Mual Akibat Gugup, Bagaimana Bisa ?

Dipublish tanggal: Jul 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mual Akibat Gugup, Bagaimana Bisa ?

Apakah Anda pernah mengalami gugup lalu menjadi lemas, berkeringat, bahkan mual ? Saat Anda akan melakukan presentasi atau bertemu seseorang spesial, mungkin sebagian besar dari Anda pernah mengalami hal tersebut. 

Rasanya di saat yang tidak tepat, tubuh menjadi terpengaruh akibat perasaan gugup Anda. Saat Anda merasa gugup, tubuh akan memberikan respon dan memberontak, memberikan reaksi seperti halnya mual hingga ingin muntah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Lalu, apa hubungannya rasa gugup dengan kondisi perut Anda ? Mengapa gugup bisa menyebabkan Anda mual ? Bagaimana cara mengatasinya ? Berikut ini adalah  penjelasannya.

Situasi apa sajakah yang dapat menyebabkan perut mual ?

Sebenarnya, rasa gugup dapat timbul dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya saat Anda berada di hadapan banyak orang. Terkadang Anda bisa merasakan tiba-tiba gugup, cemas dan hingga merasa perut mual. Berikut ini beberapa keadaan yang mungkin dapat menyebabkan Anda merasa gugup dan mual :

  • Berada di tempat asing

Ketika Anda berada di tempat atau lingkungan yang baru, sangat mungkin Anda akan merasa gugup. Saat Anda tidak mengenal orang-orang di tempat tersebut, seperti saat menghadiri acara tertentu dan tidak mengenal para tamunya. 

Demam panggung dapat terjadi pada seseorang yang akan tampil dan menghadapi orang lain atau khalayak umum. Seperti saat Amsa sedang mempresentasikan proposal bisnis pada calon investor Anda, pemain kesenian yang akan tampil di acara tertentu, dan lain-lain.

  • Menghadapi perubahan

Mual dapat terjadi karena gugup menghadapi perubahan hal baru, misalnya ketika Anda pindah rumah ke luar kota, atau dimutasi ke pekerjaan baru, atau saat Anda akan merantau ke tempat lain. Walaupun Anda berusaha santai menghadapinya namun terkadang hal ini tetap begitu mengganggu pikiran Anda.

  • Menanti saat yang sangat ditunggu

Momen istimewa yang akan tiba saatnya di hidup Anda dapat membuat Anda merasa gugup dan tiba-tiba perut menjadi mual. Misalnya saat suami menunggu istrinya sedang melahirkan, pengumuman hasil ujian atau saat Anda sedang menanti kedatangan seseorang yang spesial.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Hubungan gugup dan perut mual

Mengapa gugup bisa menyebankan mual ? Terdapat penjelasan ilmiah mengenai hal ini. Ketika Anda merasa gugup, tubuh Anda akan menghasilkan hormon katekolamin dan adrenalin yang berfungsi untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk bisa bekerja lebih keras lagi karena datangnya ancaman yang membuat Anda merasa gugup. 

Saat gugup, tubuh bereaksi dengan mengistrahatkan sistem tubuh yang tidak diperlukan seperti sistem pencernaan. Karena itu, tubuh akan mengeluarkan lemak dan glukosa yang mengakibatkan kadar asam dan enzim dalam lambung tidak stabil sehingga menjadikan perut Anda mual.

Pada saat Anda gugup, otot tubuh juga akan menegang sebagai respon fisiknya. Akibatnya akan menekan bagian perut Anda dan menyebabkan perut terasa ingin muntah memgeluarkan sesuatu atau mual. Anda tidak dapat mengelak respon fisik ini karena hal ini terjadi spontan sebagai respon terhadap ancaman. 

Walaupun sebenarnya yang Anda hadapi adalah ancaman psikologis bukan secara fisik.

Tips mengatasi mual karena gugup

Ketika Anda merasakan mual saat gugup, hal itu sangat mengganggu dan semakin membuat Anda terganggu serta cemas. Untuk itu, Anda harus perhatikan hal-hal berikut ini untuk mengatasi perut mual saat merasa gugup :

  • Hindarilah makan berat

Hindari makanan yang berlemak, tidak sehat, dan terlalu berat saat Anda menghadapi situasi yang membuat Anda gugup. Makanlah makanan yang sehat dengan porsi secukupnya dan jangan biarkan perut Anda kosong karena dapat menyebabkan maag.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4
  • Menarik nafas dalam-dalam

Saat Anda merasa gugup, sistem pernapasan yang dilakukan dengan perlahan akan membantu Anda menjadi lebih tenang. Pertama, berdiri atau duduklah dengan santai, pejamkan mata Anda, tarik nafas dalam-dalam selama 5 detik, kemudian tahan selama 4 detik dan hembuskan secara perlahan kurang lebih dalam 7 detik.

  • Melakukan olahraga ringan

Anda juga dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalanlah atau lakukan peregangan otot ketika merasa gugup. Apabila Anda memiliki waktu luang, lakukanlah olahraga seperti lari jogging, berenang atau bersepeda. Olahraga akan melemaskan otot tubuh yang tegang saat stres dan membantu produksi hormon endorfin yang mampu membangkitkan rasa bahagia dan menghilangkan kegugupan.

  • Alihkan perhatian Anda

Berceritalah pada sahabat atau bermain games dan hobi lain yang Anda sukai.

  • Berpikirlah positif

Rasa gugup timbul karena kecemasan, pesimis dan ketakutan. Ubahlah perasaan Anda untuk bisa lebih optimis pada diri Anda bahwa semua akan berjalan lancar.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stress effects on the body. (n.d.). (https://www.apa.org/helpcenter/stress-body.aspx)
Anxiety disorders and panic attacks. (n.d.). (https://www.uhs.umich.edu/anxietypanic)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app