Gagal Jantung pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
Gagal Jantung pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Gagal jantung terjadi ketika jantung tidak dapat memompa cukup darah ke organ tubuh lainnya;
  • Banyak faktor yang dapat menyebabkan gagal jantung, seperti cacat jantung bawaan, penyakit katup jantung, dan otot jantung yang tidak normal. Gagal jantung dapat terjadi jika jantung berdetak terlalu cepat atau terlalu lambat;
  • Gagal jantung tidak hanya terjadi pada orang dewasa dan lanjut usia, tetapi juga pada bayi dan anak-anak;
  • Gejala gagal jantung pada bayi adalah:
    • Detak jantungnya cepat dan napasnya cepat;
    • Bekerja lebih keras untuk bernafas saat menyusui (yang menyebabkan masalah dengan makan dan berat badan bertambah);
    • Menjadi gelisah;
    • Berkeringat lebih dari biasanya.
  • Gejala gagal jantung pada anak-anak adalah:
  • Selain dengan mengonsumsi obat-obatan, gagal jantung pada anak diatasi dengan alat pacu jantung, terapi sinkronisasi jantung, bedah untuk perbaikan masalah struktural, perlengkapan pendamping ventrikel, dan transplantasi jantung;
  • Klik untuk membeli berbagai obat jantung sesuai kebutuhan dari rumah Anda melalui HDMall. Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Temukan dan booking paket pemeriksaan jantung dan pemeriksaan kesehatan lainnya dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman melalui HDMall.

Apa itu gagal jantung?

Gagal jantung terjadi ketika jantung tidak dapat memompa cukup darah ke organ tubuh lainnya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gagal jantung, seperti cacat jantung bawaan, penyakit katup jantung, dan otot jantung yang tidak normal. Gagal jantung dapat terjadi jika jantung berdetak terlalu cepat atau terlalu lambat.

Pada gagal jantung, jantung masih bekerja, tetapi tidak sebaik yang seharusnya. Kondisi ni dapat menyebabkan berbagai masalah, tergantung pada penyebabnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Jika ventrikel kiri tidak dapat memompa dengan baik, aliran darah dari jantung ke tubuh akan melambat. Ini dapat menyebabkan cairan untuk kembali ke paru-paru, yang dapat menyebabkan masalah pernapasan. Ini juga dapat menyebabkan masalah dengan organ-organ lain dalam tubuh, seperti ginjal atau usus, jika organ-organ ini tidak menerima aliran darah yang cukup dari jantung.
  • Jika ventrikel kanan tidak dapat memompa dengan baik, aliran darah dari jantung ke paru-paru akan melambat. Ini dapat menyebabkan cairan untuk kembali ke jaringan, yang dapat muncul sebagai edema tubuh atau pembengkakan hati. Banyak masalah dengan struktur jantung dapat menyebabkan gagal jantung. Efeknya dapat bergantung pada masalah struktural.

Gagal jantung pada anak-anak

Gagal jantung dapat terjadi pada usia berapa pun dan disebabkan banyak faktor. Untuk bayi baru lahir, bayi, anak-anak dan remaja, ada 2 kategori utama gagal jantung:

  • Cacat lahir dan masalah lain dengan struktur jantung
  • Masalah dengan otot jantung

Anak-anak dapat dilahirkan dengan masalah ini (bawaan), atau mereka dapat mengembangkannya di kemudian hari. Gagal jantung juga dapat terjadi setelah perbaikan cacat lahir pada jantung terbuka. Ini bisa jadi merupakan kondisi sementara (berlangsung selama berhari-hari) atau bertahan untuk waktu yang lama (berbulan-bulan atau bertahun-tahun, atau, dalam beberapa kasus, secara permanen).

Cacat lahir dan masalah struktural lainnya

Cacat lahir adalah penyebab paling umum gagal jantung pada bayi dan anak-anak. Cacat seperti stenosis aorta, sindrom jantung kiri hipoplastik, koarktasio aorta, cacat septum ventrikel, cacat septum atrioventrikular, dan lain-lain kadang-kadang menyebabkan gagal jantung. Mereka dapat menyebabkan gagal jantung karena menyebabkan masalah dengan aliran darah masuk, keluar atau di dalam jantung.

