Melanox Cream: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Melanox Cream adalah obat yang digunakan untuk mengurangi hiperpigmentasi kulit. Obat Melanox Cream mengandung Hydroquinone, yang mengurangi terjadinya hiperpigmentasi dengan cara mengganggu sistem tirosin-melanin.

Berikut ini adalah informasi lengkap obat Melanox Cream yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Pabrik

Surya Dermato Medica

Golongan

Harus dengan resep dokter

Kemasan

Melanox Cream dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Tube 15 g

kandungan

Tiap kemasan obat Melanox Cream mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Hydroquinone adalah obat yang digunakan untuk pengobatan jangka pendek kondisi hiperpigmentasi seperti chloasma, melasma, bintik-bintik, dan area hiperpigmentasi melanin lainnya. Aplikasi topikal obat Hydroquinone menghasilkan depigmentasi reversibel pada kulit dengan cara menghambat oksidasi enzimatik tirosin menjadi 3,4-dihidroksifenilalanin (dopa) dan menekan proses metabolisme melanosit lainnya.
Obat ini digunakan secara topikal dalam bentuk cream Hydroquinone 2% atau 4%. Selain digunakan secara tunggal, bisa juga digunakan dalam kombinasi dengan tretinoin, dan fluocinolone acetonide.

Indikasi

Kegunaan Melanox Cream (Hydroquinone) adalah untuk hal-hal berikut :

  • Obat ini diindikasikan untuk pemutihan bertahap kondisi kulit yang mengalami hiperpigmentasi seperti chloasma, melasma, bintik-bintik, dan area hiperpigmentasi melanin lainnya, termasuk hiperpigmentasi pasca-inflamasi (misalnya bekas jerawat, bekas luka, atau bintik-bintik cokelat karena paparan sinar matahari ) dan melasma yang disebabkan oleh obat kontrasepsi oral.

Kontraindikasi

  • Jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif/alergi obat Hydroquinone.
  • Keamanan penggunaan obat ini untuk ibu hamil atau untuk anak-anak (12 tahun ke bawah) belum diketahui. Sebaiknya dihindari.

Efek Samping Melanox Cream

Berikut adalah beberapa efek samping Melanox Cream (Hydroquinone) yang mungkin terjadi :

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Efek samping yang umum adalah iritasi dan sensitisasi (misalnya kulit kemerahan, kulit terbakar, dermatitis alergi, atau tersengat).
  • Efek samping lainnya misalnya eritema transien, dan kulit kering.
  • Penggunaan berlebihan dan jangka panjang bisa menyebabkan ochronosis dan koloid milium.

Perhatian

Hal-hal yang perlu diperhatikan pasien selama menggunakan obat ini adalah sebagai berikut :

  • Sebelum digunakan, lakukan tes sensitivitas kulit. Oleskan cream tipis-tipis dan lihat efeknya selama 24 jam. Jika tidak terjadi reaksi hipersensitivitas, pengobatan bisa dilanjutkan. Jangan digunakan jika terjadi reaksi hipersensitivitas seperti gatal, pembentukan vesikel, dan reaksi radang.
  • Obat ini tidak boleh digunakan di dekat area mata, mulut atau membran mukosa lainnya, luka terbuka atau untuk anak di bawah usia 12 tahun.
  • Tidak dianjurkan menggunakan obat ini untuk ibu hamil.
  • Sebaiknya tidak digunakan untuk ibu menyusui.
  • Obat ini tidak ditujukan untuk mencegah kulit terbakar oleh sinar matahari.
  • Keamanan penggunaan obat ini pada lansia belum diketahui.
  • Gunakan obat ini hanya pada area hiperpigmentasi. Jangan berlebihan.
  • Hentikan penggunaan obat jika terjadi iritasi.
  • Untuk mencegah repigmentasi, selama penggunaan obat ini, paparan sinar matahari pada kulit yang diobati harus dihindari. Usahan menggunakan tabir surya spektrum luas (SPF 15 atau lebih) atau dengan menggunakan pakaian pelindung.

Penggunaan obat Melanox Cream untuk ibu hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan Hydroquinone kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Hasil studi pada hewan tidak selalu bisa dijadikan ukuran keamanan penggunaan obat pada manusia. Oleh karena penelitian secara klinis yang terkendali dengan baik belum dilakukan, penggunaan obat-obat yang mengandung Hydroquinone termasuk Melanox Cream untuk ibu hamil harus dikonsultasikan dengan dokter.

Interaksi obat

Berikut adalah interaksi obat ini dengan obat-obat lain jika digunakan secara bersamaan :

  • Penggunaan bersamaan dengan produk yang mengandung peroksida menyebabkan noda hitam yang tidak permanen pada area kulit yang diobati.

Dosis Melanox Cream

Obat Melanox Cream (Hydroquinone) diberikan dengan dosis berikut :

  • Dosis dewasa untuk kondisi kulit yang mengalami hiperpigmentasi

Oleskan tipis-tipis dan gosokkan pada area kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Gunakan obat hanya pada malam hari/sebelum tidur. Sebelum penggunaan obat, sebaiknya kulit dibersihkan terlebih dahulu. Umumnya pengobatan akan memperlihatkan hasil setelah 2 minggu. Jika pengobatan tidak memberikan hasil setelah 2 bulan pemakaian sebaiknya hentikan penggunaan obat ini.

Note :

  • Jika ingin digunakan 2 x sehari, gunakan pada pagi dan sore hari. Hindari paparan sinar matahari secara berlebihan supaya efek depigmentasi tidak hilang dengan cara menggunakan sunblock.

Terkait

  • Merk-merk obat dengan kandungan zat aktif Hydroquinone

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan obat Melanox Cream (Hydroquinone) harus sesuai dengan yang dianjurkan.


20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
McGregor D. (2007). Hydroquinone: An evaluation of the human risks from its carcinogenic and mutagenic properties [Abstract]. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18027166)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app