Manfaat & Khasiat Ampuh Teh Oolong

Anda bisa mendapat khasiat kesehatan tanpa mendapatkan banyak efek samping yang berkaitan dengan bahan-bahan kimia dan sintetik.Supaya lebih paham dengan manfaat teh Oolong dan efek sampingnya terhadap kesehatan, maka anda perlu menyimak penjelasan berikut ini.
Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 4, 2019 Waktu baca: 2 menit
Manfaat & Khasiat Ampuh Teh Oolong

Tradisi minum teh menjadi salah satu kegiatan yang telah dilakukan sejak lama, khususnya di kawasan Asia oriental. Salah satu kebudayaan tersebut berkembang secara turun temurun di China dan Jepang. 

Negara-negara tersebut memiliki koleksi jenis teh dan bahkan berbagai jenis seduhan yang berasal dari tanaman dan bunga-bunga tertentu. Jenis teh yang kini datang dari dataran Tiongkok ke Indonesia adalah teh Oolong.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Teh Oolong menjadi salah satu jenis teh yang mulai dikenal di Indonesia, meskipun tidak sepopuler teh jenis lainnya seperti teh hijau, putih atau teh merah. Namun sudah memiliki tempat tersendiri bagi penikmat teh di Indonesia.

Selain alasan karena kebudayaan turun temurun, maka alasan lain dari tradisi minum teh ini adalah berkhasiat untuk kesehatan setiap penikmatnya. Sehingga Anda bisa mendapat khasiat kesehatan tanpa mendapatkan banyak efek samping yang berkaitan dengan bahan-bahan kimia dan sintetik.

Supaya lebih paham dengan manfaat teh Oolong dan efek sampingnya terhadap kesehatan, maka anda perlu menyimak penjelasan berikut ini.

Manfaat teh oolong

Teh Oolong sebagai salah satu jenis teh yang kaya dengan antioksidan, zat flavonoid dan polyphenol. Kandungan baik tersebut memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang mengakibatkan risiko penyakit kronis seperti kanker.

Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam teh Oolong bermanfaat untuk mencegah berbagai kondisi kesehatan tertentu. Inilah beberapa manfaat yang bisa anda peroleh berikut ini.

1. Menekan kolesterol

Anda dapat menikmati teh Oolong di berbagai kesempatan seperti sore hari atau di waktu santai. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam secangkir teh Oolong dipercaya dapat menjaga kadar kolesterol anda menjadi lebih stabil. Hasil yang baik akan anda peroleh ketika dikonsumsi secara rutin dan dibarengi dengan menghindari makanan atau minuman yang dapat meningkatkan resiko kolesterol.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

2. Membantu mengurangi resiko penyakit ovarium

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa meminum teh secara rutin dapat menurunkan resiko terkena kanker di area rahim wanita atau ovarium. Dengan demikian anda bisa mulai menikmati teh Oolong untuk mengurangi resiko penyakit di area khusus wanita.

3. Pengontrol gula darah dan darah tinggi

Kadar glukosa yang dimiliki para penderita diabetes memang selalu tinggi apabila tidak dikontrol secara rutin. Meminum teh Oolong diyakini baik untuk kesehatan yang berkaitan dengan gula darah

Apabila teh Oolong digunakan sebagai pendamping obat diabetes maka diyakini dapat berakibat baik terhadap gula darah yang lebih seimbang. 

Kemudian hal yang sama juga berlaku bagi pengidap darah tinggi. Sebuah penelitian yang dilakukan di China menjelaskan bahwa mengonsumsi teh Oolong secara teratur dapat menurunkan 50% resiko darah tinggi.

4. Membantu penyembuhan alergi kulit

Antioksidan dalam teh Oolong ternyata berkhasiat untuk membantu pemulihan alergi kulit. Salah satunya adalah Dermatitis Atopik, eksim dan alergi kulit lainnya.

5. Menurunkan berat badan dan mencegah osteoporosis

Kepadatan tulang yang lebih baik ternyata dimiliki oleh para peminum teh Oolong secara rutin. Selain itu juga berdampak baik terhadap kegiatan metabolisme tubuh yang berkhasiat membantu anda dalam proses penurunan berat badan.

Kemungkinan efek samping yang timbul

Meskipun teh Oolong bersifat alami, namun bisa saja anda akan mengalami efek samping akibat kelebihan jumlah kafein di dalam tubuh. Beberapa efek samping yang bisa timbul adalah kesulitan tidur, iritasi, diare sampai muntah dan bahkan mengalami gejala kejang

Dengan demikian anda harus mengawasi konsumsi teh Oolong tetap berada pada batas wajar.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Oolong Tea: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/oolong_tea/supplements.htm)
Oolong tea: Health benefits and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319276)
Oolong tea polysaccharide and polyphenols prevent obesity development in Sprague–Dawley rats. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6303733/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app