Myrrh: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 14, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Myrrh adalah resin atau zat mirip getah yang keluar dari luka pada kulit pohon yang merupakan anggota spesies Commiphora. Biasanya tanaman ini tumbuh di Afrika Utara dan Timur Tengah. Myrrh mempunyai bunga berwarna putih, batang diikat dan memiliki sedikit daun. 

Kata myrrh berasal dari kata Arab “murr” yang berarti pahit. Minyak mur memiliki bau berasap, manis atau terkadang pahit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Myrrh juga dikenal dengan nama Abyssinian Myrrh, African Myrrh, Amyris kataf, Arabian Myrrh, Bal, Balsamodendron Myrrha, Balsamodendrum habessinicum, Balsamodendrum myrrha, Bdellium, Bol, Bola, Commiphora, Commiphora abyssinica, Commiphora erythraea, Commiphora habessinica, Commiphora kataf, Commiphora madagascariensis, Commiphora molmol, Commiphora myrrha, Common Myrrh, Didin, Didthin, Gomme de Myrrhe, Gum Myrrh, Heerabol, Hemprichia erythraea, Mirra, Mirrh, Mo Yao, Murrah.

Mengenai Myrrh

Golongan

Obat herbal

Kemasan

Minyak

Kandungan

Terpenoid dan seskuiterpen

Manfaat Myrrh

Penelitian menunjukkan bahwa myrrh mempunyai beberapa manfaat kesehatan. Tetapi masih diperlukan banyak bukti untuk memvalidasinya. Berikut manfaat myrrh bagi kesehatan:

Penelitian menyimpulkan bahwa emulsi myrrh (Commiphora molmol) adalah "antioksidan kuat" yang dapat "melindungi terhadap kerusakan oksidatif hati dan imunotoksisitas yang diinduksi oleh PbAc dengan mengurangi peroksidasi lipid dan meningkatkan mekanisme antioksidan dan pertahanan kekebalan tubuh."

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Myrrh dapat mengurangi proliferasi atau replikasi sel kanker manusia. Peneliti menemukan bahwa mur menghambat pertumbuhan dalam delapan jenis sel kanker, khususnya kanker kandungan.

  • Membantu meringankan Nyeri Neuropatik

Penelitian pada tahun 2017 menunjukkan bahwa myrrh dapat membantu meringankan rasa sakit neuropatik.

Mengkonsumsi myrrh dapat membantu mengobati peradangan yang terkait dengan rheumatoid arthritis (RA).

  • Manfaat antibakteri dan antijamur

Minyak myrrh dapat membantu melawan bakteri jenis tertentu seperti S. aureus (staph). Myrrh juga dapat digunakan untuk mengobati luka dan mencegah infeksi serta mengobati iritasi jamur seperti kurap, dan jerawat.

  • Menjaga kesehatan kulit

Myrrh dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan menyamarkan bercak yang pecah-pecah. Penelitian tahun 2010 menyebutkan bahwa pemakaian minyak myrrh membantu mengangkat sel darah putih di sekitar luka kulit, yang mengarah ke penyembuhan yang lebih cepat.

Efek samping Myrrh

Mengkonsumsi myrrh dalam dosis kecil mungkin aman bagi kebanyakan orang. Beberapa efek samping yang muncul dapat seperti ruam kulit jika diterapkan langsung ke kulit, dan diare jika diminum. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Sedangkan penggunaan myrrh dalam dosis besar tidak aman dan dapat menyebabkan iritasi ginjal dan perubahan denyut jantung. Jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan, silahkan temui dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Dosis Myrrh

Dosis penggunaan myrrh yang tepat dapat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kondisi kesehatan, dan kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tersedia pada label produk atau konsultasikan dengan dokter Anda.

Interaksi Myrrh

Sebaiknya Anda berhati-hati dengan kombinasi berikut ini:

  • Obat untuk Diabetes (obat Antidiabetes) berinteraksi dengan myrrh

Mengkonsumsi myrrh bersamaan dengan obat diabetes dapat menyebabkan gula darah Anda terlalu rendah. Beberapa obat yang digunakan untuk diabetes termasuk glimepiride (Amaryl), glburida (DiaBeta, Glynase PresTab, Micronase), insulin, pioglitazone (Actos), rosiglitazone (Avandia), chlorpropamide (Diabinese), glipizide (Glucotrol), tolbutamide (Orinase), dan lainnya.

  • Warfarin (Coumadin) berinteraksi dengan myrrh

Warfarin (Coumadin) digunakan untuk memperlambat pembekuan darah. Mengambil myrrh dapat mengurangi seberapa baik warfarin (Coumadin) bekerja untuk memperlambat pembekuan darah. Ini bisa meningkatkan kemungkinan pembekuan darah.

Perhatian

  • Jangan gunakan myrrh jika Anda sedang hamil, karena dapat merangsang rahim dan dapat menyebabkan keguguran.
  • Tidak ada informasi mengenai keamanan penggunaan myrrh bagi ibu menyusui, sebaiknya Anda menghindarinya sampai ada penelitian lebih lanjut.
  • Berhati-hatilah menggunakan myrrh jika Anda mempunyai diabetes, pantau gula darah Anda dengan cermat.
  • Hindari penggunaan myrrh jika Anda sedang demam, karena myrrh dapat memperparah demam.
  • Berhati-hatilah jika Anda mempunyai penyakit jantung, karena penggunaan myrrh dalam jumlah besar dapat mempengaruhi detak jantung.
  • Berhati-hatilah jika Anda memiliki peradangan sistemik, myrrh mungkin dapat memperburuk kondisi ini.
  • Hentikan penggunaan myrrh maksimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan, kekhawatiran bahwa mur dapat mengganggu kontrol glukosa darah selama dan setelah pembedahan.
  • Berhati-hatilah jika Anda memiliki kondisi pendarahan rahim, karena myrrh mungkin memperburuk kondisi ini.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana menggunakan myrrh.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Myrrh: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/myrrh/supplements.htm)
Myrrh Essential Oil: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/myrrh-essential-oil-health-benefits-88786)
Myrrh: Health benefits, uses, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/267107)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app