Neem: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Neem (Azadirachta indica) adalah tanaman yang kulit, daun dan bijinya digunakan untuk bahan membuat obat. Neem termasuk dalam keluarga pohon mahoni, Meliaceae. 

Pohon-pohon ini tumbuh sangat cepat dan memiliki daun-daun yang menyebar luas dan meranggas dengan cepat di musim kemarau untuk melindungi pohon-pohon lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Pohon neem dapat ditemukan di zona tropis dan subtropis. Neem mempunyai bunga berwarna putih dan sangat harum. Sedangkan buah neem berbiji kecil dan memiliki rasa yang pahit.

Neem juga dikenal dengan nama Antelaea azadirachta, Arishta, Arishtha, Azadirachta indica, Bead Tree, Holy Tree, Huile de Neem, Indian Lilac, Indian Neem, Lilas des Indes, Lilas de Perse, Margosa, Margosa Tree, Margousier, Margousier à Feuilles de Frêne, Margousier d’Inde, Melia azadirachta, Neem Oil, Neem Tree, Melia azadirachta, Nim, Nimb, Nimba, Persian Lilac, Pride of China.

Mengenai Neem

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Kapsul, bubuk, salep

Kandungan

-

Manfaat Neem

Manfaat neem untuk kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8
  • Membantu menyembuhkan luka
  • Mengatasi masalah mata seperti iritasi, kelelahan atau kemerahan
  • Mengobati penyakit telinga
  • Mengobati gangguan kulit seperti gatal-gatal, eksim, bisul kronis, dan jerawat
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengatasi masalah ketombe
  • Sebagai detoksifikasi tubuh
  • Mencegah kanker
  • Mengontrol diabetes
  • Menjaga kesehatan lambung
  • Menyembuhkan malaria
  • Meningkatkan kesehatan reproduksi

Efek samping Neem

Bagi sebagian besar orang dewasa, mengkonsumsi neem hingga 10 minggu atau diterapkan pada kulit hingga 2 minggu mungkin aman. Tetapi ketika neem dikonsumsi dalam dosis besar atau jangka waktu yang lama dapat membahayakan ginjal dan hati. 

Jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan neem, silahkan temui dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Dosis Neem

Dosis penggunaan neem yang tepat dapat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kondisi kesehatan, dan kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tersedia pada label produk atau konsultasikan dengan dokter Anda.

Interaksi Neem

Sebaiknya Anda berhati-hati dengan kombinasi berikut ini:

  • Lithium berinteraksi dengan neem

Mengkonsumsi neem mungkin mengurangi seberapa baik tubuh menghilangkan lithium. Ini dapat meningkatkan jumlah lithium dalam tubuh dan menghasilkan efek samping yang serius. Konsultasikan dengan dokter Anda.

  • Obat untuk diabetes (obat antidiabetes) berinteraksi dengan neem

Mengkonsumsi neem bersamaan dengan obat diabetes dapat menyebabkan gula darah Anda terlalu rendah. Pantau gula darah Anda dengan cermat. Beberapa obat yang digunakan untuk diabetes termasuk glimepiride (Amaryl), glburida (DiaBeta, Glynase PresTab, Micronase), insulin, pioglitazone (Actos), rosiglitazone ( Avandia), chlorpropamide (Diabinese), glipizide (Glucotrol), tolbutamide (Orinase), dan lainnya.

  • Obat-obatan yang menurunkan sistem kekebalan (Immunosupresan) berinteraksi dengan neem

Mengkonsumsi neem bersamaan dengan obat immunosupresan dapat mengurangi efektivitas obat yang menurunkan sistem kekebalan tubuh. 

Beberapa obat yang mengurangi sistem kekebalan tubuh termasuk azathioprine (Imuran), basiliximab (Simulect), cyclosporine (Neoral, Sandimmune), daclizumab (Zenapax), muromonab-CD3 (OKT3, Orthoclone OKT3), mikofenolat (CellCept), tacrolimus (FK506, Prograf), sirolimus (Rapamune), prednison (Deltasone, Orasone), kortikosteroid (glukosteroid) (kortikosteroid).

Perhatian

  • Hindari penggunaan neem pada anak-anak karena dapat menimbulkan efek samping seperti muntah, diare, kantuk, gangguan darah, kejang, kehilangan kesadaran, koma, gangguan otak, dan kematian.
  • Hindari penggunaan neem pada ibu hamil, karena dapat menyebabkan keguguran.
  • Tidak diketahui mengenai keamanan penggunaan neem pada ibu menyusui, sebaiknya Anda menghindarinya sampai ada penelitian lebih lanjut.
  • Hindari penggunaan neem jika Anda mempunyai penyakit autoimun, karena neem dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih aktif. Ini bisa meningkatkan gejala penyakit autoimun.
  • Hindari penggunaan neem jika Anda berencana ingin memiliki anak atau dalam program hamil, karena neem dapat membahayakan sperma atau mengurangi kesuburan dengan cara lain.
  • Jangan menggunakan neem jika Anda pernah melakukan transplantasi organ, dikhawatirkan neem dapat menyebabkan penolakan organ.
  • Hentikan penggunaan neem maksimal 2 minggu sebelum jadwal operasi karena neem dapat mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi.
  • Berhati-hatilah jika Anda mempunyai diabetes dan pantau terus gula darah Anda sebelum menggunakan neem.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana menggunakan suplemen neem.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Neem Uses, Benefits & Side Effects. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npc/neem.html)
Neem: Benefits, Side Effects, and Preparations. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-neem-89485)
Neem: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-577/neem)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app