Oats: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jun 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Oats adalah tanaman yang biji (oat), daun dan batang (oat straw), dan dedak (lapisan terluar dari seluruh gandum) digunakan untuk membuat obat.Oat dianggap sebagai salah satu makanan sehat dan dapat digunakan sebagai pendukung diet.

Oat juga dikenal dengan nama Avena, Avena Fructus, Avena byzantina, Avena orientalis, Avena sativa, Avena volgensis, Avenae Herba, Avenae Stramentum, Avoine, Avoine Entière, Avoine Sauvage, Cereal Fiber, Dietary Fiber, Farine d'Avoine, Fibre Alimentaire, Fibre Céréalière, Fibre d'Avoine, Folle Avoine, Grain d'Avoine, Green Oat, Green Oat Grass, Groats, Gruau, Haber, Hafer, Oat, Oat Bran, Oat Fiber, Oat Flour, Oat Fruit, Oat Grain, Oat Grass, Oat Herb, Oat Straw, Oat Tops, Oatstraw, Oatmeal, Oats, Paille, Paille d'Avoine, Porridge, Rolled Oats, Son d'Avoine, Straw, Whole Oat, Whole Oats, Wild Oat, Wild Oat Herb, Wild Oats Milky Seed.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Mengenai Oats

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Rolled oats, quick oats, instan oats dan old fashioned oats.

Kandungan

Karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi.

Manfaat Oats

Oats mempunyai banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Berikut adalah beberapa manfaat oats untuk kesehatan:

Oats mempunyai kandungan serat yang tinggi. Makanan tinggi serat dapat digunakan sebagai bagian dari diet rendah lemak dan kolesterol untuk mencegah penyakit jantung.

Mengkonsumsi oat, oat bran, dan serat larut lainnya dapat mengurangi kolesterol LDL (total low density lipoprotein) total dan "buruk" ketika dikonsumsi sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Mengkonsumsi oats bran selama 6 minggu secara signifikan dapat mengurangi gula darah dibandingkan sebelum mengkonsumsi oats, dan kadar insulin pada orang dengan diabetes tipe 2.

Mengkonsumsi oats yang memiliki kandungan serat tinggi mungkin dapat mengurangi risiko terkena kanker lambung.

  • Menjaga berat badan

Oats mempunyai kandungan serat yang dapat bertahan lama di perut sehingga akan membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah Anda makan terlalu banyak atau sering mengemil.

  • Mengatasi masalah pencernaan

Mengkonsumsi oats dapat membantu mengobati masalah pencernaan, seperti irritable bowel syndrome, penyakit radang usus, dan sembelit. Oats yang digunakan dalam makanan sehari-hari juga diduga dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

Efek samping Oats

Mengkonsumsi oats sangat aman bagi kebanyakan orang, termasuk wanita hamil dan menyusui. Tapi pada beberapa orang mengkonsumsi oats dapat menyebabkan gas usus dan kembung. 

Untuk meminimalkan efek samping, mulailah dengan dosis rendah dan naik perlahan ke jumlah yang diinginkan. Ketika tubuh Anda terbiasa dengan oats maka efek sampingnya kemungkinan akan hilang. Jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan, silahkan temui dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Dosis Oats

Dosis penggunaan yang tepat dapat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kondisi kesehatan, dan kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tersedia di label produk atau konsultasikan dengan dokter Anda. Dosis berikut telah digunakan dalam penelitian:

  • Untuk kolesterol tinggi: 56-150 gram produk gandum utuh seperti oat bran atau oatmeal digunakan setiap hari sebagai bagian dari diet rendah lemak.
  • Untuk menurunkan kadar gula darah pada pasien dengan diabetes tipe 2: Makanan berserat tinggi seperti produk gandum utuh yang mengandung hingga 25 gram serat larut digunakan setiap hari. 38 gram dedak gandum atau 75 gram bubur gandum kering mengandung sekitar 3 gram beta-glukan.

Interaksi Oats

Tidak ada informasi mengenai interaksi penggunaan oats dengan kombinasi obat lainnya. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Perhatian

  • Jika Anda memiliki masalah menelan (misalnya karena stroke) atau jika Anda memiliki kesulitan mengunyah karena gigi yang hilang atau gigi palsu yang tidak pas, sebaiknya Anda menghindari mengkonsumsi oat. Oats yang dikunyah sampai tidak halus dapat menyebabkan penyumbatan usus.
  • Hindari mengkonsumsi oats jika Anda mempunyai gangguan pada saluran pencernaan seperti kerongkongan, lambung, dan usus.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana menambahkan oats sebagai menu diet Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Oats: Health benefits, facts, research. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/270680)
9 Health Benefits of Eating Oats and Oatmeal. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-oats-oatmeal)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app