Tak Hanya Wortel, Ini Ragam Makanan Sumber Vitamin A Terbaik

Dipublish tanggal: Des 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tak Hanya Wortel, Ini Ragam Makanan Sumber Vitamin A Terbaik

Saat diminta untuk menyebutkan makanan mengandung kaya vitamin A, hal pertama yang terlintas di benak Anda mungkin adalah wortel. Umbi berwarna oranye dengan tekstur renyah ini memang mengandung vitamin A yang tinggi. Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata masih ada banyak makanan sumber vitamin A lainnya yang tak kalah bermanfaat nan lezat? 

Makanan sumber vitamin A terbaik

Vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Di dalam vitamin A terdapat senyawa yang dikenal dengan beta karoten yang merupakan antioksidan. Senyawa tersebut berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat berujung pada penyakit kronis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Vitamin A terdiri dari 2 jenis, yaitu retinol dan beta karoten. Retinol merupakan vitamin A yang bersumber dari produk hewani, sedangkan beta karoten merupakan vitamin A yang bersumber dari produk nabati.

Beberapa produk hewani yang mengandung kaya vitamin A antara lain:

1. Hati kalkun

Hati kalkun termasuk makanan sumber vitamin A yang patut Anda coba. Pasalnya, setiap 100 gram hati kalkun mampu memenuhi 1.507% kebutuhan vitamin A harian Anda. Tiap 100 gram hati kalkun juga mengandung 273 kalori.

2. Hati sapi

Hati sapi bukan hanya memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, namun juga vitamin C. Apabila Anda mengonsumsi 100 gram hati sapi, maka Anda akan mendapatkan 300% dari kebutuhan vitamin A harian. Setiap 100 gram hati sapi juga mengandung 135 kalori.

3. Susu

Secangkir susu mengandung beberapa zat-zat yang baik untuk tubuh, seperti kalsium, protein, vitamin D, dan juga vitamin A. Susu juga mengandung lemak yang baik apabila dikonsumsi dalam porsi yang tidak berlebih.

4. Keju

Produk hasil fermentasi dari susu ini mengandung vitamin A nabati dan hewani. Setiap 100 gram keju yang Anda konsumsi mengandung sekitar 227 mikrogram retinol dan 128 mikrogram beta karoten.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

5. Minyak ikan kod

Minyak hati ikan kod umumnya dikonsumsi sebagai suplemen yang kaya akan vitamin dan mineral. Satu sendok makan minyak ikan cod cukup untuk melengkapi kebutuhan vitamin A harian dan mengandung 126 kalori.

Sementara itu, produk nabati yang tinggi akan kandungan vitamin A adalah:

6. Butternut squash

Butternut squash adalah salah satu jenis labu yang dikenal sebagai makanan super karena kandungan nutrisi yang dimilikinya, salah satunya adalah beta karoten. Satu cangkir butternut squash akan mencukupi kebutuhan vitamin A harian Anda hingga 400%. 

7. Sawi hijau

Jika dibandingkan dengan sayuran hijau lainnya, sawi hijau termasuk makanan sumber vitamin A dan nutrisi tinggi lainnya. Makan sawi hijau dapat membantu memenuhi 118% kebutuhan vitamin A harian Anda. 

Tak hanya itu, sawi hijau juga banyak mengandung kalsium, folat, serat, mangan, dan antioksidan.

8. Kacang polong

Kacang polong mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang tinggi. Setiap 1,5 cangkir atau setara dengan 345 gram kacang polong  dapat memberikan asupan vitamin A hingga 134% dari yang dibutuhkan tubuh Anda setiap hari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

9. Bayam

Jika Anda mengonsumsi satu cangkir atau sekitar 230 gram bayam, Anda sudah dapat memenuhi 49% kebutuhan vitamin A harian Anda. Sayuran bayam juga kaya akan kandungan mangan, kalsium, zat besi, dan vitamin C.

10. Wortel

Satu umbi wortel akan memberikan Anda 200% vitamin A yang dibutuhkan setiap hari. Wortel juga mengandung vitamin lain serta serat dalam jumlah yang banyak, sehingga baik untuk pencernaan.

11. Paprika

Satu sendok paprika dapat membantu memberikan 69% asupan vitamin A dalam tubuh. 

Baca Juga: Apa Dampak Kekurangan Vitamin A?

Manfaat vitamin A bagi kesehatan

Setelah mengetahui berbagai makanan sumber vitamin A, Anda mungkin bertanya-tanya seberapa penting vitamin A bagi kesehatan. Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, ada banyak manfaat vitamin A lainnya, antara lain:

1. Melancarkan peredaran darah

Kandungan retinol dan asam retinoat pada vitamin A dapat membantu melancarkan peredaran darah. Tak hanya itu, manfaat vitamin A juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pembuluh darah sehingga dapat mencegah timbulnya peradangan dalam tubuh.

2. Memperbaiki fungsi reproduksi

Memenuhi kebutuhan vitamin A sangat penting bagi para pria dan wanita. Pasalnya, vitamin A ternyata dapat membatnu mengoptimalkan pembentukan sperma serta menjaga kesehatan indung telur. Hal ini sangat baik bagi kesehatan organ reproduksi Anda.

3. Menjaga kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang ada pada vitamin A dapat melindungi tubuh dari racun yang dibawa oleh radikal bebas dari makanan, obat-obatan, dan kondisi cuaca.

4. Menyehatkan mata

Anda tentu sudah lama tahu bahwa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan retinol pada vitamin A mampu mengoptimalkan kerja mata Anda saat menangkap objek dan cahaya hingga diterima oleh retina secara akurat dan tepat.

Vitamin A memang paling baik didapatkan melalui sumber makanan alami. Namun, Anda juga boleh saja minum suplemen vitamin A, asalkan sudah konsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui jenis dan jumlah suplemen yang tepat sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Vitamin A untuk Balita: Perlukah?

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Best Foods High in Vitamin A to Add to Your Diet. Eat This, Not That. (https://www.eatthis.com/best-foods-for-vitamin-a/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app