk mendapatkan efek yang maksimal.
  • Jika Anda juga diharuskan mengonsumsi obat lainnya pada saat yang bersamaan, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Aluminium hidroksida berpotensi memberikan reaksi jika dikonsumsi dengan obat-obatan lainnya.

Demikian penjelasan aluminium hidroksida untuk manfaat,efek samping dan dosisnya. Untuk dapat selalu memberikan yang terbaik untuk kesehatan Anda jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat ini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit