Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Sendi

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Sendi

Menderita nyeri sendi tentu tidak nyaman dan mengganggu. Nyeri sendi biasanya dirasakan oleh anda yang sudah berumur maupun yang senang berolahraga fisik seperti jogging, berenang, dan senam aerobic. 

Bagi anda yang sering mengalami nyeri sendi, tidak cukup mencegah nyeri sendi dengan mengkonsumsi suplemen yang didesain khusus untuk mengobati sendi, namun asupan makanan yang tepat juga dibutuhkan untuk mencegah nyeri sendi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Otot, Tulang dan Sendi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 14

Asupan makanan yang anda butuhkan adalah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Radikal bebas dapat membuat sendi bermasalah. 

Makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A dan Vitamin E kaya akan antioksidan. Selain antioksidan, makanan seperti ikan yang kaya akan lemak esensial Omega 3 juga dibutuhkan untuk membantu mengatasi permasalahan sendi seperti pembengkakan

Makanan mengandung vitamin D juga dibutuhkan karena berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi.

1. Cabe Merah

Cabe merah terkenal mengandung capsaisin yang membuat sensasi pedas ketika dikonsumsi. Namun siapa sangka bahwa buah pedas ini kaya akan vitamin C yang membantu tubuh untuk memproduksi kolagen

Kesehatan sendi dapat terbantu oleh keberadaan vitamin C karena kolagen yang terbentuk merupakan bagian penting dari tulang lunak, ligamen dan tendon. 

Ketiga bagian ini bermanfaat untuk merekatkan sendi dan juga sebagai bantalan sendi. Makanan lain selain cabe merah yang kaya akan vitamin C seperti tomat, nanas dan jeruk bisa menjadi pilihan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

2. Oatmeal

Saat beraktivitas fisik akan membuat otot dan tulang tubuh menjadi semakin kuat karena terlatih. Hanya saja saat anda berlatih fisik, sendi anda akan mengalami penegangan karena tarikan. 

Oleh karena itu anda membutuhkan makanan yang dapat menyembuhkan dan memulihkan peradangan pada sendi. Makanan gandum utuh (whole grain) seperti oatmeal bermanfaat tidak hanya sebagai sumber energi bagi tubuh namun juga untuk meringankan efek peradangan. 

Oleh karena itu bagi anda yang senang berlatih fisik seperti berolahraga, anda lebih baik mengkonsumsi oatmeal yang diimbangi dengan makanan sehat seperti buah ketimbang konsumsi nasi goreng.

3. Kunyit

Kunyit merupakan jenis rempah-rempah yang banyak dipakai sebagai pelengkap bumbu masakan di dapur. Kunyit juga kerap dipilih sebagai produk jamu tradisional karena manfaatnya yang besar bagi kesehatan tubuh. 

Kandungan khas yang terdapat dalam kunyit adalah kurkumin. Kurkumin bermanfaat sebagai anti-inflamasi atau anti peradangan seperti ibuprofen yang dapat membantu meredakan nyeri pada lutut. Selain kunyit, anda dapat mengkonsumsi kayu manis atau jahe untuk menggantikannya.

4. Buah ceri

Buah ceri merupakan buah kecil yang terkadang memiliki rasa sedikit masam. Ceri memiliki warna tajam dikarenakan kandungan zat kimia yang diproduksi secara alami yaitu anthocyanins. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Otot, Tulang dan Sendi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 14

Buah ceri segar maupun buah ceri yang telah dijus telah dikenal sebagai obat untuk peradangan. Buah ceri juga bermanfaat untuk meredakan sakit pinggang seperti encok

Selain buah ceri, anda juga dapat meringankan sakit sendi dengan mengkonsumsi buah yang berwarna tajam seperti buah delima, blueberry, blackberry.

5. Salmon

Ikan salmon kaya akan asam lemak esensial seperti Omega 3 yang bermanfaat untuk meringankan radang persendian. Selain omega 3, namun ikan salmon juga mengandung vitamin D dan kalsium yang membantu menjaga kesehatan tulang. 

Selain salmon, makanan seperti susu dan yoghurt juga kaya akan kalsium dan vitamin D.

6. Kacang walnut

Selain ikan salmon, kacang walnut juga kaya akan omega 3 dan asam lemak lain yang baik bagi tubuh. Omega 3 baik untuk membantu mengurangi efek radang pada persendian.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Best Foods to Help Relieve Your Joint Pain. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/the-best-food-to-help-relieve-your-joint-pain/)
Foods for Your Joints: Cherries, Oatmeal, Salmon, Walnuts, Kale, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/arthritis/features/joints-food#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app