Kenali Lebih dalam Produk Kecantikan Serum Wajah

Walaupun serum wajah biasanya dijual dengan ukuran yang kecil dan harga jual yang cukup mahal, namun manfaat yang ditawarkan dari serum wajah ini cukup komplit lho. Lalu apa saja manfaat serum wajah? Bagaimana cara penggunaannya? Baca uraian di bawah ini untuk informasi selengkapnya.
Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kenali Lebih dalam Produk Kecantikan Serum Wajah

Mendapatkan kulit wajah sehat dan cerah memang membutuhkan usaha yang lebih besar. Menggunakan pembersih dan pelembab saja tidaklah cukup. 

Serum wajah menjadi salah satu rangkaian perawatan wajah yang wajib digunakan oleh para wanita. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Walaupun serum wajah biasanya dijual dengan ukuran yang kecil dan harga jual yang cukup mahal, namun manfaat yang ditawarkan dari serum wajah ini cukup komplit lho.

Lalu apa saja manfaat serum wajah? Bagaimana cara penggunaannya? Baca uraian di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

Apa itu serum wajah?

Serum wajah atau face serum adalah produk perawatan wajah yang digunakan antara pembersihan wajah (cleansing) dan sebelum menggunakan pelembab (moisturizer). 

Tekstur serum wajah lebih ringan, berwarna jernih, dan memiliki molekul-molekul kecil yang mudah menyerap hingga lapisan dalam kulit. 

Bahan-bahan yang digunakan dalam serum terdiri dari vitamin hingga antioksidan

Serum wajah menawarkan beberapa manfaat yaitu, mencerahkan, mempercepat regenerasi kulit, mengatasi masalah kulit seperti keriput, jerawat, noda hitam, dan hiperpigmentasi, serta meratakan warna kulit wajah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara menggunakan serum wajah

Serum wajah digunakan 1-2 tetes atau kira-kira seukuran kacang polong dan balurkan ke seluruh area wajah dan leher pada pagi dan malam hari. Berikut ini cara penggunaan serum wajah yang benar:

  1. Bersihkan wajah Anda dengan sabun cuci muka, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan. Sebelum pindah ke langkah berikutnya, sebaiknya tunggu sekitar 1-2 menit.
  2. Bersihkan wajah dengan toner guna mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang membandel, serta untuk menyeimbangkan pH kulit. Tunggu sekitar 1-2 menit sampai kulit dalam keadaan masih lembab.
  3. Ketika kulit wajah tidak terlalu basah dari toner, segera gunakan serum. Anda bisa menggunakan serum dengan cara memberikan pijatan-pijatan telapak tangan terbuka guna bahan-bahan aktif dalam serum bisa terserap ke kulit secara efektif. Dan tunggu sekitar 2-3 menit supaya serum menyerap ke dalam lapisan kulit.
  4. Setelahnya Anda bisa melakukan serangkaian perawatan wajah lainnya seperti menggunakan tabir surya, pelembab, atau krim mata. Hangatkan pelembab menggunakan 2 telapak tangan Anda agar mengaktifkan bahan-bahannya. Lalu mulailah memijat dari bagian tengah wajah menuju garis rambut. Hal tersebut akan membantu proses detoksifikasi.

Apa perbedaan serum dengan pelembab?

Perbedaan utama antara serum dengan pelembab adalah konsistensi dan formulasi bahan-bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Serum wajah mengandung lebih banyak bahan aktif dan mampu meresap hingga lapisan kulit terdalam. 

Kandungan dalam serum wajah juga memiliki fungsi melembabkan kulit seperti hyaluronic acid dan ceramides. 

Nah, karena struktur molekul dan persentase bahan aktif yang terdapat dalam serum lebih kaya dan sangat terkonsentrasi jika dibandingkan dengan kandungan bahan aktif pada pelembab, makanya harga serum tergolong lebih mahal daripada pelembab.

Sedangkan pelembab biasanya memiliki kandungan yang lebih pekat sehingga bisa menjadi pelindung di permukaan kulit agar kelembaban serta bahan-bahan aktif dari serum tidak menguap dan tetap terkunci di kulit Anda. 

Pelembab dapat ditemukan dalam bentuk gel, lotion atau krim. Sehingga Anda tidak bisa menggunakan serum saja sebagai pengganti pelembab atau moisturizer.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apakah perlu menggunakan serum?

Kebutuhan penggunaan serum wajah sebenarnya tergantung dengan kondisi kulit Anda. Karena serum merupakan produk perawatan tambahan yang tidak terlalu esensial jika kulit Anda tidak bermasalah. 

Apabila Anda tidak memiliki masalah kulit, perawatan menggunakan cleansing, toning, moisturizing, serta eksfoliasi sesekali saja sudah memadai.

Namun jika Anda memiliki masalah kulit seperti flek hitam akibat penuaan dini, keriput dan garis halus, maka menambahkan serum pada serangkaian perawatan wajah Anda akan sangat membantu memperbaiki kondisi kulit Anda. 

Terlebih jika Anda mempunyai jenis kulit berminyak, serum dapat memberikan kelembaban tanpa harus menggunakan pelembab lagi. 

Sedangkan orang yang mempunyai jenis kulit kering disarankan untuk menggunakan serum 15 menit setelah mencuci muka agar serum tidak cepat menyerap ke kulit dan menyebabkan kemerahan dan iritasi.

Tetapi bukan berarti Anda yang memiliki jenis kulit normal tidak bisa atau tidak boleh menggunakan serum. Mayoritas orang berpendapat puas dengan manfaat yang ditawarkan serum wajah. 

Sehingga Anda hanya butuh untuk mencari serum yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Anda.

Efek samping serum

Serum memiliki kandungan bahan aktif yang tinggi, sehingga penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi. 

Jika Anda memiliki masalah kulit seperti jerawat, eczema, atau rosacea gunakan serum secukupnya saja dan lebih baik konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. 

Serta hindari penggunaan serum dengan retinoid, karena kedua kombinasi tersebut dapat menyebabkan iritasi.

Sebaiknya lakukan patch test dan belilah produk kemasan travel friendly atau minta sampel sebelum membeli ukuran yang besar. Pilihlah serum yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda masing-masing. 

Apabila Anda masih ragu untuk memilih produk yang tepat, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Skin serum: What it can and can’t do. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/blog/skin-serum-what-it-can-and-cant-do-2018061214029)
Order of Skin Care: 11 Steps for Morning, Night, Layering Tips, More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/order-of-skin-care)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app