Komix: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mar 5, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Tinjau pada Agu 6, 2019 Waktu baca: 3 menit

Apa itu Komix?

Komix merupakan salah satu produk kalbe berupa obat batuk sirup dalam bentuk sachet. Obat ini termasuk ke dalam golongan obat bebas terbatas yang dapat dibeli di apotek, toko obat, dan swalayan. 

Varian komix yang tersedia di pasaran adalah komix peppermint, komix, jahe, komix jeruk nipis, komix kid strawberry, komix OBH, dan komix kid OBH. Perbedaan komix dan komix OBH adalah dari kandungannya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Kandungan dextromethorphan pada komix digunakan untuk obat batuk kering, sedangkan obat batuk pada komix OBH diperoleh dari kandungan succus liquiritiae

Cara kerja Komix

Komix peppermint, komix jahe, dan komix jeruk nipis yang mengandung dextromethorphan, guaifenesin dan chlorpheniramine.

Dextromethorphan bekerja dengan cara menekan reflek batuk pada pusat batuk di bagian medula otak. Kandungan guaifenesin bekerja dengan meningkatkan hidrasi pada saluran napas, sehingga volume cairan dahak meningkat dan viskositasnya berkurang. Chlorpheniramine bekerja dengan cara menghambat interaksi antara histamin yang dihasilkan tubuh selama reaksi alergi dengan reseptor H-1.

 Komix sirup OBH dan komix kid OBH yang mengandung guaifenesin bekerja dengan cara meningkatkan hidrasi pada saluran napas, sehingga volume cairan dahak meningkat dan viskositasnya berkurang.

Komix kid strawberry dengan kandungannya dextromethorphan bekerja dengan  menekan reflek batuk pada pusat batuk di bagian medula otak. 

Kandungan guaifenesin bekerja dengan meningkatkan hidrasi pada saluran napas, sehingga volume cairan dahak meningkat dan viskositasnya berkurang. Chlorpheniramine bekerja dengan cara menghambat interaksi antara histamin yang dihasilkan tubuh selama reaksi alergi dengan reseptor H-1.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Manfaat dan efek samping Komix                               

Komix peppermint, komix jahe, dan komix jeruk nipis bermanfaat untuk meredakan gejala batuk kering, melancarkan pengeluaran dahak di saluran napas, dan meredakan pilek. Tiap sachet mengandung dextromethorphan 15 mg/7mL , guaifenesin 100 mg/7mL, dan chlorpheniramine 2 mg/7mL.

Komix sirup OBH dan komix kid OBH bermanfaat untuk meredakan gejala batuk dan pilek, melancarkan pengeluran dahak di saluran napas, dan meredakan hidung tersumbat. Tiap sachet mengandung guaifenesin 50 mg/5mL, succus liquiritae 167 mg/5mL, ephedrine 4 mg/5mL, dan chlorpheniramine 2 mg/5mL.

Komix kid strawberry bermanfaat untuk meredakan gejala batuk dan pilek dan melancarkan pengeluaran dahak di saluran napas. Tiap sachet mengandung dextromethorphan 7,5 mg/5mL, guaifenesin 50 mg/5mL, dan chlorpheniramine 2 mg/5mL. 

Efek samping yang dapat terjadi adalah mengantuk, diare, ruam pada kulit, mulut, hidung, tenggorokan terasa kering dan gatal, penglihatan kabur, kehilangan keseimbangan, tinnitus, dan sulit buang air kecil. 

Apabila dirasakan jantung berdebar, kejang, dan halusinasi setelah mengkonsumsi obat ini disarankan untuk segera menemui dokter.

Dosis Komix

Dosis komix yang digunakan untuk varian komix peppermint, komix jahe, dan komix jeruk untuk dewasa adalah 3 kali sehari (1-2 sachet sekali minum). Untuk komix kid strawberry, dosis yang digunakan untuk anak-anak 6-12 tahun adalah 3 kali sehari (1 sachet sekali minum). 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Dosis untuk komix OBH pada orang dewasa adalah 3 kali sehari (2 sachet sekali minum). Untuk komix kid OBH, dosis yang digunakan anak-anak 6-12 tahun adalah 3 kali sehari (1 sachet sekali minum).

Perhatian penggunaan Komix

Tidak disarankan penggunaan komix apabila pasien memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap komposisi yang terkandung di dalam obat. Hindari konsumsi komix bersamaan dengan obat-obatan beta blocker (misalnya propanolol, linezolid, metildopa, oksitosis, atau reserpine) dan antidepresan trisiklik (misalnya amitriptilin atau ergotamine).  

MAO inhibitor, Ketika mengkonsumsi komix, disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat batuk, pilek, dan alergi merek lain. Hindarilah minuman alkohol. Hati-hati penggunaannya pada pasien fenilketonuria, asma, hipertensi, aritrmia, penyakit tiroid, diabetes, pembesaran prostat, glaukoma, stroke, dan penyakit liver

Tidak dianjurkan penggunaan untuk anak < 6 tahun, kecuali atas saran dokter. Obat ini dapat mengakibatkan rasa kantuk, perhatian penggunaan pada lansia (> 60 tahun) karena dapat mengingkatkan risiko untuk jatuh, serta hindari aktivitas yang membutuhkan konsentrasi ataupun ketelitian, seperti menyetir dan bekerja.

Penyimpanan Komix

Simpan obat ini pada tempat kering , terlindung dari sinar matahari langsung. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan dikarenakan setiap merek kemungkinan memiliki cara penyimpanan yang berbeda. 


11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Komix Kid. Pusat Informasi Obat Nasional (PIO Nas). (http://pionas.pom.go.id/obat/komix-kid)
Komix OBH. Pusat Informasi Obat Nasional (PIO Nas). (http://pionas.pom.go.id/obat/komix-obh)
Definition of Dextromethorphan. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=33329)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app