Makanan dan Diet Sehat

5 Deretan Menu Buka Puasa Sehat yang Praktis untuk Anak Kost

Update terakhir: Apr 24, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 372.513 orang

5 Deretan Menu Buka Puasa Sehat yang Praktis untuk Anak Kost

Sebagai anak kost, Anda biasanya tidak ingin repot-repot memasak dan memilih untuk buka puasa di tempat makan. Padahal, selain harus merogoh kocek dalam-dalam, kandungan gizi dan kebersihan makanan di luar belum tentu terjamin. 

Supaya lebih sehat dan hemat, mengapa tidak Anda coba buat sendiri menu buka puasa ala anak kost? Yuk, cari tahu daftar menunya lewat ulasan berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Pilihan menu buka puasa sehat dan mudah dibuat oleh anak kost

Walaupun membuat Anda tergiur dan ingin cepat-cepat berbuka, memasak menu buka puasa bisa menjadi kepuasan tersendiri. Anda pun juga bisa memastikan kebersihan makanan yang Anda buat, sehingga tentunya lebih sehat daripada saat membeli makanan di tempat makan.

Berikut ini berbagai pilihan menu buka puasa sehat dan praktis oleh anak kost:

1. Telur dadar bayam

Telur adalah salah satu makanan andalan selama di perantauan. Selain mudah didapat, bahan makanan yang satu ini bisa diolah ke berbagai sajian lezat nan menggugah selera.

Dilihat dari kandungan gizinya, satu buah telur ukuran sedang mengandung 75 kalori, 7 gram protein, dan 5 gram lemak. Terlihat jelas bahwa telur tergolong rendah kalori dan tinggi protein, sehingga dapat membantu mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa.

Telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua nutrisi penting yang mampu menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Hanya dengan makan telur saja, tubuh Anda akan tetap sehat dan fit selama puasa Ramadhan.

Supaya lebih praktis, masaklah telur dadar dengan cara didadar. Tambahkan sayur bayam sebagai isian telur dadar supaya menu buka puasa Anda hari ini semakin sehat dan bernutrisi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

2. Nasi goreng sayur

Sudah bukan rahasia lagi jika nasi goreng menjadi salah satu menu andalan para anak kost. Pasalnya, Anda tidak membutuhkan banyak alat dan bahan untuk membuat sepiring nasi goreng. Cara pembuatannya pun sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapa pun.

Kunci terpenting untuk membuat menu buka puasa sehat adalah dilihat dari isiannya. Supaya nasi goreng buatan Anda jadi lebih sehat, tambahkan berbagai jenis sayuran seperti sawi, wortel, brokoli, kacang polong, atau daun bawang. Hal ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak suka makan sayur, tapi ingin mendapatkan nutrisinya.

Tidak lengkap rasanya jika Anda menyajikan nasi goreng tanpa telur orak-arik, dadar, atau ceplok. Selain menambah kelezatannya, tambahan telur pada nasi goreng juga dapat memenuhi kebutuhan protein harian Anda setelah seharian berpuasa. 

Anda mungkin terbiasa memasak nasi goreng dengan menggunakan minyak kelapa. Hati-hati, minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang bisa membahayakan jantung. Pastikan Anda menggunakan minyak kelapa murni supaya lebih sehat dan baik untuk kesehatan otak.

3. Tumis kangkung jamur

Sajian tumis kangkung jamur bisa menjadi alternatif menu buka puasa sehat dan mudah dibuat oleh anak kost. Kangkung mengandung asam folat dan karotenoid yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Nah, jika Anda sering mengalami anemia saat puasa Ramadhan, maka menu yang satu ini sangat cocok untuk Anda.

Baca Juga: 13 Penyebab Anemia yang Paling Utama

Dilihat dari kandungan gizinya, setiap 100 gram sayur kangkung mengandung 25 kalori, 1 gram protein, dan 5 gram karbohidrat. Sajikan menu buka puasa Anda ini dengan potongan jamur supaya kadar proteinnya semakin tinggi.

4. Salad buah

Bagi Anda yang tidak sempat menyiapkan menu buka puasa karena waktunya mepet, coba sajikan salad buah saja. Ya, menu buka puasa yang satu ini bisa dibuat dalam sekejap dan bahannya pun sederhana. 

Anda hanya perlu menambahkan potongan buah-buahan favorit Anda ke dalam satu mangkuk, lalu tambahkan beberapa sendok yogurt. Kandungan air dari buah-buahan dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan saat puasa Ramadhan. Belum lagi dengan kandungan vitamin, mineral, dan serat dari buah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sementara itu, yogurt mengandung probiotik yang dapat melancarkan pencernaan. Ketika sistem pencernaan lancar, maka proses penyerapan nutrisi dari makanan akan berjalan dengan maksimal dan terhindar dari sembelit saat puasa. Menariknya lagi, salad buah juga bisa mencegah berat badan naik saat puasa Ramadhan, lho!

5. Roti gandum selai kacang

Sedang mencari menu buka puasa yang sehat tapi mudah dibuat? Roti gandum selai kacang bisa menjadi pilihan tepat.

Roti gandum mengandung kalorinya lebih rendah, yaitu 76 kalori, bila dibandingkan jenis roti lainnya. Kandungan seratnya pun 3 kali lebih banyak, sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Ketika ditambahkan dengan 2 sendok selai kacang, maka menu buka puasa yang satu ini mampu memberikan 267 kalori. Dengan makan setangkup roti gandum selai kacang, Anda sudah mendapatkan banyak protein, serat, vitamin E, dan vitamin B-6. Tubuh Anda pun akan tetap fit dan dijamin kenyang lebih lama setelah seharian berpuasa.

Baca Selengkapnya: 5 Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Maag

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit