Memantine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 12, 2019 Update terakhir: Okt 24, 2020 Tinjau pada Apr 30, 2019 Waktu baca: 3 menit

Memantine bekerja dengan mencegah aksi dari zat alami pada otak (glutamate) yang dipercaya menjadi penyebab gejala penyakit Alzheimer. Zat ini dipercaya berhubungan dengan timbulnya gejala demensia pada Alzheimer.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai obat ini, mari simak artikel berikut.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Mengenai Memantine

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Kandungan:

Obat penyakit degenerasi saraf

Manfaat Memantine

Memantine berguna untuk mengobati gejala kebingungan (dementia) menengah hingga parah, yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer. Memantine bukan merupakan obat penyembuh penyakit Alzheimer, tetapi memantine dapat membantu penderita penyakit Alzheimer. 

Memantine tidak akan menyembuhkan penyakit Alzheimer, dan memantine tidak akan menghentikan penyakit Alzheimer untuk menjadi parah. Meskipun tidak menyembuhkan penyakit Alzheimer, tetapi memantine mampu memperbaiki ingatan, kesadaran dan kemampuan untuk beraktivitas sehari-hari.

Dosis dan Cara Penggunaan Memantine

Saat Anda pertama kali menggunakan memantine, Anda biasanya akan meminum sehari sekali setiap hari. Untuk menurunkan risiko efek samping, dokter mungkin akan mengarahkan Anda untuk memulai pengobatan pada dosis yang rendah dan secara berkala meningkatkan dosis Anda. Ikuti petunjuk dari dokter Anda secara seksama. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Setelah dosis ditingkatkan menjadi lebih dari 5 mg per hari, minum memantine dua kali sehari atau seperti yang diarahkan dokter. Jika Anda meminum larutan oral memantine, bacalah kertas instruksi dari manufaktur memantine yang tersedia bersama dalam kemasan. Ikuti petunjuk dengan tepat. 

Gunakan alat ukur yang tersedia bersama produk untuk mendapatkan ukuran dosis yang tepat. Jangan menggunakan sendok makan karena Anda mungkin tidak akan mendapatkan dosis yang sesuai. Telan memantine secara langsung dari pengukur dosis. Jangan mencampur dengan air atau cairan lain. Bilas pengukur dosis dengan air setiap selesai menggunakan. 

Gunakan memantine secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar. Untuk membantu Anda mengingat, minum obat pada waktu yang sama setiap hari. Beritahukan pada dokter apabila kondisi Anda menjadi parah. 

Jika Anda melewatkan dosis Anda, lewatkan dosis yang terlewat dan kembali ke waktu normal. Jangan meminum dua dosis pada waktu yang sama atau dosis lebih. Jika Anda melewatkan dosis dalam beberapa kali dalam beberapa hari, hubungi dokter Anda sebelum meminum lagi.

Efek samping Memantine

Badan sakit, pusing, sembelit, dan sakit kepala mungkin terjadi. Jika efek ini terjadi lama atau memburuk, beritahukan ke dokter atau farmasis segera. Ingalah bahwa dokter memberikan resep ini kepada Anda karena dokter mengetahui bahwa risiko yang disebabkan obat tidak lebih besar daripada manfaat yang bisa Anda dapatkan. 

Banyak pasien yang menggunakan memantine tidak mengalami efek samping yang serius. Reaksi alergi yang sangat serius sangat jarang terjadi. Namun, segera hubungi gawat darurat apabila Anda mengalami gejala reaksi alergi yang serius.

Interaksi Memantine

Obat ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya, termasuk:

Peringatan

Beritahukan pada dokter apabila:

  • Jika Anda alergi terhadap memantine atau suatu bagian dari tablet memantine
  • Jika Anda alergi terhadap jenis obat memantine, atau obat lain, makanan atau zat lain. Beritahukan pada dokter mengenai alergi dan tanda yang Anda alami seperti ruam, bintik-bintik merah, gatal-gatal, nafas yang pendek, nafas yang berdecit, batuk, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah atau tenggorokan, atau terjadi gejala lain.
  • Sebelum melakukan operasi, beritahu dokter atau dokter gigi Anda mengenai semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal). Selama kehamilan, memantine harus digunakan apabila benar-benar diperlukan. Diskusikan mengenai risiko dan manfaat memantine kepada Anda dengan dokter. Memantine masih belum diketahui apakah akan masuk ke air susu ibu. Konsultasikan kepada dokter Anda sebelum menyusui.

Penyimpanan Memantine

  • Simpan pada suhu ruangan
  • Simpan pada tempat yang kering. Jangan disimpan di kamar mandi.
  • Simpan tempat yang aman. Simpan semua obat di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

 


14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app