Jenis Yoghurt dan Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Jul 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
Jenis Yoghurt dan Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

Apakah Anda suka yogurt? Ternyata yoghurt atau olahan susu fermentasi ini memiliki manfaat penting bagi kesehatan sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Yoghurt merupakan salah satu sumber protein yang sengaja dikemas dengan kandungan probiotik. Sebagai salah satu makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi, selain berfungsi untuk membantu kesehatan pencernaan tetapi yoghurt juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Yoghurt sendiri umumnya memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya probiotik atau bakteri baik yang terbukti bermanfaat untuk melancarkan gangguan pencernaan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Probiotik juga ampuh untuk mengatasi diare, sembelit, radang usus, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kolesterol.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Tak hanya probiotik, yogurt juga mengandung protein dan kalsium yang baik untuk meningkatkan kekuatan tulang, gigi, dan otot serta mencegah osteoporosis. Dengan rutin mengonsumsi yoghurt, Anda juga bisa mendapatkan berbagai kandungan gizi lain seperti kalium, fosfor, dan magnesium yang baik bagi tubuh.

Tetapi perlu diperhatikan juga kandungan gula yang biasanya terdapat pada produk yogurt dan ada baiknya untuk mengurangi asupan tersebut serta menggantinya dengan yogurt tawar yang mungkin bisa ditambahkan dengan buah segar sebagai pengganti gula.

Baca juga: Cara Meningkatkan Bakteri Baik Dalam Saluran Pencernaan

Berbagai Jenis Yoghurt dan Kandungan Baik Untuk Dikonsumsi

Ada berbagai jenis olahan yogurt, selain bisa dikonsumsi secara langsung yogurt bisa juga dijadikan sebagai bahan makanan tambahan. Tetapi untuk mengetahui jenis yogurt yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda, maka berikut ini jenis yoghurt beserta kandungan di dalamnya yang baik untuk dikonsumsi:

Yogurt rendah lemak dengan jumlah kalori rendah

Pada dasarnya yogurt rendah lemak juga mempunyai jumlah kalori lebih sedikit, tetapi yogurt rendah lemak justru memiliki gula yang lebih tinggi. Rasa yogurt rendah lemak memang tidak senikmat yogurt lainnya karena kandungan lemaknya yang rendah.

Yogurt tinggi lemak dengan jumlah kalori tinggi

Yogurt tinggi lemak cenderung memiliki kandungan kalori yang juga tinggi, tetapi yogurt jenis ini memiliki kandungan berupa lemak trans alami seperti lemak trans dalam makanan olahan sehingga tetap aman bagi tubuh. Yogurt jenis ini juga dapat mengurangi peradangan dan mengontrol tekanan darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Selain kandungan lemak dan kalori pada yoghurt yang perlu diperhatikan, tetapi ada pula jenis yoghurt yang dapat dijadikan piihan, yaitu:

Yogurt tradisional dengan tekstur lembut dan halus

Yogurt tradisional dibuat dari bahan skim dan susu murni dengan kandungan protein yang cukup banyak dan rendah lemak. Walau begitu, yogurt tradisional memiliki rasa yang sangat enak dan cocok untuk dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa.

Greek yogurt memiliki tekstur lebih kental

Greek yogurt (yogurt Yunani) memiliki tekstur yang jauh lebih kental dan dilengkapi dengan kandungan laktosa dan whey yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis yogurt tradisional. Greek yogurt juga sangat tepat untuk dikonsumsi oleh mereka yang mempunyai intoleransi laktosa karena kandungan proteinnya yang lebih banyak.

Non-dairy yogurt dengan kandungan laktosa

Bagi mereka yang memiliki alergi terhadap produk olahan susu, maka yogurt non-susu dapat menjadi alternatif pilihan karena non-dairy yoghurt (yogurt non-susu) terbuat dari bahan kelapa, almond, ataupun kacang kedelai. Kandungan laktosa juga terdapat dalam yogurt jenis ini dan kandungan rendah lemak yang terbuat dari tumbuhan sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

Yogurt susu domba atau susu kambing

Bahan dasar yogurt jenis ini bisa diperoleh dari susu kambing, susu domba, susu sapi, ataupun susu kambing. Walau kandungan susu kambing atau domba mengandung laktosa namun ada juga orang yang tidak bisa mentoleransinya yogurt jenis ini.

Yogurt kefir yang sudah difermentasi

Yogurt yang sudah difermentasi dikenal memiliki kalsium, protein, vitamin D, dan mineral yang tinggi. Sistem pencernaan sehat diisi dengan kandungan probiotik yang tinggi, termasuk yogurt kefir yang mempunyai proses fermentasi yang cukup panjang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan yogurt sebagai pilihan makanan yang sehat untuk dikonsumsi dengan berbagai jenis pilihan serta kandungan di dalamnya.

Selain Menjaga Kesehatan Pencernaan, Berikut Manfaat Yogurt Lainnya

Umumnya yogurt dikenal bermanfaat sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jika saluran pencernaan berjalan lancar, maka metabolisme tubuh pun akan bekerja dengan optimal. Namun tak hanya itu, yoghurt yang juga mengandung bakteri baik juga mengandung berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Sebagai contoh, yogurt dipercaya memiliki manfaat sangat baik untuk menjaga kesehatan Miss V. Infeksi maupun masalah yang sering terjadi pada organ intim wanita bisa diredakan dengan mengonsumsi yogurt secara teratur. Selain itu, yogurt juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah serta baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet.

Bagi ibu hamil, yogurt juga berguna untuk meningkatkan kandungan kalsium pada tubuh, mencegah sembelit, mengurangi resiko terjadi komplikasi pada tubuh, dan menjaga berat badan ideal. Karena itu, pada trimester pertama ibu hamil sering dianjurkan untuk mengonsumsi yogurt. Tentu hal ini dilakukan agar kondisi ibu hamil dan janin selalu dalam kondisi yang sehat.

Selain beberapa manfaat di atas, yoghurt juga dapat digunakan untuk:

  • Menurunkan kadar tekanan darah
  • Menurunkan kadar koleseterol darah
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Mengurangi risiko infeksi dalam tubuh
  • Meningkatkan kesehatan usus

Baca juga: Yoghurt Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yogurt. Harvard T.H. Chan School of Public Health. (Accessed via: https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/yogurt/)
The Benefits of Yogurt. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/food-recipes/features/benefits-yogurt#1)
7 Impressive Health Benefits of Yogurt. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/nutrition/7-benefits-of-yogurt)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app