Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Makanan dan Diet Sehat

Manfaat Makanan Probiotik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 632.045 orang

Manfaat Makanan Probiotik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh atau sistem imun berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan agar tidak mudah terserang penyakit, imunitas tubuh harus terjaga dengan baik. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh tersebut, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik agar sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Manfaat probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme atau bakteri baik yang sengaja dikembangbiakkan sebagai suplemen makanan untuk dikonsumsi dan bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi kesehatan. Tetapi agar tidak berdampak sebaliknya, Anda harus mengonsumsinya dengan jumlah yang seimbang.

Di dalam setiap tubuh manusia terdapat berbagai jenis bakteri, entah itu bakteri baik atupun bakteri buruk. Meskipun bakteri selalu dianggap tidak berguna bagi tubuh, tetapi bakteri baik sangat bermanfaat terutama untuk menjaga kesehatan usus dan melancarkan sistem pencernaan. Bakteri baik ini pun dapat merangsang penyerapan nutrisi sehingga memudahkan tubuh dalam memproses vitamin dan mineral

Baca juga: 6 Manfaat Probiotik Bagi Tubuh

Selain itu, probiotik (bakteri baik) juga dikenal dengan sifat detoksifikasi yang dimilikinya serta dapat ikut membantu membersihkan racun dan bahan kimia yang berada di dalam tubuh. 

Fungsi utama probiotik sendiri adalah membantu menjaga agar pencernaan tetap sehat. Pada saluran pencernaan biasanya terdapat berbagai bakteri usus dan ragi yang secara kolektif dikenal sebagai flora usus. Untuk menjaga agar sistem penceraan berfungsi dengan baik, maka flora usus harus seimbang

Dalam kondisi pencernaan yang sehat atau normal, bakteri baik di usus harus lebih banyak daripada bakteri jahat. Untuk itulah dibutuhkan probiotik yang dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan, membantu penyerapan nutrisi makanan yang masuk ke tubuh sekaligus meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Peran probiotik dalam meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan menjaga keseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat dalam sistem pencernaan, hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan kekuatan dan efisiensi sistem kekebalan tubuh. Karena bakteri probiotik dapat menghambat reproduksi dan kelangsungan hidup patogen berbahaya di usus serta dapat membantu mengatur jumlah antibodi yang ada pada usus. 

Dengan jumlah antibodi yang cukup serta keseimbangan bakteri pada saluran pencernaan, hal ini akan menjadikan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan siap untuk melawan penyakit, termasuk beberapa gangguan autoimun, seperti rheumatoid arthritis, Crohn’s Disease, dan ulcerative colitis yang lebih sering terjadi ketika tingkat bakteri baik dan buruk tidak seimbang sehingga diperlukan probiotik untuk dapat membantu mengatur homeostasis (keseimbangan) pada usus.

Selain itu, beberapa jenis probiotik dikenal dapat membantu memproduksi antibodi alami dalam tubuh yang bekerja dengan cara meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh termasuk sel-sel natural killer serta sel-sel yang memproduksi Ig-A dan limfosit T.

Dengan mengonsumsi makanan probiotik, hal ini dipercaya sebagai salah satu kunci hidup sehat, karena bakteri baik yang terkandung di dalamnya memiliki peranan untuk membantu fungsi berbagai organ tubuh bekerja dengan lebih baik serta memberikan manfaat pada kesehatan tubuh, seperti bakteri yang biasanya ada di usus membantu mencerna makanan, menghancurkan mikroorganisme penyebab penyakit, serta memproduksi vitamin alami dalam tubuh.

Sumber probiotik

Ada banyak bakteri yang termasuk dalam kategori probiotik, salah satunya adalah bakteri lactobacillus yang sudah dikenal sebagai bakteri baik untuk saluran pencernaan. Sumber probiotik sendiri bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan, minuman, ataupun suplemen tertentu. Tetapi agar tetap aman dikonsumsi, perhatikan kemasan produk suplemen dan kandungan yang terdapat di dalamnya, jika Anda ragu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik, antara lain susu, yoghurt, keju, kefir, maupun buttermilk. Selain itu, probiotik juga dapat diperoleh dari tempe, susu kedelai, granola, jamur, tiram, kacang almond, ubi, kimchi, bayam, dan brokoli.

Baca juga: Makanan yang Baik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Referensi

Medical News Today. (2018). Probiotic foods: What to know

Healthline. (2016). 8 Health Benefits of Probiotics

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit