Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Perawatan Wajah

Mana yang Lebih Baik untuk Kulit Wajah, Essence Atau Serum?

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 934.960 orang

Memilih produk perawatan kulit yang tepat sangat penting bagi hampir semua wanita. 

Pemilihan antara pembersih wajah, toner, exfoliators, pengobatan jerawat, serum, pelembab, dan masih banyak lagi perawatan kulit lainnya, maka akan sulit untuk mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan kulit Anda agar tetap terlihat sehat.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

 Saat ini sudah banyak produk perawatan kulit lain yang mulai bermunculan khususnya dalam penggunaan essence dan serum untuk wajah. Umumnya, essence digunakan untuk merawat garis-garis halus, melawan bintik-bintik gelap, dan membuat kulit terlihat lebih bersinar. 

Essence dan serum mungkin hampir terlihat sama namun keduanya memiliki efek dan manfaat yang berbeda untuk kulit.

Pada artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara essence dan serum, manfaat masing-masing dari keduanya, dan menentukan perawatan kulit mana yang tepat untuk Anda.

 Essence vs serum: apa bedanya?

Dalam dunia kecantikan di Korea, essence memiliki tekstur yang lebih ringan dengan konsentrasi yang rendah dibandingkan serum, dan digunakan setelah penggunaan toner untuk menambah lapisan hidrasi sebelum serum diterapkan.

 Serum umumnya mengandung beberapa bahan aktif utama untuk mengatasi masalah spesifik seperti menerangkan kulit, mengatasi bintik hitam, atau garis-garis halus, dan bahan dari serum tersebut biasanya ditemukan pada konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan krim pelembab

Serum juga cenderung memiliki konsentrasi yang lebih tebal dibandingkan essence.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sebagian besar perusahaan kecantikan merekomendasikan untuk menggunakan essence terlebih dahulu, dan kemudian menggunakan serum. Namun, penggunaan essence dan serum tidak sepenuhnya diperlukan untuk digunakan secara bersamaan.

 Mengapa? Essence dan serum memainkan peran yang sangat mirip. Baik essence dan serum memberikan bahan-bahan aktif ke kulit sebelum Anda melembabkannya. Namun manfaat keduanya tergantung bagaimana kulit Anda bereaksi terhadap masing-masing formula.

Manfaat penggunaan essence vs serum

Essence merupakan cairan yang dapat memberikan kelembaban yang baik untuk kulit. Essence memiliki manfaat hidrasi yang baik pada kulit yang dapat membuat kulit tampak bercahaya, dan tampak bersinar dari dalam. 

Selain hidrasi, banyak essence yang juga mengandung antioksidan dan mineral yang dapat membantu menyehatkan kulit.

 Sedangkan serum merupakan kategori produk paling terkenal. Serum cenderung lebih terkonsentrasi dalam bahan aktifnya, zat-zat seperti gel emolien tersebut sering mengandung bahan-bahan yang sangat berat yang dimaksudkan untuk benar-benar menargetkan dan mengobati masalah kulit seperti bintik-bintik hitam, keriput, dan wajah kusam. 

Biasanya, serum dianggap memiliki tekstur yang lebih kental daripada esens.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Essence vs serum: mana yang lebih baik untuk kulit wajah?

Penggunaan essence dan serum tergantung pada jenis wajah Anda. Karena essence dan serum dapat mengatasi masalah pada kulit yang sama seperti mengatasi garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan, mengatasi jerawat, atau kulit kering

Namun pada beberapa orang mungkin akan melihat lebih banyak perbedaan saat menggunakan serum, sementara yang lain mungkin mengalami iritasi saat menggunakan serum dan memilih penggunaan essence sebagai gantinya.

Jika Anda mencari bahan yang dapat menghidrasi kulit tetapi tidak dapat mentolerir produk yang tebal, maka cobalah serum dan lihat apakah Anda suka ketebalan dari penggunaan serum. Namun bila masih terlalu tebal, maka Anda dapat mengganti ke penggunaan essence.

Kebanyakan wanita Korea tidak akan pernah melupakan penggunaan essence dalam rutinitas perawatan kulit mereka, apakah digunakan pada pagi atau malam hari

Setelah membersihkan kulit, oleskan toner, kemudian oleskan essence dengan mengeluarkan produk essence ke tangan Anda (atau kapas) dan oleskan secara merata ke seluruh wajah dan leher Anda.

Apabila ingin mengatasi kulit kering, pakailah serum yang teksturnya lebih kental dan kaya sehingga bekerja lebih baik melembabkan kulit. 

Namun jika Anda mencari efek anti-penuaan antara essence atau serum, tetapi memiliki kulit yang sangat sensitif, maka disarankan untuk memilih penggunaan essence daripada serum untuk meminimalkan iritasi dari bahan yang terkonsentrasi, seperti retinol.

Perlu diingat bahwa tekstur essence dan serum dapat bervariasi dari satu merek ke merek lainnya. Aturan umum adalah untuk menerapkan essence terlebih dahulu kemudian gunakan serum. 

Gunakan dari tekstur yang paling tipis hingga yang paling tebal. Hal tersebut dilakukan untuk memungkinkan penyerapan terbaik.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Kenali Lebih dalam Produk Kecantikan Serum Wajah
Kenali Lebih dalam Produk Kecantikan Serum Wajah

Walaupun serum wajah biasanya dijual dengan ukuran yang kecil dan harga jual yang cukup mahal, namun manfaat yang ditawarkan dari serum wajah ini cukup komplit lho. Lalu apa saja manfaat serum wajah? Bagaimana cara penggunaannya? Baca uraian di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

Cara Membuat Serum Wajah Di Rumah
Cara Membuat Serum Wajah Di Rumah

Yang terpenting adalah bahan yang akan Anda gunakan sebagai komponen utama dalam membuat serum cocok dengan jenis dan kondisi kulit Anda, seperti kulit kering, berminyak, atau kombinasi kulit kering dan berminyak.