Moringa - Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Jun 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 870.131 orang

Moringa adalah tanaman yang berasal dari daerah subtropis Himalaya, Pakistan, Afghanistan, dan Bangladesh. Daun, kulit kayu, bunga, buah, biji, dan akar moringa bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat obat. 

Moringa atau kelor memiliki sifat antijamur, antivirus, antidepresan, dan antiinflamasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Moringa juga dikenal sebagai Arango, Árbol de las Perlas, Behen, Ben Ailé, Ben Nut Tree, Benzolive, Canéficier de l’Inde, Chinto Borrego, Clarifier Tree, Drumstick Tree, Horseradish Tree, Indian Horseradish, Jacinto, Kelor Tree, Malunggay, Marango, Mlonge, Moringa oleifera, Moringa pterygosperma, Mulangay, Murungakai, Narango, Nebeday, Paraíso Blanco, Sahjna, Saijan, Saijhan, Sajna, San Jacinto, Shagara al Rauwaq, Shigru, Terebinto.

Mengenai Moringa

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Ekstrak cairan, bubuk,

Kandungan

Vitamin A, vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B-6 folat,asam askorbat (vitamin C), kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor, seng

Manfaat Moringa

Manfaat moringa adalah sebagai berikut:

  • Mencegah dan mengobati kanker

Moringa mempunyai kandungan senyawa niazimicin yang dapat menekan perkembangan sel kanker dan mencegahnya berkembang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Moringa dapat membantu menjaga kesehatan hati dari kerusakan karena adanya sifat anti-tuberkular dan dapat membantu mempercepat proses perbaikannya.

Moringa bermanfaat dalam memerangi infeksi yang disebabkan oleh Salmonella, Rhizopus, dan E. coli karena sifat antibakteri, antijamur dan antimikroba yang terdapat dalam ekstrak moringa.

Ekstrak kelor dapat membantu mengobati beberapa gangguan lambung, seperti sembelit, gastritis, dan kolitis ulserativa. Sifat antibiotik dan antibakteri dari kelor dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai patogen, dan kandungan vitamin B yang tinggi membantu pencernaan.

  • Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat dalam moringa dapat membantu menjaga kesehatan tulang Anda. Sifat antiinflamasi pada ekstrak kelor juga dapat membantu mengobati radang sendi dan menyembuhkan tulang yang rusak.

  • Mengobati edema

Sifat anti inflamasi yang dimiliki moringa dapat efektif mencegah edema berkembang.

  • Melindungi dan menutrisi kulit dan rambut

Minyak biji kelor bermanfaat untuk melindungi rambut dari radikal bebas dan membuatnya tetap bersih dan sehat. Selain itu, moringa juga mengandung protein yang dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

  • Mengatasi gangguan mood

Moringa juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan mood seperti kecemasan, kelelahan dan depresi.

  • Menurunkan tekanan darah

Moringa mengandung isothiocyanate dan niaziminin, senyawa yang membantu menghentikan penebalan arteri, yang dapat menyebabkan tekanan darah naik. Sehingga dengan mengkonsumsi moringa dapat menurunkan tekanan darah Anda.

  • Menjaga dari Gangguan Ginjal

Moringa mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu kadar toksisitas di ginjal sehingga bisa mengurangi risiko terkena batu ginjal dan kandung kemih.

Efek samping Moringa

Moringa mungkin aman bila dikonsumsi dalam dosis yang tepat. Daun, buah, dan biji moringa mungkin aman jika dimakan sebagai makanan, tetapi penting untuk menghindari makan akar dan ekstraknya. 

Bagian tanaman ini mungkin mengandung zat beracun yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

Jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan moringa, silahkan konsultasikan dengan dokter Anda.

Dosis Moringa

Dosis penggunaan moringa yang tepat dapat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kondisi kesehatan, dan kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tersedia pada label produk atau konsultasikan dengan dokter Anda. 

Disarankan penggunaan moringa dengan aman dalam dosis hingga 6 gram setiap hari selama 3 minggu.

Interaksi Moringa

Tidak ada informasi mengenai interaksi penggunaan moringa bersamaan dengan obat lainnya. Silahkan temui dan konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. 

Tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah berhati-hatilah jika Anda juga menggunakan obat-obatan untuk diabetes, tekanan darah tinggi, obat yang dapat dipecah oleh hati dan levothyroxine.

Perhatian

  • Jangan gunakan moringa jika Anda sedang hamil karena dapat membuat rahim berkontraksi dan menyebabkan keguguran.
  • Tidak diketahui mengenai keamanan penggunaan moringa untuk ibu menyusui, sebaiknya Anda menghindarinya sampai ada penelitian lebih lanjut.
  • Konsultasikan dengan dokter Anda jika berencana menggunakan moringa.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp