Perawatan Wajah

Ketahui Jenis Jerawat Anda beserta Cara Mengobatinya

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Jun 20, 2020 Tinjau pada Mar 5, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ketahui Jenis Jerawat Anda beserta Cara Mengobatinya

Masalah kulit jerawat memang kerap kali membuat penderitanya kesal. Baik jerawat kecil ataupun yang besar, tentu sangat mengganggu penampilan seseorang. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, pasti Anda juga ingin segera menyingkirkannya.

Cara terbaik untuk untuk mengobati jerawat adalah Anda harus mengetahui terlebih dulu jenis jerawatnya apa. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Dengan begitu Anda akan tahu perawatan apa yang cocok dalam membantu menyingkirkan jerawat. Yuk kenali terlebih dahulu jenis-jenis jerawat serta cara mengobatinya. 

Jenis-jenis jerawat beserta cara mengobatinya

Setiap satu pori-pori kulit wajah mempunyai saluran yang akan membiarkan sebum keluar dari kelenjarnya ke permukaan kulit. 

Saat minyak diproduksi secara normal, maka kulit wajah Anda akan halus dan terhidrasi. Tetapi, saat produksi minyak berlebih, maka bisa menjadi masalah bagi kulit Anda.

Pada sebagian orang, minyak yang tidak bisa keluar akan menumpuk di dalam pori-pori. Bahkan sel-sel kulit mati juga bisa menghambat minyak untuk keluar ke permukaan kuit. 

Nah dari situlah, Anda bisa mengalami jerawat, whitehead, komedo, kista, papula, atau pustula. Berikut penjelasan rincinya:

Komedo

Komedo terbentuk saat minyak dan sel kulit mati terjebak dalam lapisan pori-pori kulit wajah. Komedo memiliki 2 jenis yaitu, komedo hitam dan putih. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Komedo putih terjadi akibat pori-pori kulit wajah tertutup, sehingga minyak, bakteri, dan sel kulit mati terjebak di dalamnya dan mengakibatkan titik putih muncul di permukaan kulit. 

Sedangkan komedo hitam terjadi jika pori-pori yang tersumbat hanya sebagian, sehingga minyak, bakteri, dan sel kulit mati tidak lancar keluar ke permukaan kulit. Warna hitam yang muncul adalah melanin yang teroksidasi.

Cara mengobati komedo adalah dengan menggunakan produk yang memiliki kandungan BHA secara rutin. BHA dapat berfungsi memperbaiki bentuk pori-pori dan memperbaiki sel-sel kulit mati. 

Mungkin penggunaan pore pack tidak mendatangkan hasil yang maksimal, Anda memerlukan obat resep seperti Renova, Retin-A, atau produk perawatan kulit yang mengandung retinol.

Whitehead

Whitehead atau milia adalah jerawat yang memiliki bentuk kecil, keras, dan isinya tidak dapat dikeluarkan, namun jerawat ini tidak disertai kemerahan atau peradangan. Biasanya jenis jerawat ini muncul di bawah mata, pipi, dan dahi.

Jenis jerawat whitehead memang termasuk yang paling susah diobati. Bahkan jerawat jenis ini perlu dilakukan penanganan oleh ahli kecantikan atau dokter kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Facial via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan facial hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b02 perawatan facial

Anda bisa menggunakan produk dengan formula BHA sekali atau dua kali dalam sehari sebagai perawatan awal.

Papules

Papules biasanya lunak, berwarna pink atau berupa benjolan merah dengan permukaan putih berisi cairan dan minyak. Jerawat ini disebabkan saat pori-pori tersumbat dan terjadi peradangan akibat bakteri.

Papules merupakan jerawat yang paling jinak dan mudah diobati. Para dermatologis menyarankan untuk mengobati jerawat papules dengan obat-obatan yang dijual bebas tetapi yang memiliki kandungan benzoyl dan salicylic acid.

Pustules

Pustule adalah jerawat yang membengkak dan berisi nanah. Apabila Anda mengalami jenis jerawat ini, Anda harus mengkombinasikan produk yang dijual bebas dengan produk resep dari dokter.

Kista dan Nodul

Kista dan nodul juga disebut sebagai jerawat batu. Jenis jerawat inilah yang paling besar, paling menyakitkan, dan paling susah diobati. 

Bentuk kista dan nodul tidak selalu seperti jerawat, terkadang hanya terlihat seperti benjolan merah dan besar. Biasanya jerawat ini muncul di dekat sebaceous.

Apabila kista dan nodul tidak dirawat dengan tepat, maka biasanya jenis jerawat ini akan menimbulkan bekas luka. Hal ini karena kista terlalu besar dan masuk terlalu dalam, sehingga merusak kulit sekitarnya. 

Tidak ada obat yang dijual bebas untuk mengobati jenis jerawat ini, sehingga Anda perlu periksa ke dokter spesialis kulit. 

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Questions and answers about acne. (2016, September) (https://www.niams.nih.gov/Health_Info/Acne/)
Fast facts about acne. (2014, November) (https://www.niams.nih.gov/Health_Info/Acne/acne_ff.asp)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Begini Cara Pakai Madu untuk Atasi Jerawat
Begini Cara Pakai Madu untuk Atasi Jerawat

Walaupun belum diketahui kepastian efektivitasnya, Anda dapat mencoba menggunakan madu untuk mengatasi jerawat secara mandiri di rumah. Berikut ini caranya.

Buka di app