Beragam Manfaat Air Kelapa yang Sayang Dilewatkan

Dipublish tanggal: Okt 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Nov 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Beragam Manfaat Air Kelapa yang Sayang Dilewatkan

Air putih dikenal sebagai minuman terbaik untuk mengembalikan cairan tubuh dengan cepat, terutama setelah tubuh melakukan aktivitas fisik yang berat yang menyebabkan dehidrasi. Namun ternyata ada satu jenis air yang tak kalah bermanfaat bagi tubuh, yakni air kelapa. Selain memenuhi kebutuhan cairan, ternyata ada masih banyak manfaat air kelapa yang penting Anda ketahui. Apa saja?

Apa saja kandungan nutrisi dalam air kelapa?

Air kelapa biasanya dikonsumsi setelah berolahraga, tujuannya untuk menggantikan cairan yang hilang selama olahraga. Tak hanya itu, air kelapa ini juga disarankan untuk dikonsumsi bagi orang sakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Orang yang sedang sakit akan mengalami proses pemulihan yang lebih cepat dengan bantuan air kelapa. Tidak perlu sakit ataupun menjalani olahraga, Anda juga bisa mengonsumsi air kelapa untuk menghilangkan dahaga, terutama saat kondisi cuaca sedang panas. 

Jenis kelapa yang dikonsumsi oleh masyarakat biasanya ialah kelapa muda yang baru berusia 6 hingga 7 bulan. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, ternyata air kelapa muda juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Di dalam air kelapa terkandung vitamin C, protein, karbohidrat, kalsium, dan serat. Berbagai vitamin ini dibutuhkan tubuh untuk menjadi lebih sehat dan bugar kembali. 

Air kelapa juga saat ini bisa Anda temukan di berbagai tempat, bahkan ada juga yang mencampurnya dengan buah lain. Namun, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi air buah kelapa muda yang masih murni. Nutrisi yang terkandung dalam air kelapa murni masih sangat banyak dan belum terkontaminasi.

Baca Juga: 6 Manfaat Minum Air Kelapa Muda Saat Buka Puasa

Air kelapa lebih bermanfaat dibanding jus buah 

Mungkin Anda pernah mengira bahwa jus buah juga memiliki kandungan gizi yang lengkap dari buah aslinya. Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa jus buah memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Namun, dibandingkan dengan jus buah dan minuman lainnnya, ternyata kandungan air kelapa muda justru lebih memberikan banyak manfaat. Berikut manfaat air kelapa muda bila dibandingkan dengan minuman lain, di antaranya:

  • Air kelapa muda memiliki elektrolit alami yang dapat mencegah tubuh dari dehidrasi
  • Memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan jus buah
  • Kandungan gula yang rendah, sehingga cocok diminum bagi para penderita diabetes

Dengan berbagai kandungan yang ada dalam air kelapa ini, maka tak heran jika elektrolin yang hilang akan kembali terisi, sehingga tubuh Anda kembali bugar. Air kelapa muda juga baik dikonsumsi bagi Anda yang terkena diare

Baca Selengkapnya: Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil Muda & Hamil Tua

Manfaat air kelapa dibandingkan dengan air putih

Setiap orang harus mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Namun, jika dibandingkan dengan air putih, ternyata air kelapa muda juga memiliki manfaat yang tak kalah luar biasa. Berikut keunggulan dan manfaat air kelapa muda daripada air putih, yaitu:

1. Menurunkan tekanan darah

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi, maka sangat disarankan untuk rutin minum air kelapa. Pasalnya, air kelapa mengandung kalium dalam jumlah yang tinggi. Semakin terpenuhi asupan kalium dalam tubuh, maka Anda bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

2. Mencegah pembentukan batu ginjal

Adanya batu ginjal pada tubuh dapat membuat kinerja ginjal menjadi menurun. Akibatnya, hal ini dapat membuat fungsi organ dan tubuh secara keseluruhan juga semakin melemah.

Untuk mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal, Anda bisa mengonsumsi air kelapa secara rutin. Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu menurunkan risiko terjadinya batu ginjal.

3. Mengurangi risiko gangguan jantung

Kabar baik bagi Anda yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung, Anda bisa mencoba minum air kelapa secara rutin. Air kelapa diketahui dapat menurunkan kolestron dan trigliserida yang mampu mengurangi risiko gangguan jantung. 

Amankah air kelapa untuk penderita diabetes?

Bagi anda penderita diabetes, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi. Tenang, air kelapa bisa menjadi salah satu minuman terbaik akrena kadar gulanya tidak tinggi. 

Meskipun memiliki banyak manfaat, perlu diketahui bahwa air kelapa tetap tidak bisa menggantikan fungsi air putih. Tubuh tetap perlu mengonsumsi air putih agar tubuh tetap sehat dan bugar setiap harinya. Jadi, tetap seimbangkan konsumsi air putih bila Anda ingin minum air kelapa, ya!

Baca Juga: Air Kelapa Memang Sehat, Tapi Bahaya Jika Diminum Terlalu Banyak

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Coconut Water Nutrition Facts: Calories, Carbs and Health Benefits. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/coconut-water-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4110619)
7 health benefits of coconut water. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/318394)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app