Mengatasi Morning Sickness dengan Akupunktur

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Mengatasi Morning Sickness dengan Akupunktur

Apa Itu Morning Sickness?

Morning sickness adalah salah satu fase yang tidak mengenakkan bagi ibu hamil. Ada berbagai cara mengatasi morning sickness, di antaranya dengan cara alami dan akupunktur. Apakah akupunktur bisa mengatasi morning sickness? Tentu saja bisa. Akupunktur telah menjadi terapi pengobatan alternatif yang paling populer dan sekarang penelitian ilmiah menyatakan bahwa akupunktur dapat membantu mengurangi mual dan muntah di pagi hari pada wanita hamil (morning sickness). 

Mengatasi Morning Sickness dengan Akupunktur?

Para pakar meneliti 600 wanita hamil yang mengalami mual-mual. Usia kehamilan mereka adalah kurang dari 14 minggu. Mereka diberikan terapi akunpunktur selama 20 menit sebanyak satu kali seminggu sebagai cara untuk mengatasi morning sickness. Hasilnya, para wanita  hamil ini mengaku bahwa rasa mual di pagi hari mereka berkurang dengan cukup signifikan dengan terapi akupunktur. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Dr Caroline Smith dari Adelaide University di Australia, pemimpin penelitian, mengatakan,"Hampir 80 persen ibu hamil mengalami mual dan muntah atau morning sickness. Hal ini menyebabkan mereka merasa lesu dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kami menemukan, akupunktur tradisional mampu mengurangi rasa mual dan intensitas muntah berkurang di minggu ke-dua terapi."

Teknik-teknik Akupunktur

Dalam percobaannya yang telah dimuat dalam jurnal medis Birth, Dr. Smith membandingkan dua teknik akupunktur yaitu tradisional dan teknik p6. 

Metode tradisional menerapi berbagai titik di tangan dan kaki. Sedangkan metode p6 hanya berfokus pada satu titik penyebab mual dan muntah. 

"Fungsi fisik dan emosional mereka mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik setelah mendapat terapi kedua metode akupunktur secara teratur," jelas Dr. Smith. 

Dr Richard Halvorsen, dokter dan jurubicara British Medical Acupuncture Society, berkata, "kini ada lagi bukti bahwa akupunktur bermanfaat untuk mengurangi mual dan muntah semasa kehamilan. Saya telah menerapi banyak wanita yang mengeluh mual dan muntah di pagi hari akibat kehamilannya dan saya memang melihat bahwa ini memberikan dampak positif dan dapat menjadi pilihan terapi yang efektif."

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Manual Acupuncture Reduces Hyperemesis Gravidarum. Journal of Pain and Symptom Management. (https://www.jpsmjournal.com/article/S0885-3924(00)00185-8/fulltext)
Acupuncture During Pregnancy. What to Expect. (https://www.whattoexpect.com/pregnancy-acupuncture.aspx)
Drugs, ginger and acupuncture 'best for morning sickness'. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/news/pregnancy-and-child/drugs-ginger-and-acupuncture-best-for-morning-sickness/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app