10 Manfaat Telur Ayam Kampung Mentah Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Jul 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 24, 2019 Waktu baca: 3 menit
10 Manfaat Telur Ayam Kampung Mentah Bagi Kesehatan

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Nutrisi pada telur ayam kampung cenderung lebih banyak daripada telur ayam potong, terutama kandungan omega-3-nya.
  • Telur ayam kampung mengandung antioksidan 2 kali lebih banyak, sehingga baik bagi kesehatan jantung.
  • Kandungan protein, karbohidrat, dan zat besi pada telur ayam kampung dapat membantu mendongkrak energi tubuh.
  • Cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin memiliki badan atletis, karena telur ayam kampung mentah dapat membentuk otot.
  • Tidak mengandung kolesterol sehingga lebih aman bagi tubuh. 
  • Mengandung selenium yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma, dari segi jumlah dan pergerakan (mobilitas).

Beberapa orang atau mungkin Anda sendiri pernah meminta tambahan ekstra telur ayam kampung ke dalam segelas jamu. Katanya, telur yang dimakan mentah-mentah bisa mendongkrak stamina dalam tubuh, terutama bagi kaum pria. Lantas, benarkah manfaat telur ayam kampung mentah sedahsyat itu? Berikut ulasan lengkapnya.

Kandungan nutrisi telur ayam kampung

Mengonsumsi telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun hati-hati, jika dikonsumsi secara berlebihan akan meningkatkan kolesterol dalam darah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Salah satu jenis telur yang paling sering dikonsumsi adalah telur ayam. Telur ayam juga terdiri dari 2 jenis, yaitu telur ayam kampung dan telur ayam potong.

Jika keduanya dibandingkan, kandungan gizi pada telur ayam kampung ternyata lebih banyak daripada telur ayam potong. Hal ini terlihat dari lebih banyaknya kandungan omega-3 pada telur ayam kampung yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Bukan cuma omega-3, telur ayam kampung juga mengandung nutrisi lengkap lainnya seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Belum lagi dengan kandungan vitamin A dan vitamin B12 yang semakin melengkapi nutrisi telur ayam kampung.

Baca Juga: Ragam Manfaat Telur Puyuh yang Berhasil Mencuri Perhatian

10 Manfaat telur ayam kampung mentah

Selain harus dimasak dahulu, telur ayam kampung juga dapat dikonsumsi secara langsung. Makan telur ayam kampung mentah-mentah justru memberikan manfaat lebih banyak dibandingkan mengonsumsi telur yang telah dimasak. 

Anda tidak perlu khawatir sistem pencernaan akan terganggu saat mengonsumsi telur ayam kampung secara mentah. Pasalnya, enzim alami dalam telur akan membantu proses pencernaan makanan sampai diserap dengan baik oleh tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Berikut beberapa manfaat telur ayam kampung mentah yang dikonsumsi secara langsung, antara lain:

1. Menyehatkan jantung

Telur ayam kampung mengandung antioksidan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan antioksidan pada telur ayam kampung diketahui 2 kali lebih banyak dibandingkan sebuah apel, lho!

2. Memberikan sumber energi tambahan

Manfaat telur ayam kampung mentah juga dapat memberikan energi tambahan pada tubuh. Bahkan telur ayam kampung yang dikonsumsi mentah mengandung protein, karbohidrat, dan zat besi lebih banyak dibandingkan dengan telur ayam kampung yang telah dimasak.

3. Mencegah kanker

Secara khusus, bagian kuning pada telur ayam kampung mentah mengandung asam amino triptofan dan tripsin yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya itu, makan bagian kuning telur ayam juga bermanfaat untuk mencegah risiko terjadinya kanker.

4. Membantu pembentukan otot

Para atlet dan binaragawan sering kali mengonsumsi putih telur yang direbus ntuk membantu pembentukan otot agar lebih atletis. Ternyata, makan telur ayam kampung mentah juga memberikan manfaat yang sama, yakni membentuk otot.

Bagi Anda yang sedang diet, telur ayam kampung mentah juga cocok dimasukkan ke dalam menu harian Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Baca Selengkapnya: Alergi Telur? Cobalah 5 Makanan Pengganti Telur yang Kaya Protein

5. Mencegah katarak

Katarak biasanya terjadi pada orang yang memasuki usia lanjut. Mengonsumsi telur ayam kampung mentah dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menghindari risiko terjadinya katarak saat memasuki usia lanjut. Maka dari itu manfaat telur ayam kampung untuk katarak bisa sangat diandalkan.

6. Bebas kolesterol dan lemak

Telur ayam dikenal mengandung kolesterol tinggi sehingga kerap dihindari. Namun jangan salah, kandungan telur ayam kampung justru tidak mengandung kolesterol, lho!

Bagi Anda yang sering mengonsumsi telur dengan cara digoreng, sebaiknya dikurangi. Telur yang digoreng mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi sehingga berisiko memicu penyakit di masa mendatang.

7. Mengubah suasana hati

Saat Anda sedang suntuk dan suasana hatinya kacau, cobalah mengonsumsi telur ayam kampung mentah. Makan telur mentah akan merangsang hormon tertentu, sehingga suasana hati dapat berubah menjadi lebih baik.

8. Mengatasi gejala gangguan paru-paru

Bagi Anda yang memiliki gangguan paru-paru, seperti emfisema, makan telur ayam kampung mentah dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Namun, agar lebih aman, konsultasikan lebih dulu pada dokter sebelum mencoba makan telur ayam kampung mentah.

Perlu dicatat juga bahwa telur ayam kampung mentah tidak dapat menggantikan obat-obatan medis dari dokter.

9. Baik untuk kesehatan pria

Tidak heran jika banyak pria yang menambahkan ekstra telur ayam kampung mentah ke dalam segelas jamu pesanannya. Pasalnya, manfaat telur ayam kampung mentah dapat membantu meningkatkan kualitas sperma karena kandungan seleniumnya.

Mengutip dari berbagai sumber, satu butir telur ayam mentah ternyata bisa memenuhi 10% kebutuhan selenium harian, terutama pada pria.

10. Mencerahkan wajah

Kandungan putih telur bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit wajah tampak lebih cerah. Kalau dibandingkan, putih telur ayam kampung lebih kental daripada telur ayam ras potong. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih memilih menggunakan telur ayam kampung sebagai masker wajah.

Meskipun manfaat telur ayam kampung mentah sungguh menggiurkan, sebaiknya jangan asal memakannya, ya! Ingatlah bahwa sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda-beda.

Baca Juga: Inilah Manfaat dan Bahaya Telur Setengah Matang

Jika Anda mengalami sakit perut, pusing, atau gangguan kesehatan lainnya setelah makan telur ayam kampung yang belum dimasak, segera konsutasikan ke dokter.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Medical News Today. What to know about eating raw eggs. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325515.php). 19 Juni 2019.
Well+Good. Everything You Need to Know About Eating Raw Eggs, Just in Time for Eggnog Season. (https://www.wellandgood.com/good-food/eating-raw-eggs/). 12 Desember 2018.
The Nourished Life. Eating Raw Egg Yolks: The Safe & Healthy Way. (https://livingthenourishedlife.com/why-i-eat-raw-egg-yolks-every-day/). 15 Juli 2019.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app