Makanan dan Minuman Pereda Sakit Tenggorokan

Dipublish tanggal: Sep 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Saat tenggorokan sakit rasanya pasti tidak enak untuk makan. Semuanya terasa sakit meskipun hidangan yang disajikan adalah makanan favorit. Tetapi yang namanya makan tetap diperlukan. 

Ketika mengalami tenggorokan sakit, maka yang mesti dilakukan adalah memilih dan memilah makan yang tepat dan sesuai. Pemilihan makanan yang tepat juga bisa membantu penyembuhan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Beberapa jenis makanan yang dapat dimakan untuk Anda yang mengalami sakit tenggorokan adalah makanan yang lembut dan buah-buahan. Makanan dan buah-buahan yang lembut serta bernutrisi akan mengurangi rasa sakit dan iritasi pada tenggorokan. Selain itu makanan dan minuman yang hangat juga membantu memberikan rasa nyaman pada tenggorokan.

Makanan dan minuman untuk meredakan sakit tenggorokan

Makanan yang bertekstur lembut dan mudah ditelan sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami sakit tenggorokan. Meminum minuman yang hangat juga berperan penting untuk proses penyembuhan. Untuk itu, Anda harus mengetahui kiranya apa saja makanan dan minuman yang tepat dan baik untuk meredakan sakit tenggorokan.

Pisang

Buah daerah tropis berwarna kuning ini sangat baik untuk Anda konsumsi selagi mengalami sakit tenggorokan. Teksturnya yang lembut memudahkan Anda untuk menelannya disamping nutrisi yang tersedia juga teramat baik bagi tubuh untuk melakukan penyembuhan.

Madu

Madu seringkali dianggap sebagai obat alami yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Produk lebah ini mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh seperti antioksidan. Selain itu, madu juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus.

Sup

Memakan sup sebagai teman makan akan mengurangi peradangan dan melegakan saluran pernapasan. Makanlah sup selagi hangat karena jika sudah dingin, selain tidak enak lagi juga dapat mengurangi efek penyembuhannya.

Teh Chamomile

Mungkin nama teh ini agak terdengar asing bagi kita. Teh Chamomile berasal dari bunga Chamomile (sejenis dengan bunga matahari) yang berdaun hijau pucat dan sering digunakan untuk bahan obat tradisional. Pada teh Chamomile mengandung zat antioksidan, anti radang dan astrigen. Kandungan teh ini dapat mengurang iritasi pada tenggorokan sekaligus dapat melawan infeksi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Peppermint

Peppermint mengadung zat anti radang, antibakteri dan antivirus untuk mempercepat proses penyembuhan tenggorokan. Selain itu juga dapat melegakan dan menyegarkan tenggorokan.

Sayuran

Anda dapat mengolah sayuran dengan cara direbus ataupun dibuat kuah. Sayuran seperti kol, kentang dan wortel memiliki kandungan yang dapat membantu proses penyembuhan.

Akar manis

Seduhan akar manis yang dicampur dengan air hangat juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Caranya adalah berkumur dengan air dari akar manis yang sudah diseduh sebelumnya.

Bawang putih

Kandungan zat antibakteri, antijamur dan antivirus pada bawang putih sangat bagus meredakan gejala sakit tenggorokan. Anda dapat mencampurkan bawang putih dengan madu atau minyak zaitun sebelum dikonsumsi. Konsumsi bawang putih mentah agar lebih efektif dalam proses penyembuhan.

Akar marshmellow

Akar marshemellow diyakini memiliki kandungan yang dapat meringankan dan meredakan sakit pada tenggorokan. Caranya dengan menyeduh akar marshmellow kemudian Anda minum air seduhan tadi.

Kunyit dan jahe

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa kunyi dan jahe bisa menjadi obat tradisional. Olahan minuman dan makanan yang mengombinasikan jahe dan kunyi di dalamnya dapat menjadi obat herbal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Air putih

Meminum air putih adalah pengobatan yang paling sederhana namun memiliki dampak yang luar biasa. Dehidrasi akan lebih terasa ketika Anda mengalami sakit pada tenggorokan. 

Hal itu dapat menambah iritasi pada tenggorokan dan juga mengakibatkan rasa sakit. Memenuhi asupan air putih secara rutin dapat membantu meredakan sakit pada tenggorokan.

Makanan yang jangan dikonsumsi

Penting juga untuk memerhatikan makanan yang dapat menambah iritasi dan sakit pada tenggorokan. Untuk sementara waktu cobalah untuk menghindari dan berhenti mengonsumsi makanan yang dapat memperparah kondisi tenggorokan. Adapun makanan tersebut adalah sebagai berikut : 

  • Makanan berminyak
  • Makanan pedas
  • Makanan yang bertekstur keras (kripik dan kue kering)
  • Kopi
  • Minuman bersoda
  • Minuman beralkohol 

Selain itu menghentikan kebiasaan merokok juga membantu mempercepat proses penyembuhan. Asap rokok yang masuk ke tenggorokan akan membuat tenggorokan menjadi kering dan bisa memperparah iritasi.

Demi mempercepat dan mendapatkan penanganan yang sesuai, tetaplah konsultasikan ke dokter ahli. Apalagi jika sakit tenggorokan berlangsung lama. Perlu diingat, tak semua makanan dan minuman yang dianjurkan dapat dikonsumsi sepenuhnya. 

Terdapat kondisi khusus pada pasien yang mungkin saja menghalangi untuk mengonsumsinya seperti ibu hamil. Untuk itu perlu anjuran dokter lebih lanjutnya.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app