Nanas - Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: May 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 807.796 orang

Nanas (Ananas comosus) adalah buah tropis yang sangat lezat dan sehat. Nanas ditemukan oleh orang Eropa pada tahun 1493 di kepulauan Karibia Guadalupe. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, di mana penjelajah Eropa awalnya mengira bahwa nanas sama dengan biji dari pohon pinus. 

Saat ini nanas adalah buah yang cukup populer yang memiliki kandungan nutrisi, antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya, seperti enzim yang dapat melawan peradangan dan penyakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Nanas dan senyawa yang terkandung di dalamnya dilaporkan mengandung banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan pasca operasi.

Mengenai Akar Kuning

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

-

Kandungan

  • Lemak
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin C
  • Mangan
  • Vitamin B6
  • Tembaga
  • Tiamin
  • Folat
  • Kalium
  • Magnesium
  • Niacin
  • Asam Pantotenat
  • Riboflavin
  • Besi
  • bromelain

Manfaat Nanas

  • Kaya nutrisi

Nanas mengandung berbagai vitamin dan mineral. Nanas sangat kaya akan vitamin C dan mangan.

  • Mengandung antioksidan penangkal penyakit

Nanas adalah sumber antioksidan yang baik, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

  • Mengandung enzim yang dapat memudahkan fungsi pencernaan

Nanas mengandung bromelain, sekelompok enzim pencernaan yang memecah protein. Enzim ini dapat membantu proses pencernaan, terutama pada mereka yang memiliki gangguan fungsi pankreas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01
  • Membantu mengurangi risiko kanker

Nanas mengandung senyawa yang mengurangi stres oksidatif dan peradangan, yang keduanya terkait dengan proses pembentukan kanker. Salah satu senyawa ini adalah enzim bromelain, yang dapat merangsang kematian sel pada sel kanker tertentu dan meningkatkan fungsi sel darah putih.

  • Meningkatkan sistem kekebalan dan menekan peradangan

Nanas memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sifat anti-inflamasi nanas memiliki efek jangka pendek untuk orang yang mengalami peradangan sendi.

  • Mempercepat pemulihan pasca pembedahan atau latihan berat

Bromelain yang terkandung di dalam nanas dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, memar dan rasa sakit yang terjadi setelah operasi. Sifat anti-inflamasi Bromelain juga dapat membantu pemulihan setelah melakukan olahraga berat dengan mengurangi peradangan jaringan.

  • Lezat dan mudah ditambahkan ke dalam makanan

Nanas adalah buah-buahan yang lezat, dan mudah diolah untuk ditambahkan ke dalam makanan apapun.

Dosis Nanas

Porsi yang sesuai untuk mengkonsumsi nanas tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran berapa banyak nanas yang perlu Anda konsumsi setiap hari.

Efek samping Nanas

Nanas dapat digunakan sebagai pelunak daging, oleh karena itu mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada selaput lendir di mulut, termasuk bibir, lidah, dan pipi. Namun efek tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa jam.

Nanas mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Oleh karena itu, mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan diare, mual, muntah, sakit perut, atau dada terasa panas, akibat efek kelebihan vitamin C.

Selain itu, jumlah bromelain yang sangat tinggi dapat menyebabkan munculnya ruam kulit, muntah, diare, dan perdarahan menstruasi yang berlebihan.

Makan nanas mentah atau minum jus nanas mentah sangat berbahaya,karena dapat menyebabkan keracunan dan dapat menyebabkan diare dan muntah yang parah. Mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang banyak juga bisa menyebabkan pembentukan bola-bola serat pada saluran pencernaan.

Interaksi Nanas

Bromelain yang terkandung di dalam nanas juga dapat berinteraksi dengan beberapa obat jika dikonsumsi secara bersamaan. Hindari penggunaan antibiotik, antikoagulan, pengencer darah, antikonvulsan, barbiturat, benzodiazepin, obat insomnia dan antidepresan trisiklik bersamaan dengan konsumsi nanas.

Peringatan

Nanas adalah pilihan buah-buahan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi selama kehamilan. Mungkin mitos yang beredar mengatakan untuk menghindari mengkonsumsi buah ini karena dapat menyebabkan keguguran dini atau menginduksi persalinan

Namun, hal tersebut hanya merupakan mitos. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa mengkonsumsi nanas berbahaya selama kehamilan.

Tablet Bromelain tidak direkomendasikan untuk digunakan selama kehamilan. Mereka dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan perdarahan abnormal. Meskipun nanas mengandung bromelain, namun kandungan bromelain dalam nanas sangat sedikit. 

Jumlah bromelain yang terkandung di dalam satu porsi nanas tidak akan mempengaruhi kehamilan Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp