Menjaga Kesehatan Gigi Dengan Minyak Kelapa

Dipublish tanggal: Sep 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh 90 persen. Minyak tinggi lemak jenuh telah ditemukan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan lainnya.

Nutrisi minyak kelapa

Menurut Basis Data Gizi Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu sendok makan, atau 15 mililiter minyak kelapa mengandung:

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi Dan Remove Stain 1 Kali di Fre DentalCare

1. Pembersihan karang gigi dan stain dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah. Paket ini tidak termasuk tindakan pemutihan gigi maupun tindakan medis lainnya. 2. Tidak ada limit untuk pembelian

Pembersihan karang gigi dan remove stain   1x   fre dentalcare
  • 120 kalori
  • 0 g protein
  • 14 g lemak, dimana 12 g jenuh, 1 g tak jenuh tunggal, dan 0,5 g tak jenuh ganda
  • 0 miligram (mg) kolesterol

Minyak kelapa tidak mengandung serat dan sedikit atau tanpa vitamin atau mineral.

Minyak kelapa adalah 100 persen lemak, tetapi struktur lemak dalam minyak kelapa berbeda dari lemak jenuh yang ditemukan dalam banyak produk hewani, yang terutama terdiri dari asam lemak rantai panjang.

Minyak kelapa memiliki jumlah trigliserida rantai menengah (MCT) yang luar biasa tinggi. Ini lebih sulit bagi tubuh untuk diubah menjadi lemak yang disimpan, dan lebih mudah terbakar daripada trigliserida rantai panjang  (LCT).

Banyak manfaat yang diklaim untuk minyak kelapa adalah karena kandungan MCT yang tinggi.

Lemak pada minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan lemak jenuh sehat yang memiliki efek berbeda dari kebanyakan lemak lain dalam diet Anda.

Lemak ini dapat meningkatkan pembakaran lemak dan memberi tubuh dan otak Anda energi cepat. Lemak juga meningkatkan kolesterol HDL yang baik dalam darah Anda, yang terkait dengan pengurangan risiko penyakit jantung.

Iklan dari HonestDocs
Paket Scalling dan Vitamin C Shot di Medizen Clinic

Pembersihan karang gigi dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah.

Paket scalling dan vitamin c shot di medizen clinic

Sebagian besar lemak dalam diet disebut trigliserida, Ini artinya asam lemak lebih pendek dari kebanyakan lemak lainnya.

Minyak kelapa untuk kesehatan kulit 

Banyak orang menggunakan minyak kelapa untuk keperluan kosmetik dan untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit dan rambut mereka.

Studi pada individu dengan kulit kering menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air pada kulit yang juga dapat mengurangi gejala eksim

Minyak kelapa juga dapat melindungi terhadap kerusakan rambut dan satu penelitian menunjukkan efektivitas sebagai tabir surya, yang mampu menghalau sekitar 20% dari sinar ultraviolet matahari.

Minyak kelapa untuk kesehatan gigi

Membasmi bau mulut

Satu studi menguji beberapa asam lemak yang berbeda dan membandingkan kemampuan mereka untuk melawan bakteri. Dari semua asam lemak, asam laurat adalah yang paling efektif.

Asam laurat menyerang bakteri berbahaya di mulut yang dapat menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi dan penyakit gusi. Ini sangat efektif untuk membunuh bakteri mulut yang disebut Streptococcus mutans, yang merupakan penyebab utama kerusakan gigi.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi dan Polishing 1 Kali di AM Dental Care

Pembersihan karang gigi dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah. Pada beberapa pasien yang tidak tahan sakit terkadang membutuhkan anestesi (bius) lokal, biaya anestesi tidak termasuk pada paket ini. Paket ini tidak termasuk tindakan pemutihan gigi maupun tindakan medis lainnya. Tidak ada limit untuk pembelian

Pembersihan karang gigi dan polishing   1 kali di am dental care

Menghancurkan plak

Penyebab utama penyakit gusi adalah penumpukan plak gigi karena bakteri berbahaya di mulut. Penelitian saat ini menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat mengurangi penumpukan plak pada gigi Anda dan melawan penyakit gusi.

Dalam satu penelitian, penarikan minyak dengan minyak kelapa secara signifikan mengurangi penumpukan plak dan tanda-tanda gingivitis pada orang dengan penyakit gusi yang diinduksi plak.

Mencegah infeksi gusi

Bakteri dalam plak dapat menyebabkan radang gusi, yang merupakan penyakit gusi umum yang ditandai dengan gusi merah, bengkak, dan meradang yang mudah berdarah.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat mengurangi peradangan serta bermanfaat bagi kesehatan mulut dan peradangan di mulut.

Mencegah gigi berlubang

Lubang pada gigi berasal dari kerusakan gigi akibat penumpukan bakteri, kebersihan mulut yang buruk, dan konsumsi gula terlalu banyak. Plak juga dapat menyebabkan gigi berlubang dengan membentuk lapisan bakteri, air liur, dan partikel makanan pada gigi yang dapat merusak enamel.

Minyak kelapa dapat mengurangi jumlah bakteri berbahaya di mulut, mungkin membantu mencegah gigi berlubang.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Oil pulling with coconut oil: How-to and benefits. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323757)
Effect of coconut oil in plaque related gingivitis — A preliminary report. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4382606/)
Oil Pulling with Coconut Oil for Teeth. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/features/oil-pulling)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app