Magnolia Bark Extract: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 19, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 4 menit

Magnolia adalah tanaman yang mana kulit kayu dan kuncup bunganya dapat dimanfaatkan untuk membuat obat. Kebanyakan orang menggunakan magnolia untuk mengatasi kondisi seperti penurunan berat badan, stres, peradangan gusi, plak, dan kondisi lainnya. 

Namun walaupun ekstrak magnolia bark diyakini memiliki efek anti-inflamasi dan anti nyeri yang baik, tetapi hingga saat ini belum ada banyak bukti ilmiah yang dapat mendukung sebagian besar penggunaan dari obat ini.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Mengenai Ekstrak Magnolia Bark

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Serbuk herbal, kapsul, tablet, extract oil, pasta gigi

Komposisi

  • Honokiol
  • Magnolol

Manfaat Ekstrak Kulit Kayu Magnolia

Ekstrak kulit Kayu Magnolia memiliki berbagai manfaat kesehatan, diantaranya:

  • Peradangan gusi (gingivitis). Mengunyah permen karet atau menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak kulit kayu magnolia tampaknya dapat mengurangi pembengkakan dan pendarahan gusi.
  • Gangguan cemas. Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan produk yang mengandung ekstrak kulit kayu magnolia ditambah dengan phellodendron dapat mengurangi beberapa gejala gangguan cemas yang disebabkan oleh stres, seperti ketegangan atau kegugupan.
  • Plak gigi. Menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak magnolia dan xylitol dapat mengurangi keparahan plak gigi, walaupun efeknya hanya minimal.
  • Gejala menopause. Penelitian awal menunjukkan bahwa menggunakan produk tertentu yang mengandung magnolia, kedelai, dan produk alami lainnya dapat mengurangi gejala hot flashes dan meningkatkan kualitas tidur dibandingkan dengan hanya mengkonsumsi kedelai.
  • Stress. Penelitian awal menunjukkan bahwa menggunakan produk tertentu yang mengandung ekstrak magnolia ditambah dengan phellodendron dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.
  • Penurunan berat badan Sejauh ini, tidak ada banyak bukti bahwa ekstrak magnolia dapat menyebabkan penurunan berat badan. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa wanita yang kelebihan berat badan yang mengambil produk tertentu yang mengandung kombinasi ekstrak magnolia ditambah dengan phellodendron tidak mengalami penambahan berat badan seperti wanita lain.
  •  Namun hal ini memiliki bias karena mereka yang menggunakan suplemen ekstrak magnolia tampaknya makan lebih sedikit kalori, mungkin karena magnolia mengurangi nafsu makan yang terkait dengan stres. 
  • Tetapi tidak ada bukti bahwa mengambil produk ini sebenarnya menyebabkan penurunan berat badan.

Selain manfaat di atas, ekstrak kulit kayu magnolia dipercaya dapat mengatasi beberapa penyakit seperti :

Yang perlu Anda ketahui adalah, dibutuhkan lebih banyak bukti penelitian untuk menilai efektivitas penggunaan ekstrak kulit kayu magnolia terhadap penyakit-penyakit di atas. Konsultasikan dengan dokter Anda terkait penggunaan suplemen apapun untuk mengatasi masalah kesehatan Anda.

Dosis Ekstrak Kulit Kayu Magnolia

Dosis berikut telah dipelajari dalam penelitian ilmiah:

  • Untuk peradangan gusi: Pasta gigi yang mengandung 0,3% magnolia digunakan dua kali sehari. Perbaikan akan terlihat setelah 3 bulan pemakaian. Permen karet yang mengandung ekstrak kulit pohon magnolia 0,17% dan xylitol 30% dikunyah selama 5 menit tiga kali sehari selama 30 hari.
  • Selain dosis untuk mengatasi peradangan gusi, belum ada data spesifik yang dapat dijadikan acuan sebagai penggunaan ekstrak kulit kayu magnolia dalam mengatasi masalah kesehatan lainnya. 
  • Baca petunjuk yang tertera dalam kemasan dan konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan suplemen apapun.

Efek samping Ekstrak Kulit Kayu Magnolia

Magnolia mungkin aman bagi kebanyakan orang ketika diminum atau diaplikasikan sebagai pasta gigi, dalam penggunaan jangka pendek. Magnolia dapat diminum selama satu tahun dan digunakan dalam pasta gigi hingga 6 bulan. 

Beberapa orang mungkin mengalami ruam kulit ketika magnolia diterapkan pada kulit.

Interaksi Ekstrak Kulit Kayu Magnolia

  • Alkohol berinteraksi dengan magnolia
  • Alkohol dapat menyebabkan kantuk. Ekstrak kulit kayu Magnolia dapat memperparah kantuk akibat penggunaan alkohol.
  • Obat penenang (Barbiturat) berinteraksi dengan magnolia
  • Kulit Magnolia dapat memperparah efek sedasi pada beberapa obat penenang termasuk amobarbital, butabarbital, mephobarbital, pentobarbital, phenobarbital, secobarbital, dan lainnya.
  • Obat penenang (Benzodiazepines) berinteraksi dengan magnolia
  • Kulit Magnolia dapat memperparah efek sedasi pada beberapa obat penenang seperti clonazepam, diazepam, lorazepam, dan lainnya.
  • Obat penenang (depresan SSP) berinteraksi dengan magnolia
  • Kulit Magnolia dapat memperparah efek sedasi pada beberapa obat seperti clonazepam, lorazepam, phenobarbital, zolpidem, dan lainnya.

Perhatian

  • Kehamilan dan menyusui: Menggunakan ekstrak kuncup magnolia selama kehamilan tidak dianjurkan, karena penggunaan ekstrak kuncup magnolia dapat memicu terjadinya kontraksi rahim dan dapat menyebabkan keguguran
  • Namun tidak diketahui tentang keamanan menggunakan ekstrak kulit pohon magnolia selama kehamilan dan menyusui. Hindari penggunaan ekstrak kulit kayu magnolia tanpa arahan dokter.
  • Pembedahan: Magnolia dapat memperlambat sistem saraf pusat. Ada kekhawatiran bahwa penggunaan ekstrak kulit kayu magnolia dapat memperlambat sistem saraf ketika dikombinasikan dengan anestesi dan obat lain yang digunakan selama dan setelah operasi.
  • Magnolia juga dapat memperlambat pembekuan darah dan menyebabkan perdarahan selama dan setelah operasi. Hentikan penggunaan magnolia setidaknya 2 minggu sebelum jadwal operasi.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Magnolia Bark: Benefits, Side Effects, and Preparations. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-magnolia-bark-89477)
Magnolia: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/magnolia/supplements.htm)
Magnolia Bark Extract Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/magnolia-bark-extract.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app