Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Muda Setelah Berolahraga

Dalam pengobatan tradisional Ayurvedic, air kelapa dipercaya dapat membantu melancarkan pencernaan, buang air kecil, dan bahkan meningkatkan produksi jumlah sperma. Selain itu, air kelapa juga secara tradisional dapat digunakan untuk mengatasi dehidrasi dan diberikan sebagai hadiah upacara di seluruh daerah tropis. Meskipun mungkin bukan obat ajaib, air kelapa memang terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan.
Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 751.027 orang

Siapa sih yang tidak suka air kelapa muda? Apalagi mengkonsumsi air kelapa muda setelah melakukan aktivitas di bawah teriknya matahari. Air kelapa muda dikenal sebagai salah satu minuman yang sangat bernutrisi karena memiliki kandungan konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineral yang tinggi.

Air kelapa telah dikonsumsi selama berabad-abad di daerah tropis di seluruh dunia. Dalam pengobatan tradisional Ayurvedic, air kelapa dipercaya dapat membantu melancarkan pencernaan, buang air kecil, dan bahkan meningkatkan produksi jumlah sperma. 

Selain itu, air kelapa juga secara tradisional dapat digunakan untuk mengatasi dehidrasi dan diberikan sebagai hadiah upacara di seluruh daerah tropis. Meskipun mungkin bukan obat ajaib, air kelapa memang terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat mengkonsumsi air kelapa muda setelah berolahraga?

1. Rehidrasi

Mengkonsumsi cairan seperti air kelapa selama berolahraga membuat Anda terhidrasi dan merasa lebih berenergi. Selama latihan, Anda berkeringat, membuang cairan dan elektrolit dari pori-pori Anda. 

Tanpa rehidrasi, Anda mungkin merasa lelah dan pusing, sakit kepala dan kram otot sehingga mengalami penurunan kinerja atletik. Menurut Mayo Clinic, berkeringat karena berolahraga adalah salah satu penyebab paling umum untuk dehidrasi. 

American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk mengonsumsi 300 hingga 800 cc cairan setiap 15 hingga 20 menit selama latihan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

2. Elektrolit

Elektrolit adalah ion yang ditemukan dalam darah, urin, dan cairan tubuh lainnya. Sel menggunakan elektrolit untuk membawa impuls saraf atau berkomunikasi dengan sel lain. Elektrolit utama dalam cairan tubuh adalah natrium, kalium, klorida, kalsium, magnesium, bikarbonat, dan fosfat. 

Selama latihan elektrolit-elektrolit tersebut akan hilang bersamaan dengan keringat dan perlu diganti. Gangguan keseimbangan elektrolit dapat menyebabkan kram otot, kekakuan dan rasa sakit, mual, kelelahan, pusing, sakit kepala, dan mudah marah. 

Minum air putih saja tidak dapat menggantikan elektrolit-elektrolit yang hilang selama berolahraga. Oleh karena itu karena kandungan elektrolit yang tinggi, air kelapa sangat baik dikonsumsi saat atau setelah berolahraga.

3. Rendah kalori

Secangkir air kelapa muda hanya mengandung 45 kalori, air kelapa adalah pengganti yang bagus untuk minuman berkalori tinggi seperti soda atau jus, menurut Akademi Nutrisi dan Diet. Air kelapa mengandung lebih sedikit gula dan karbohidrat daripada kebanyakan jus. 

Namun air kelapa memiliki lebih banyak mineral dan elektrolit seperti natrium dan kalium. Namun, tentu saja tidak seperti air putih, air kelapa masih mengandung kalori.

4.   Terbuat Dari bahan alami

Air kelapa sehat secara alami. Minuman olahraga kemasan yang dijual di pasaran mengandung zat tambahan makanan seperti pewarna, perasa, dan bahan buatan. Sedangkan air kelapa mengandung bahan-bahan alami dan mengandung komposisi nutrisi yang ideal untuk rehidrasi. 

Menurut sebuah artikel di American Journal of Emergency Medicine, air kelapa digunakan di daerah-daerah terpencil di dunia sebagai solusi rehidrasi intravena darurat. Proporsi nutrisi dan fakta bahwa itu keluar dari kelapa hampir steril memungkinkan untuk dimasukkan langsung ke dalam pembuluh darah.

5. Lebih baik dari Minuman Olahraga

Air kelapa memiliki lebih banyak nutrisi per sajian, 25 persen lebih sedikit kalori dan setengah gula dari minuman olahraga kemasan yang dijual di pasaran. Selain itu, air kelapa mengandung 2 gram protein per cangkir, yang dapat membantu pemulihan otot setelah latihan

Air kelapa juga mengandung lebih banyak elektrolit per sajian daripada minuman olahraga. Misalnya, dalam 1 gelas minuman olahraga ada 37 miligram kalium dan 2 miligram kalsium. Dalam porsi air kelapa dengan porsi yang sama mengandung 600 miligram kalium dan 58 miligram kalsium.

6. Mengandung antioksidan

Selain semua manfaat hidrasi, air kelapa juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas yang muncul setelah olahraga. 

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, disarankan bagi Anda yang ingin mengkonsumsi air kelapa, Anda perlu mencari air kelapa yang masih segar untuk mendapatkan minuman dengan kandungan antioksidan yang lebih tinggi. 

Karena air kelapa olahan dan panas memiliki kandungan antioksidan yang lebih sedikit.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit