Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Cukup Olahraga Satu Kali Seminggu, Mood Anda Akan Membaik

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Feb 26, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cukup Olahraga Satu Kali Seminggu, Mood Anda Akan Membaik

Setiap hari tidak pernah tidak sibuk dengan urusan kantor dan rumah tangga. Bahkan, hari libur pun, banyak orang tetap sibuk dengan kewajiban silaturahmi di sana dan sini. Apalagi menjelang akhir tahun seperti ini, saat banyak beban pekerjaan dipadatkan atau dipercepat agar tidak berbenturan dengan masa liburan. Lelah? Sudah pasti. Suasana hati juga jadi jelek, itu tak heran lagi. Lalu apa solusinya? 

Anda bisa mengusir semua mood jelek itu dengan cara yang mudah: olahraga sekali seminggu saja, demikian menurut studi yang dipublikasikan oleh BMC Psychiatry. 
Selama satu setengah tahun, para peneliti dari Institute of Stress Medicine and the University of Gothenburg di Swedia meneliti 69 pria dan wanita yang mengalami stres akut, depresi tahap ringan, kecemasan dan kelelahan. Mereka semua tidak ada yang rutin berolahraga.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Awalnya, para relawan menghadiri kuliah tentang manfaat olahraga, dan ditawarkan akses ke program latihan jalan dan kekuatan. Setelah beberapa minggu, mereka dibiarkan membawa perangkat mereka sendiri.  Para peneliti memeriksa tingkat aktivitas fisik dan kesehatan mental mereka kembali setelah enam bulan, kemudian satu tahun dan 18 bulan. 

Di akhir penelitian para peneliti menemukan, 21 relawan rutin berolahraga sebanyak tiga kali dalam seminggu. Duapuluh dua relawan berolahraga setidaknya seminggu sekali. Sisanya kembali bersantai di sofa alias meninggalkan sesi olahraga sama sekali.

Ketika para peneliti menguji tingkat depresi, stres, dan  kelelahan tiga kelompok tersebut, mereka menemukan bahwa relawan yang aktif berlatih walau hanya seminggu sekali, mengalami penurunan kadar depresi hingga 50 persen. 

Peneliti mengatakan, pesan dari studi ini sudah sangat jelas: Olahraga, walau dilakukan hanya sebanyak satu kali dalam seminggu, dapat membuat perbedaan fundamental di bidang kesehatan mental.

Olahraga dan kesehatan mental
Setiap aktivitas fisik akan meningkatkan produksi hormon endorfin. Ini adalah hormon yang berfungsi sebagai obat penenang dan mengurangi rasa sakit karena ketegangan atau stres. Endorfin yang diproduksi selama Anda berolahraga membawa banyak efek positif pada otak dan tubuh Anda. 

Endorfin dapat mengurangi rasa sakit, lapar, stres, agitasi serta  memperkuat sistem kekebalan tubuh. Endorfin tersebut bahkan dapat menunda proses penuaan.Karena gaya hidup yang serba sibuk, otak menghasilkan hormon kortisol yang menyebabkan stres. Endorfin yang dihasilkan dari berolahraga akan menggantikan hormon stres dan membuat emosi Anda lebih stabil. 


Selain itu, olahraga rutin juga dapat membuat seseorang merasa lebih percaya diri dengan bentuk tubuhnya. Rasa percaya diri ini, juga mampu meningkatkan kegembiraan dan suasana hati yang positif. Olahraga juga mampu meningkatkan aliran energi ke seluruh tubuh sepanjang hari sehingga rasa lelah bisa berkurang. Hasilnya, pikiran Anda jadi positif dan kinerja di kantor semakin meningkat. 


Jadi, saat suasana hati memburuk dan rasa lelah mendera, pasang alarm Anda lebih pagi sehingga Anda bisa keluar dan melakukan joging ringan di sekitar rumah. Atau, canangkan waktu untuk berlatih di pusat kebugaran yang terdekat dari kantor atau rumah Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Exercise and Depression: Endorphins, Reducing Stress, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/depression/guide/exercise-depression)
Exercise for mental health: How much is too much?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322734.php)
The Top Mental Benefits of Sports. Healthline. (https://www.healthline.com/health/mental-benefits-sports)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit