Nephrolit Kapsul: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Mei 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Nephrolit adalah obat yang digunakan untuk membantu meluruhkan batu urin dan batu saluran kemih serta membantu memperlancar keluarnya air kencing. Nephrolit mengandung berbagai ekstrak tanaman herbal seperti Orthosiphon stamnineus folium, Strobilantus crispus folium, Sonchus arvensis folium, Phyllantus niruri folium, dan Plantago mayor folium.Berikut ini adalah informasi lengkap obat Nephrolit yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

PT Bintang Toedjoe

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Golongan

Obat ini digolongan ke dalam kategori obat bebas/bisa diperoleh tanpa resep dokter

Kemasan

  • 1 box berisi 25 strip @ 4 kapsul

Kandungan

Tiap kapsul Nephrolit mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Esktrak Orthosiphon stamnineus folium 18 mg
  • Ekstrak Strobilantus crispus folium 6 mg
  • Ekstrak Sonchus arvensis folium 24 mg
  • Eksrtrak Phyllantus niruri folium 2,4 mg
  • Ekstrak Plantago mayor folium 100 mg

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Orthosiphon stamnineus

Orthosiphon stamineus adalah tumbuhan yang banyak ditemukan di daerah tropis. Tanaman ini juga dikenal dengan nama Orthosiphon aristatus. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih atau ungu yang menyerupai kumis kucing, sehingga di beberapa daerah umum dinamai dengan nama kumis kucing/misai kucing. Daun Kumis kucing basah maupun kering secara tradisional digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, misalnya sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik), mengobati radang ginjal, dan batu ginjal.

Strobilantus crispus

Keji beling/Keci beling adalah tumbuhan semak yang tingginya mencapai 1-2 m. Memiliki batang beruas, berbentuk bulat dan berwarna hijau. Tanaman ini secara tradisional digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti sebagai anti diabetes, diuretik, antisipilis, antioksidan, antimikroba, dan laksatif. Tanaman ini bertindak sebagai diuretik dengan cara melarutkan batu yang terbentuk dari garam kalsium oksalat pada kantung empedu, kantung kencing, dan ginjal.

Sonchus arvensis

Tempuyung adalah tanaman yang mempunyai banyak khasiat, misalnya mengobati batu ginjal, demam, juga bengkak. Seluruh bagian tanaman ini bisa digunakan sebagai obat tradisional. Bagian tanaman yang digunakan untuk meluruhkan batu urin adalah bagian daun.

Phyllanthus niruri

Phyllanthus niruri adalah tanaman tropis yang tersebar luas yang umumnya ditemukan di daerah pesisir. Di Indonesia dikenal dengan nama meniran hijau. Dalam Ayurveda, Phyllanthus niruri disebutkan mempunyai khasiat untuk mengobati masalah perut, sistem genitourinari, hati, ginjal dan limpa.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Plantago mayor

Daun sendok banyak digunakan secara tradisional sebagai anti radang, gangguan pada saluran kencing seperti infeksi saluran kencing, kencing berlemak, kencing berdarah, bengkak karena penyakit ginjal, kencing sedikit karena panas dalam, batu empedu, batu ginjal, dan radang prostat.

Indikasi

Kegunaan Nephrolit adalah untuk membantu meluruhkan batu urin dan batu saluran kemih serta membantu memperlancar keluarnya air kencing.

Apa itu batu kandung kemih (Bladder stones)?

Batu kandung kemih adalah mineral keras/kristal yang terakumulasi di dalam kandung kemih. Tanda dan gejala adanya batu kandung kemih sangat bervariasi mulai dari sakit perut yang parah hingga adanya darah dalam urin. Terkadang batu kandung kemih tidak menimbulkan gejala apapun. Batu kandung kemih kecil bisa sembuh tanpa perawatan, namun ada yang butuh obat atau bahkan sampai operasi. Jika tidak diobati, batu kandung kemih dapat menyebabkan infeksi dan komplikasi lainnya. (informasi selengkapnya batu kandung kemih).

Kontraindikasi

Efek Samping Nephrolit

Obat pelancar kencing ini bisa ditoleransi dengan baik oleh sebagian besar orang. Belum ada laporan terjadinya efek samping yang sangat mengganggu.

Penggunaan untuk ibu hamil

Obat sariawan ini bisa digunakan oleh ibu hamil. Belum ada laporan penggunaan Nephrolit menyebabkan gangguan pada janin. Namun jika anda merasakan efek yang mengganggu selama menggunakan obat ini, segera hentikan penggunaan obat dan berkonsultasi dengan dokter.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan obat Nephrolit, adalah sebagai berikut :

  • Gunakan obat ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jangan berlebihan.
  • Simpan obat ini di tempat sejuk dan kering.

Interaksi obat

Belum ada data adanya interaksi dengan obat-obat lain.

Dosis Nephrolit

Berikut adalah dosis Nephrolit :

  • Dosis dewasa : 4 x 1 kapsul/hari.

Terkait :

  • Beberapa obat dengan bahan herbal

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan obat Nephrolit harus sesuai dengan yang dianjurkan.


22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ali khan, Rahmat. (2012). Evaluation of flavonoids and diverse antioxidant activities of Sonchus arvensis. Chemistry Central journal. 6. 126. 10.1186/1752-153X-6-126.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/232737319_Evaluation_of_flavonoids_and_diverse_antioxidant_activities_of_Sonchus_arvensis)
Puri, Abhijeet. (2018). A REVIEW ON ETHNOMEDICINAL, PHARMACOLOGICAL AND PHYTOCHEMICAL ASPECTS OF SONCHUS OLERACEUS LINN. (ASTERACEAE). International Journal of Pharmacy and Biological Sciences. 8.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/326096375_A_REVIEW_ON_ETHNOMEDICINAL_PHARMACOLOGICAL_AND_PHYTOCHEMICAL_ASPECTS_OF_SONCHUS_OLERACEUS_LINN_ASTERACEAE)
Abu Bakar, Mohd Fadzelly & Asmah, R & Othman, Fauziah. (2006). Effects of Strobilanthes crispus Tea Aqueous Extracts on Glucose and Lipid Profile in Normal and Streptozotocin-Induced Hyperglycemic Rats. Plant foods for human nutrition (Dordrecht, Netherlands). 61. 7-12. 10.1007/s11130-006-0002-z.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/7093814_Effects_of_Strobilanthes_crispus_Tea_Aqueous_Extracts_on_Glucose_and_Lipid_Profile_in_Normal_and_Streptozotocin-Induced_Hyperglycemic_Rats)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app