Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR AHMAD MUHLISIN
Makanan dan Diet Sehat

Aneka Manfaat Buah Plum Hitam Bagi Kesehatan

Update terakhir: Mar 21, 2019 Tinjau pada Jul 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.002.359 orang

Aneka Manfaat Buah Plum Hitam Bagi Kesehatan

Saat ini kepopuleran buah plum semakin meroket. Di pasaran pun kehadirannya kian mudah ditemukan. Salah satu jenisnya, yakni plum hitam. Meski lebih jarang ditemukan dibandingkan plum merah, namun manfaatnya tak kalah menawan. Lantas, apa saja manfaat buah plum hitam bagi kesehatan tubuh juga kecantikan kulit? Berikut uraiannya.

Inilah beragam manfaat buah plum hitam yang begitu menawan

Buah yang tergolong genus Prunus ini tak hanya menawarkan cita rasa unik nan khas, namun memiliki sejumlah nutrisi yang teramat baik bagi kesehatan. Sebut saja, vitamin A, C, E yang tergolong sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan berbagai agen infeksi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Untuk yang bermasalah dengan gula darah maka tak perlu khawatir. Serupa dengan kerabatnya, buah plum hitam juga hanya mengandung sedikit kalori dengan tanpa lemak jenuh. Justru serat larut yang terkandung didalamnya terbukti mampu menjaga kadar gula agar tetap stabil.

Lebih jauh, simak berbagai manfaat buah plum hitam berikut ini:

1. Obat Alami Sembelit

Buah plum hitam dibekali senyawa sorbitol dan isatin yang bermanfaat dalam membantu mengatur kelancaran fungsi sistem pencernaan dan meredakan masalah sembelit. Oleh karena itu, masukkan buah plum ke dalam menu diet sehat sehari-hari guna mempertahankan kebiasaan buang air besar secara teratur.

2. Membantu Mencegah Osteoporosis

Bagi wanita yang lebih rentan mengalami osteoporosis, cobalah untuk mulai rutin mengonsumsi plum hitam setiap harinya. Ini karena di dalam buah plum hitam terkandung banyak senyawa flavonoid termasuk asam caffeic dan rutin serta beberapa mineral seperti boron dan kalium yang memainkan peran penting dalam osifikasi dan pencegahan tulang keropos akibat berkurangnya hormon estrogen maupun progesteron.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat buah plum hitam lainnya yang dapat dirasakan adalah kemampuannya dalam membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini lantaran buah plum hitam mengandung mineral penting seperti besi dan tembaga yang berperan aktif dalam pembentukan sel darah merah sekaligus memfasilitasi pemurnian darah juga sirkulasi darah yang sehat.

Baca juga: Cara Alami Melancarkan Sirkulasi Darah

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

4. Menjaga Keseimbangan Asam-Basa Tubuh

Plum hitam kaya akan kalium, salah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu mengatur kontraksi otot dan keseimbangan asam-basa tubuh. Kalium juga digunakan oleh sistem saraf otonom yang berperan sebagai pengendali detak jantung, fungsi otak dan proses fisiologi penting lainnya. Selain dalam buah plum, kalium juga banyak ditemukan pada buah pisang, alpukat, jeruk, daging, susu serta kacang-kacangan.

5. Menurunkan Risiko Degenerasi Makula

Buah plum hitam merupakan salah sumber vitamin A dan beta-karoten yang sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan mata dan pencegahan degenerasi makula terkait usia yang dapat menyebabkan kebutaan ireversibel. Senyawa karotenoid didalamnya pun seperti lutein dan zeaxanthin turut aktif berperan dalam melindungi jaringan mata dari kerusakan akibat paparan radiasi sinar UV berlebih.

6. Mempertahankan Sistem Saraf yang Sehat

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah plum hitam secara teratur dapat membantu mencegah kedatangan gangguan neurodegeneratif terkait usia, seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Buah plum hitam juga memiliki kandungan vitamin B6 dan asam amino triptofan yang berperan penting dalam transmisi sinyal saraf dan produksi neurotransmitter serotonin.

7. Baik untuk Penderita Diabetes

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wakayama Medical University, Jepang dan dipublikasikan dalam Biomedical Research Journal menunjukkan bahwa konsumsi buah plum dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan trigliserida dalam tubuh. Kandungan flavonoid didalamnya juga diketahui dapat memberikan efek perlindungan terhadap resitensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Vitamin A, C, E dan berbagai senyawa antioksidan lainnya dalam buah plum hitam mampu berperan sebagai perisai alami tubuh dalam melindungi asam lemak tak jenuh dan membran sel dari serangan radikal bebas. Hingga memungkinkan tubuh dalam melawan tanda-tanda penuaan dini seperti kulit keriput dan rambut rontok.

Itulah beberapa manfaat buah plum hitam yang begitu menawan hati. Untuk memetik beragam manfaatnya, buah plum hitam dapat dimakan langsung dalam keadaan segar secara teratur setiap hari atau dikonsumsi dengan cara lain seperti dijelaskan berikut: cara memakan buah plum

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit