HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Makanan dan Diet Sehat

7 Makanan Yang Murah dan Menyehatkan Untuk Tubuh

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Apr 14, 2020 Waktu baca: 1 menit
7 Makanan Yang Murah dan Menyehatkan Untuk Tubuh

Menjalani hidup sehat dengan makanan yang benar-benar terjaga kualitas dan kuantitasnya, seringkali memang tidak murah. Namun, jika Anda bijak dalam memilih jenis bahan makanan, Anda tetap bisa hidup sehat hanya dengan modal di bawah Rp 40.000,00 setiap harinya.

Jenis makanan yang bisa Anda nikmati tanpa banyak Pengeluaran

1. Lentil

Tiga setengah cangkir lentil mengandung tiga gram serat. Lentil juga kaya asam folat dan vitamin B6 serta zat besi. Agar zat besinya lebih mudah diserap tubuh, konsumsi lentil bersama dengan tomat, paprika atau perasan lemon sebagai tambahan vitamin C.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

2. Pisang

Buah tropis ini banyak ditemui di sekitar kita, baik di pasar modern maupun tradisional.Buah pisang kaya akan serat, vitamin C dan B6, serta potasium untuk mengontrol tekanan darah. Di dalam pisang ukuran sedang, terdapat sekitar 400 miligram potasium yang sudah memenuhi 13 persen rekomendasi harian bagi tubuh. 

3. Gandum

Produk gandum ada macamnya, salah satunya oatmeal. Kini beberapa produk oatmeal ada kemasan sachetnya untuk sekali makan. Oatmeal mengandung serat  yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan risiko sakit jantung. Tambahkan buah-buahan seperti pisang, buah-buahan kering, atau satu sendok teh madu supaya lebih sehat.

4. Nasi merah

Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah menyediakan lebih banyak nutrisi dan serat, serta  indeks glikemik  yang lebih rendah hingga energi tubuh akan lebih stabil. Di dalam nasi merah, juga terdapat  vitamin E sebagai sumber antioksidan.

5. Jeruk

Jeruk kaya akan potasium, vitamin C dan folat yang baik bagi ibu hamil dan janin. Negara kita adalah salah satu penghasil berbagai jenis jeruk. Pilih jeruk lokal supaya harganya lebih terjangkau.

6. Wortel 

Wortel kaya akan kandungan beta karoten, komponen yang di dalam tubuh diubah menjadi vitamin A untuk membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga bersifat  antioksidan sehingga ampuh melawan oksidasi dan mempertahankan sistem imun tubuh.

7. Popcorn

Ppocorn atau sering kita sebut berondong jagung tanpa tambahan karamel maupun mentega dan gula adalah pilihan camilan yang menyehatkan. Di dalamnya, hanya terdapat total 30 kalori persajian. Untuk tambahan rasa, tuangkan minyak zaitun yang berfungsi sebagai lemak sehat bagi jantung serta ragi untuk tambahan vitamin B12.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
29 Healthy Foods That Are Incredibly Cheap. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/29-cheap-healthy-foods)
The top 15 healthful foods uncovered. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/245259.php)
Cheap and Healthy: 15 Nutritious Foods for About $2. WebMD. (https://www.webmd.com/food-recipes/features/cheap-healthy-15-nutritious-foods-about-2-dollars)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Mau Coba Buat Nugget Pisang Sendiri di Rumah? Yuk Intip Cara  Membuatnya!
Mau Coba Buat Nugget Pisang Sendiri di Rumah? Yuk Intip Cara Membuatnya!

Jadi bagi Anda yang suka buah pisang tidak perlu khawatir atau bosan dengan olahan pisang yang begitu begitu saja. Anda bisa mencoba resep baru olahan pisang yang satu ini. Selain cara pembuatannya yang mudah, bahan-bahan juga gampang diperoleh.

Buka di app