Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Makanan dan Diet Sehat

Manfaat Sehat Dari Sebutir Telur

Update terakhir: SEP 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.633.074 orang

Manfaat Sehat Dari Sebutir Telur

Banyak makan telur bisa jadi bisul? Ah, itu cuma mitos yang sama sekali tidak terbukti secara medis. Faktanya, mengonsumsi banyak telur merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 

Mengonsumsi telur secara utuh, yang terdiri dari bagian putih telur dan kuning telurnya adalah cara makan telur yang paling menyehatkan. Nutrisi terbaik di dalam telur dapat diperoleh dari bagian kuning telur yang mengandung 90% kalsium dan zat besi, serta bagian putih telur yang mengandung hampir separuh dari protein pada telur. Berikut ini manfaat menyehatkan yang dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi telur:

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. GRATIS ongkir untuk minimal pembelanjaan Rp50.000!

1.Mendapatkan asupan vitamin 
Satu butir telur mengandung berbagai macam vitamin yang penting bagi kesehatan, seperti vitamin B2 atau riboflavin yang bermanfaat untuk membantu tubuh memecah makanan menjadi energi. Vitamin B12 atau cobalamin yang baik untuk produksi sel-sel darah merah, vitamin A atau retinol yang baik bagi mata, serta vitamin E atau tocopherol yang membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh dan merupakan penyebab kanker. Bagi anak-anak, mendapatkan kandungan vitamin A dan vitamin B2 dari dalam telur akan mendukung pertumbuhan tubuh secara maksimal.

2.Membantu menurunkan kelebihan berat badan
Kebanyakan orang beranggapan bahwa telur justru mengandung lemak yang menggemukkan dan tidak sehat. Kenyatannya, sebuah penelitian oleh Rochester Center for Obesity Research menemukan bahwa mengonsumsi telur saat  sarapan dapat membantu membatasi konsumsi kalori sepanjang sisa hari hingga lebih dari 400 kalori. Artinya, Anda bisa menurunkan berat badan hingga 1,4 kilogram per bulannya. 

Mengonsumsi telur membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga secara otomatis Anda tidak tergiur untuk mengonsumsi snack yang tidak menyehatkan dan hanya menimbun kalori, serta tidak memakan terlalu banyak menu makan siang. Meski telur memang mengandung kolesterol, jenis kolesterolnya sendiri merupakan kolesterol diet, bukan kolesterol yang masuk ke dalam darah dan membahayakan jantung.

3.Mendapatkan asupan mineral penting bagi tubuh
Telur dipenuhi mineral berupa zat besi, zinc dan fosfor yang semuanya penting bagi tubuh. Khususnya untuk wanita, banyak mengonsumsi zat besi saat sedang datang bulan dapat menambah asupan energi dan menghindarkan tubuh dari rasa lelah berkepanjangan dan mood yang kacau. Mineral jenis zinc membantu menjaga sistem imun tubuh agar selalu dalam kondisi prima dan membantu mengubah makanan menjadi sumber energi. Sementara itu, fosfor diperlukan tubuh untuk kekuatan tulang dan gigi.


Tidak hanya mineral-mineral penting ini, terdapat juga kandungan mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah secukupnya berupa yodium yang membantu pembentukan hormon tiroid serta selenium yang merupakan antioksidan penurun risiko terkena kanker.

4.Menikmati makanan sumber protein dengan kalori rendah
Satu butir telur berukuran medium hanya mengandung 70 sampai 85 kalori serta sekitar 6,5 gram protein. Artinya, di dalam tiga butir telur, hanya terdapat 210 hingga 255 kalori serta tambahan asupan 19,5 gram protein untuk tubuh dari rekomendasi harian protein bagi wanita sebanyak 50 gram per hari. Sajikan telur dalam bentuk omelet atau tiga butir telur orak-arik atau telur poached bersama roti bakar untuk membantu Anda tetap merasa kenyang.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. GRATIS ongkir untuk minimal pembelanjaan Rp50.000!


5.Membantu mencegah kanker payudara
Sebuah penelitian yang dilaksanakan oleh Harvard University di tahun 2003 menemukan bahwa konsumsi telur pada para wanita berusia remaja dapat membantu mencegah kanker payudara saat berusia dewasa nantinya. Mengonsumsi setidaknya enam telur per minggu menurunkan risiko kanker payudara hingga sebanyak 44 persen, lebih banyak daripada wanita yang hanya mengonsumsi dua atau lebih sedikit telur setiap minggunya.

Di dalam kuning telur, ditemukan adanya choline yang membantu pula mengurangi risiko kanker payudara hingga sebanyak 24 persen. Kuning telur sendiri mengandung sekitar 125,5 miligram choline, atau seperempat dari rekomendari asupan harian bagi tubuh. Cukup dua butir telur di pagi hari sudah cukup memenuhi asupan choline tubuh sepanjang hari. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Deffy Laksani Anggar Sari

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit