Khasiat Kacang Merah Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Khasiat Kacang Merah Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Kacang merah adalah bahan pangan yang sering ditemui dalam keseharian. Anda bisa memasak kacang merah dalam berbagai olahan seperti sebagai sayur sop ataupun hidangan pencuci mulut. Bahkan saat ini kacang merah tersedia dalam berbagai jenis makanan dan minuman, seperti roti, es krim dan es susu kacang merah. 

Akan tetapi, banyak juga yang belum tahu bahwa kacang merah tak hanya lezat, tetapi memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat yang bisa anda dapat dari kacang merah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Melancarkan pencernaan

Memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dalam setiap 100 gram, kacang merah mengandung sekitar 13 gram serat  yang terdiri dari serat larut dan tak larut. Serat tak larut ini cukup banyak ditemukan dalam kulit kacang merah sementara serat larut terkandung dalam daging kacang merah.  

Selain itu, kacang merah juga memiliki kandungan pati, yaitu salah satu jenis karbohidrat kompleks yang sifatnya sama dengan serat larut. Di dalam usus besar, zat pati akan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik untuk melawan masalah pencernaan.

Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi kacang merah juga bisa menurunkan tekanan darah Anda. Kacang merah memiliki kandungan mineral seperti folat, kalsium, magnesium, dan kalium yang tinggi.  

Mineral ini berfungsi untuk menekan kadar homosistein dalam darah. Homosistein merupakan salah satu zat pemicu terjadinya penyakit jantung koroner. Selain itu, manfaat kacang merah bagi kesehatan jantung adalah melancarkan peredaran darah ke jantung.  

Mengendalikan nafsu makan

Memiliki kandungan protein, serat larut, dan karbohidrat kompleks yang cukup tinggi pada kacang merah, mengkonsumsi kacang merah membuat anda merasa kenyang lebih lama. 

Dengan begitu, Anda pun dapat mengendalikan untuk mencari camilan atau makanan lainnya. Untuk Anda yang sedang melakukan diet, manfaat kacang merah yang satu ini tentu dapat membantu proses penurunan berat badan anda secara sehat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Mencegah diabetes

Kandungan serat dalam kacang merah berfungsi untuk menjaga agar glukosa dalam tubuh tidak dilepas dalam darah dengan cepat. Begitu juga dengan kandungan karbohidrat kompleks dalam kacang merah. 

Berbeda dengan karbohidrat sederhana pada umumnya mudah larut, karbohidrat kompleks tidak akan mempercepat pelepasan glukosa dalam darah dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Dengan begitu, kadar gula dalam darah Anda dapat lebih terjaga sehingga tidak memicu diabetes.

Mencegah kanker

Para peneliti dari Harvard Medical School mengungkap bahwa mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dapat mencegah kanker, terutama kanker payudara. Penelitian lain yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition membuktikan bahwa pola makan yang kaya akan serat mampu menurunkan risiko terjadinya kanker prostat hingga 50%. 

Sementara itu, dalam setiap 100 gram kacang merah kandungan serat yang bisa didapat tubuh adalah 56%. Mengonsumsi kacang merah secara rutin dapat menghindarkan Anda dari risiko kanker.

Mencegah penuaan dini

Manfaat kacang merah untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit, tetapi juga untuk mencegah penuaan dini. Kacang merah yang kaya akan antioksidan yang tinggi, bahkan kandungan antioksidannya lebih banyak dibandingkan sayuran dan buah-buahan lain. 

Bahkan di antara jenis kacang lainnya seperti kacang kedelai dan kacang tanah, kacang merah ternyata memiliki efek dalam mencegah penuaan dini lebih besar dari keduanya. Hal ini disebabkan karena semakin gelap warnanya, kandungan antioksidannya juga semakin tinggi, sehingga kemampuan untuk mencegah radikal bebas pada kulit pun bisa diatasi.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Beans and pulses in your diet. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/beans-and-pulses-nutrition/)
Beans, Greens, and the Best Foods for the Brain. Medscape. (https://www.medscape.com/viewarticle/847304_5)
Kidney Beans 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/foods/kidney-beans)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app