Beragam Manfaat Tidur Siang, Plus Bahayanya Kalau Kebablasan

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 23, 2019 Waktu baca: 2 menit
Beragam Manfaat Tidur Siang, Plus Bahayanya Kalau Kebablasan

Memasuki jam-jam habis makan siang, biasanya rasa ngantuk mulai mengganggu aktivitas. Namun bagaimana pun, Anda tidak mungkin tidur siang karena harus tetap menyelesaikan pekerjaan. Padahal, tidur siang sejenak justru dapat membantu Anda lebih fokus, lho! Tapi bukan berarti bisa keterusan, manfaat tidur siang malah bisa berbalik jadi bahaya bagi kesehatan.

Manfaat tidur siang bagi kesehatan

Tidur siang biasanya dilakukan oleh bayi, anak-anak, dan orang yang sakit. Banyak orang dewasa yang enggan tidur siang, karena takut dianggap pemalas dan tidak produktif saat bekerja. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Hipertensi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 34

Padahal tidur siang dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh, salah satunya dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja. Beberapa manfaat tidur siang adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan daya ingat

Sering lupa dengan hal-hal penting belakangan ini? Coba pulihkan dengan tidur siang sejenak, yuk!

Tidur siang selama 5 menit dapat membantu meningkatkan daya ingat. Sedangkan tidur selama kurang dari 30 menit dapat meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan belajar. 

Selain itu, tidur siang juga dapat membantu Anda menghapal kosakata jika dilakukan selama 30-60 menit. Sedangkan tidur siang selama 60-90 menit dapat meningkatkan kreativitas.

2. Mengatasi kelelahan

Ada tiga cara yang biasanya dilakukan untuk mengatasi kelelahan, yaitu menambah jam tidur malam, minum kopi, dan tidur siang. Dari ketiga cara tersebut, tidur siang merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi kelelahan.

3. Mengatasi kurang tidur

Tidur siang merupakan salah satu alternatif yang paling tepat untuk mengatasi kurang tidur. Tidur siang dalam waktu yang cukup, sekitar 15-30 menit akan membuat tubuh menjadi segar dan lebih produktif saat bekerja.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Hipertensi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 34

4. Menurunkan tekanan darah

Bagi Anda yang cenderung mempunyai tekanan darah yang tinggi, tidur siang dapat dicoba untuk menurunkan tekanan darah. Berdasarkan hasil penelitian, tidur siang yang cukup dan tidak terlalu lama terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

Tidur siang akan membuat tubuh lebih rileks dan suasana hati menjadi lebih baik, sehingga dapat menurunkan risiko hipertensi.

Baca Juga: Pentingnya Tidur Siang Pada Bayi

Bahaya tidur siang kalau keterusan

Selain memiliki berbagai manfaat, tidur siang ternyata juga berbahaya jika dilakukan selama lebih dari 1 jam. Sebaiknya tidur siang dilakukan selama 30 menit saja.

Tidur siang selama lebih dari 1 jam dapat meningkatkan risiko munculnya beberapa penyakit, seperti diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik. Sindrom metabolik berkaitan dengan munculnya tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, ataupun gula darah yang tinggi.

Selain itu, tidur siang juga tidak disarankan dilakukan pada orang yang sering mengalami gangguan tidur atau insomnia. Orang yang mengalami inersia tidur yaitu merasa bingung atau pening setelah tidur, juga tidak dianjurkan untuk melakukan tidur siang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Hipertensi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 34

Baca Selengkapnya: Bahaya Tidur Pagi Bagi Ibu Hamil dan Cara Menghindarinya

Hal yang perlu diperhatikan saat tidur siang

Tidak semua orang dapat tidur siang dengan nyaman. Agar nyaman saat tidur siang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Perhatikan lama tidur siang. Sebaiknya sisihkan waktu 20-30 menit untuk tidur siang. Tidur terlalu lama justru akan membuat tubuh merasa capek dan tidak nyaman.
  • Buat perencanaan. Jangan kelamaan menunda tidur jika sudah mengantuk. Waktu tidur siang terbaik adalah sekitar jam 2-3 siang. Tidur terlalu sore malah akan membuat Anda sulit tidur pada malam hari.
  • Cari tempat yang tenang dan nyaman. Saat akan tidur siang, carilah tempat yang nyaman atau memiliki sedikit cahaya. Hal ini akan membantu Anda tidur lebih cepat dan bangun lebih segar. 

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat tidur siang, pastikan untuk meluangkan waktu setidaknya 30 menit untuk tidur siang. Jangan sampai lebih dari itu agar tubuh Anda terhindar dari bahaya tidur siang kelamaan.

Baca Juga: 21 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari, Dijamin Ampuh!

38 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Health Benefits of Power Naps. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/how-to-reap-the-health-benefits-of-power-naps-2224261)
How Long Should I Nap? A Guide to Healthy Sleep Rejuvenation. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-long-should-i-nap)
Ways to Incorporate Power Naps into Your Life. Healthline. (https://www.healthline.com/health/guide-to-power-naps)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app