Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Manfaat Olahraga Kardio Rutin Serta Jenis Kardio Terbaik

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 872.099 orang

Meski lebih banyak orang yang mungkin mengenal olahraga kardio sebagai olahraga yang efektif untuk membakar lemak di tubuh, namun sebenarnya manfaat olahraga kardio tidak hanya untuk hal tersebut. 

Memang benar bahwa olahraga kardio sangat bermanfaat untuk membakar lemak sehingga banyak dipilih untuk mendukung program penurunan berat badan, namun olahraga kardio juga bermanfaat untuk menguatkan kinerja paru-paru dan jantung. Rutin olahraga kardio dapat membantu menguatkan otot pada jantung untuk memompa darah.

Manfaat olahraga kardio yang bisa Anda peroleh

Berikut ini adalah manfaat lengkap olahraga kardio:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Olahraga kardio sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan olahraga kardio dapat menurunkan tingkat stress pada seseorang. Stress menjadi salah satu faktor pemicu yang membuat seseorang memiliki kekebalan tubuh yang rendah dan memicu beragam penyakit

Manfaat olahraga kardio untuk kekebalan tubuh bahkan sudah teruji berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap dua orang wanita. Wanita yang satu rajin berolahraga sementara yang lainnya tidak aktif berolahraga. Dari penelitian ini terlihat bahwa wanita yang aktif olahraga memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik ketimbang satunya.

Menjaga kadar kolesterol

Olahraga kardio tidak hanya baik untuk membantu menurunkan berat badan, namun juga membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Para pakar kesehatan menyarankan para penderita kolesterol tinggi untuk rajin berolahraga kardio karena mampu membantu menyeimbangkan kadar kolesterol jahat dan baik dalam tubuh.

Menjaga kadar gula dalam darah

Olahraga kardio rutin bermanfaat untuk menurunkan resistensi tubuh terhadap insulin serta membantu tubuh untuk memaksimalkan penggunaan gula darah yang tersimpan dalam tubuh. Olahraga kardio rutin dapat membantu mencegah diabetes tipe 2 serta menurunkan gejala yang diderita oleh pasien.

Menurunkan tingkat stress

Ketika seseorang olahraga kardio, maka tubuh akan melepaskan hormon endorphin yang berfungsi untuk meningkatkan mood serta mengurangi stress yang diderita. Oleh sebab itu berolahraga kardio rutin dipercaya mampu membuat seseorang menjadi lebih rileks dan damai. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Sebuah penelitian mengungkapkan rutin berjalan kaki sekurang-kurangnya 30 menit sehari selama setengah bulan dipercaya bermanfaat untuk mengurangi gejala depresi dan juga stress.

Kualitas tidur meningkat

Olahraga kardio juga bermanfaat untuk membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Syaratnya, jangan lakukan olahraga kardio berdekatan dengan waktu tidur. Ketika Anda berolahraga, maka akan dilepaskan zat adrenalin yang membuat jantung memompa lebih cepat. 

Akibatnya, Anda tentu akan kesulitan untuk tidur apabila berolahraga sebelumnya. Sebaiknya olahraga kardio dua jam sebelum tidur.

Jenis Olahraga Kardio

Lantas, apa saja jenis olahraga kardio? Berikut beberapa diantaranya:

Jogging

Jogging merupakan salah satu olahraga kardio yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa melakukan jogging di tempat tanpa harus pergi ke taman atau di kompleks perumahan. Cukup angkat tungkai kaki tinggi-tinggi seolah Anda sedang berlari. Lakukan berulang-ulang selama 60 detik.

Lompat tali

Lompat tali merupakan salah satu olahraga kardio yang dapat melatih otot jantung dan paru-paru. Cara melakukan lompat tali juga mudah dan murah. Sebaiknya rutinkan olahraga lompat tali selama 20 menit sehari. Ketika Anda rutin melompat selama 20 menit, maka akan ada 220 kalori yang terbakar.

Naik turun tangga

Latihan ini merupakan jenis olahraga kardio yang paling cocok dipilih oleh pekerja kantoran yang tidak sempat untuk meluangkan waktu berolahraga. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan tangga ketimbang elevator. Naik dan turun tangga sangat baik untuk melatih kesehatan otot jantung dan paru-paru.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit