Perawatan Tubuh

Ini Manfaat Pedikur Bagi Kesehatan Kaki

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 1 menit
Ini Manfaat Pedikur Bagi Kesehatan Kaki

Tidak hanya tubuh dan wajah, kuku kaki pun perlu Anda perhatikan kesehatannya dengan melakukan perawatan secara rutin. Pasalnya, pedikur atau perawatan kaki dan kuku kaki tidak hanya memberikan Anda kuku yang cantik, tapi juga memberikan manfaat kesehatan.

Berikut ini Manfaat Kesehatan dari Melakukan Pedikur: 

1. Pedikur membantu mencegah terjadinya infeksi

Jika Anda jarang mengoleskan pelembap pada kaki, pedikur dapat membantu menambah kelembapan kulit. Manfaat dari kulit kaki yang lebih lembap adalah terhalaunya kondisi tumit kaki pecah-pecah serta bahaya infeksi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

2. Mengangkat dan mencegah terjadinya callus

Kondisi callus atau mengerasnya kulit dapat diatasi jika Anda rutin mengoleskan pelembap di area kaki. Dengan melakukan pedikur, callus yang merupakan mekanisme tubuh untuk melindungi diri dari gesekan dan tekanan yang diterima, terutama di bagian kaki, kulit kaki Anda dapat terhindar dari luka atau peradangan yang tidak nyaman serta merusak kulit.

3. Merawat kaki mengingatkan Anda untuk rajin menjaga gaya hidup agar lebih sehat

Pijatan pada kaki seringkali dipercaya dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dari kaki kembali ke jantung. Meski belum tentu benar, namun pijatan kaki memang dapat membuat orang yang merasakannya menjadi lebih segar, sehingga kaki kembali mendapatkan energinya dan bisa beraktivitas secara aktif dan melancarkan sirkulasi darah di seluruh tubuh.

4. Membantu menjaga kesehatan persendian

Pijatan dan rendaman kaki dalam air hangat dapat membantu menyehatkan sendi-sendi tubuh. Dengan menerima pijatan pada kaki, Anda sedang memicu terjadinya gerakan menyeluruh pada tubuh dan membantu mengurangi kekakuan. Merendam kaki dalam air hangat juga dapat membantu meredakan stres yang dialami persendian dan meredakan sakit di bagian-bagian tubuh samping untuk sementara waktu.

Meski banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari pedikur, pedikur juga dapat berisiko mencelakai orang yang melakukannya jika tidak ditangani oleh profesional dengan alat yang tidak memadai. Selalu pergi ke salon dan spa yang terpercaya agar kaki Anda pun menerima manfaat dari perawatan pedikur. Jaga juga kebersihan kuku dan kulit kaki, dan jangan terlalu memakai pewarna kuku bagi para wanita agar Anda tidak berpotensi terkena onychomycosis atau jamur pada kuku.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Women’s Foot and Nail Care: Tips for Healthy, Sexy Feet. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/features/foot-cream-toenail#1)
How to Keep Your Feet Healthy: Tips, Exercises, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/tips-for-healthy-feet-footwear-hygiene)
How a Pedicure Transformed My Relationship with My Psoriasis. Healthline. (https://www.healthline.com/health/psoriasis/going-to-nail-salon-for-pedicure-self-care#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app