ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Mengenal Lactobacillus acidophilus, si Bakteri Baik dalam Usus

Dipublish tanggal: Nov 9, 2020 Update terakhir: Nov 19, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mengenal Lactobacillus acidophilus, si Bakteri Baik dalam Usus

Ringkasan

Buka

Tutup

    • Lactobacillus acidophilus adalah probiotik atau bakteri baik yang secara alami ada di dalam tubuh manusia, terutama di usus;
    • Bakteri baik ini juga terdapat pada banyak makanan fermentasi seperti miso, kefir, tempe, kombucha, dan keju cottage;
    • Lactobacillus acidophilus mampu menciptakan lingkungan asam yang tidak disukai kuman, sehingga tubuh terlindungi dari kuman penyakit;
    • Konsumsi L. acidophilus dan probiotik lainnya bisa membantu mengurangi gejala IBS, intoleransi laktosa, hingga risiko depresi;
    • L. acidophilus juga kerap ditambahkan ke dalam suplemen. Ikuti dosis dan aturan minumnya untuk meminimalisir risiko efek samping suplemen;
    • Klik untuk mendapatkan makanan dan minuman sehat serta asupan gizi dan nutrisi lainnya ke rumah Anda di HDMall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

    Mendengar kata bakteri, mungkin yang terlintas dalam pikiran Anda adalah mikroorganisme yang sudah pasti merugikan tubuh. Hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Namun, kita juga perlu tahu ternyata ada beberapa jenis bakteri yang memberikan keuntungan bagi tubuh, lho! Salah satunya adalah Lactobacillus acidophilus

    Apa itu Lactobacillus acidophilus?

    Lactobacillus acidophilus adalah probiotik yang secara alami ada di dalam tubuh manusia, terutama di usus. Probiotik sendiri merupakan strain jamur dan bakteri hidup yang sifatnya menguntungkan. Itulah mengapa, probiotik sering disebut dengan bakteri baik.

    Iklan dari HonestDocs
    Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

    Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

    Default internal ads 4

    Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik dapat menjaga keseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat dalam usus. Dengan begitu, sistem pencernaan menjadi lebih lancar bahkan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    Baca selengkapnya: Perbedaan Probiotik dan Prebiotik yang Perlu Anda Tahu

    Manfaat Lactobacillus acidophilus untuk kesehatan

    Menurut National Cancer Institute, Lactobacillus acidophilus mampu menciptakan lingkungan asam yang tidak disukai kuman. Ternyata, cara kerja inilah yang melindungi tubuh dari paparan kuman berbahaya, sehingga tubuh tetap sehat, terutama pada sistem pencernaan.

    Selain itu, manfaat Lactobacillus acidophilus juga dilaporkan dapat membantu mengatasi kondisi-kondisi berikut:

    1. Sindrom iritasi usus (IBS)

    Sindrom iritasi usus adalah gangguan pencernaan jangka panjang yang menyebabkan diare, sembelit, hingga perut kembung. Penyebabnya masih belum diketahui, namun para ahli menduga bahwa ketidakseimbangan mikrobiota usus menjadi salah satu pemicunya. 

    Kabar baiknya, penelitian menemukan bahwa konsumsi L. acidophilus dan probiotik lainnya bisa membantu mengurangi gejala IBS. 

    Iklan dari HonestDocs
    Beli Obat Antiseptik via HDmall

    Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

    Default internal ads 31

    2. Intoleransi laktosa

    Laktosa adalah jenis gula yang ditemukan pada susu dan produk susu lainnya. Namun, beberapa orang mengalami kesulitan mencerna laktosa sehingga menyebabkan nyeri usus, diare, dan perut kembung. Kondisi ini disebut dengan intoleransi laktosa.

    Menariknya, para ahli menemukan bahwa suplemen L. acidophilus dapat membantu tubuh memetabolisme laktosa. Probiotik ini mampu memecah laktosa menjadi asam laktat pada sistem pencernaan sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Setelah 4 minggu suplementasi, penderita intoleransi laktosa mengalami penurunan gejala yang signifikan, terutama kram dan muntah-muntah.

    3. Depresi

    Tanpa disadari, sehat atau tidaknya otak manusia salah satunya dipengaruhi oleh bakteri di usus. Pasalnya, penelitian menemukan bahwa keberadaan bakteri usus dapat memengaruhi proses kimiawi otak. Jika suasana hati Anda tidak karuan dan gampang badmood, bisa jadi ada masalah dalam usus dan sistem pencernaan Anda. 

    Selain menguntungkan secara fisik, manfaat Lactobacillus acidophilus ternyata juga bisa dirasakan secara psike (mental). Studi dalam jurnal Nutrients pada 2016 mengungkapkan bahwa konsumsi probiotik seperti L. acidophilus dapat menurunkan risiko depresi. Bahkan, keberadaan bakteri baik ini bisa membantu meredam gejala depresi pada penderita.

    Baca juga: Makanan yang Dapat  Mengurangi Depresi

    Dari mana saya bisa mendapatkan Lactobacillus acidophilus?

    Lactobacillus acidophilus secara alami terdapat dalam tubuh manusia. Namun, bakteri baik ini juga terdapat pada banyak makanan fermentasi seperti miso, kefir, tempe, kombucha, dan keju cottage. Beberapa produsen juga kerap menambahkan L. acidophilus ke dalam yogurt dan produk susu lainnya.

    Iklan dari HonestDocs
    Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

    Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

    Default internal ads 4

    Baca juga: Manfaat Makanan Probiotik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

    Selain dari makanan, bakteri baik yang satu ini juga kerap ditambahkan ke dalam suplemen makanan. Klaim yang ditawarkan bermacam-macam, mulai dari mencegah infeksi jamur hingga menyembuhkan kanker.

    Meski khasiatnya tampak menggiurkan, tetap penting untuk selalu membaca daftar kandungan yang tertera pada label kemasan suplemen sebelum mengonsumsinya. Beberapa penelitian memang menunjukkan banyaknya manfaat Lactobacillus acidophilus bagi tubuh, tetapi ada juga yang mengatakan sebaliknya sehingga memerlukan penelitian lebih lanjut.

    Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen jenis apa pun. Pastikan untuk selalu mengikuti dosis dan aturan minumnya supaya meminimalisir efek samping Lactobacillus acidophilus yang mungkin terjadi dalam tubuh.

    Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult dan Probiotik Lainnya?

    10 Referensi
    Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
    10 Ways to Improve Your Gut Bacteria, Based on Science. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/nutrition/improve-gut-bacteria)
    How Your Gut Health Affects Your Whole Body. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/digestive-disorders/ss/slideshow-how-gut-health-affects-whole-body)
    Can gut bacteria improve your health?. Harvard Health. (Accessed via: https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/can-gut-bacteria-improve-your-health)

    Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Tanya Dokter

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

    Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

    Submit
    Buka di app