Kesehatan Fisik

Mengenali Gejala Batu Empedu Dengan Mudah

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Mengenali Gejala Batu Empedu Dengan Mudah

Banyak yang belum tahu bagaimana gambaran keluhan atau gejala batu empedu apabila itu terjadi pada seseorang, atau bahkan tidak menutup kemungkinan gejala itu sedang Anda rasakan namun tidak sadar, bahkan mungkin sebagian masih merasa asing dengan istilah penyakit batu empedu.

Sebelumnya, secara ringkas telah kami sajikan informasi mengenai penyakit batu empedu, dan khusus pada sesi ini akan kita fokuskan lebih mendalam terkait dengan gejalanya, gejala batu empedu yang harus diwaspadai oleh setiap orang sehingga ketika itu terjadi kita dapat dengan segera mencari pertolongan medis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tahukah Anda, bahwa pada kenyataannya banyak orang yang memiliki batu pada kantung empedunya, namun sebagian besar tidak merasakan gejala apapun yang berkaitan dengan batu empedu sehingga tidak menyadari bahwa mereka memilikinya. Sering kali batu empedu terdeteksi secara tidak sengaja pada pemeriksaan rutin seperti rongsen dan USG.

Kapan Gejala Batu Empedu Muncul?

Batu yang baru terbentuk atau berukuran kecil yang apabila tidak mengganggu kerja dari kandung empedu maka ia tidak menimbulkan masalah apapun. Namun, gejala batu empedu akan muncul ketika batu empedu sampai menyumbat saluran empedu (struktur seperti tabung yang membawa cairan empedu dari hati ke kandung empedu dan kemudian ke dalam sistem pencernaan). Jadi seseorang bisa saja memiliki batu empedu namun tidak menimbulkan gejala dan tidakk menyadarinya selama bertahun-tahun.

Pada kebanyakan kasus, hal ini akan menimbulkan rasa sakit di perut, meskipun beberapa orang juga akan mengalami gejala lainnya jika penyumbatan lebih parah atau penyumbatan berkembang di bagian lain dari sistem pencernaan.

Sakit Perut Akibat Batu Empedu

Ada banyak sekali jenis penyakit yang menimbulkan gejala berupa sakit perut. Lantas apa yang khas ketika sakit perut merupakan gejala dari batu empedu?

Sakit perut akibat batu empedu timbul secara tiba-tiba, sakit perut terasa parah yang biasanya berlangsung 1-5 jam, terkadang bisa juga hanya berlangsung selama beberapa menit. Perut rasanya seperti di remas-remas dengan rasa sakit yang biasanya bergelombang. Kondisi ini dikenal dengan istilah kolik bilier (biliary colic).

Gejala batu empedu akan menimbulkan sakit perut seperti itu di lokasi:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Rasa sakit biasanya konstan dan tidak lega baik setelah kentut ataupun buang air besar. Sakit perut juga terkadang dipicu oleh makan makanan berlemak, tetapi dapat terjadi pada setiap saat sepanjang hari dan bisa saja membangunkan Anda di malam hari.

Saking sakitnya, pasien yang mengalami kolik bilier sering menggeliat (memutar tubuh dalam posisi yang berbeda) di tempat tidur berusaha mencari posisi yang nyaman.

Selain sakit perut kolik bilier, gejala batu empedu lainnya yang sering menyertai yaitu berkeringat berlebihan dan merasa sakit atau muntah. Dokter menyebut batu empedu yang menimbulkan gejala episode kolik bilier sebagai "penyakit batu empedu tanpa komplikasi".

Gejala Batu Empedu Lainnya

Pada beberapa orang, batu empedu dapat menyebabkan gejala yang lebih serius jika batu itu menghalangi aliran empedu dalam waktu yang lama atau berpindah ke organ lain (seperti pankreas atau usus kecil).

Apabila hal ini terjadi, maka gejala batu empedu lainnya berupa:

Kondisi yang sudah begini disebut dengan  'penyakit batu empedu dengan komplikasi'.

Kapan Harus Ke Dokter?

Jika Anda curiga sedang mengalami kolik bilier dan gejala-gejala penyerta batu empedu seperti di bawah ini, maka segeralah periksakan ke dokter:

  • Mata kuning, kulit kuning, air seni kuning kecoklatan
  • Sakit perut yang berlangsung lebih dari delapan jam
  • Suhu tubuh menjadi tinggi (demam) dan menggigil
  • Sakit perut begitu begitu hebat sehingga tidak bisa menemukan posisi yang membuatnya lebih ringan.

Waspadilah setiap gejala batu empedu yang mungkin saja Anda alami dan segeralah mencari bantuan medis guna mencegah komplikasi atau penyulit yang lebih lanjut.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Gallstones: Symptoms, Causes, Risks, Treatment, Diet, & More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/gallstones)
Gallbladder: Problems, removal, diet, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/311357.php)
Gallstones Symptoms: Upper Right Abdomen Pain, Jaundice, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-gallstones-symptoms)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app