Masalah otot jantung

Penyakit otot jantung, seperti miokarditis atau kardiomiopati, dapat menyebabkan gagal jantung. Penyakit-penyakit ini dapat membuat otot jantung tidak mampu memompa seperti seharusnya. Gagal jantung dapat terjadi jika jantung berdetak terlalu cepat atau terlalu lambat.

Gejala gagal jantung

Beberapa gejala anak mungkin tergantung pada apakah sisi kiri, kanan atau kedua sisi jantung yang terpengaruh.

Gejala pada bayi

Ini adalah gejala umum gagal jantung pada bayi:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

  • Detak jantungnya cepat dan napasnya cepat
  • Bekerja lebih keras untuk bernafas saat menyusui (yang menyebabkan masalah dengan makan dan berat badan bertambah)
  • Menjadi gelisah
  • Berkeringat lebih dari biasanya

Gejala pada anak-anak

Anak kecil dengan gagal jantung cenderung memiliki masalah dengan bernafas terlalu cepat, sesak napas dan mudah lelah. Masalah-masalah ini cenderung memburuk ketika anak lebih aktif.

Anak-anak mungkin memiliki gejala-gejala ini:

Mendiagnosis gagal jantung

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter akan memeriksa anak, menggunakan stetoskop untuk mendengarkan jantung mereka dan memeriksa pernafasan serta tekanan darah mereka.

Dokter akan menanyakan detail tentang gejala anak, riwayat kesehatannya, dan riwayat kesehatan keluarga Anda.

Sinar-X dada, elektrokardiografi, dan ekokardiografi dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang bagaimana jantung dan penampilan anak.

Untuk mengetahui apa yang menyebabkan gagal jantung anak, dokter mungkin juga perlu melakukan prosedur lain, seperti MRI (magnetic resonance imaging) jantung mereka atau kateterisasi jantung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Mengobati gagal jantung

Dokter menggunakan banyak perawatan berbeda untuk menurunkan beban kerja jantung. Tujuannya adalah untuk mengontrol cairan tambahan dan meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa. Dokter juga berusaha mencari dan mengobati segala kondisi yang menyebabkan gagal jantung. Beberapa anak memerlukan perawatan lain, seperti pembedahan untuk memperbaiki cacat jantung atau obat untuk aritmia.

Perawatan untuk gagal jantung tergantung pada penyebabnya. Tim medis anak akan mengidentifikasi jenis gagal jantung dan berbicara dengan Anda (dan anak, jika mereka cukup umur) tentang perawatan.

1. Obat

Diuretik membantu ginjal membersihkan tubuh dari air tambahan. Ini dapat menurunkan jumlah cairan di paru-paru dan meningkatkan sirkulasi. Obat-obatan lain digunakan untuk membantu penyembuhan jantung sehingga bisa berfungsi lebih baik. Untuk membantu jantung pulih, dokter menggunakan obat-obatan seperti ini:

  • Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor
  • Beta-blocker
  • Digoxin

2. Alat pacu jantung

Jika gagal jantung anak disebabkan oleh detak jantung yang terlalu lambat, Dokter dapat merekomendasikan implan alat pacu jantung. Perangkat kecil yang dioperasikan dengan baterai ini seperti komputer kecil. Dokter menempatkan mereka di bawah kulit anak. Kawat kecil menghubungkan alat pacu jantung ke hati anak. Alat pacu jantung membantu jantung anak mempertahankan tingkat normal.

3. Terapi sinkronisasi jantung

Jika gagal jantung anak disebabkan oleh kurangnya koordinasi antara 2 ventrikel jantung, Dokter dapat merekomendasikan terapi sinkronisasi jantung (CRT).

CRT menggunakan jenis alat pacu jantung khusus. Dokter menempatkan alat kecil yang dioperasikan dengan baterai di bawah kulit anak. Kabel kecil menghubungkan alat pacu jantung ke ventrikel anak dan merangsang mereka untuk bekerja secara terkoordinasi.

4. Bedah untuk perbaikan masalah struktural

Jika cacat lahir adalah penyebab gagal jantung anak, mereka mungkin perlu dioperasi.

Banyak operasi jantung dirancang untuk mengembalikan sirkulasi jantung ke tingkat normal. Bayi dengan kelainan jantung kompleks membutuhkan berbagai operasi, yang terkadang membutuhkan waktu beberapa tahun. 

5. Perangkat pendamping ventrikel (VAD)

Beberapa anak membutuhkan lebih dari obat-obatan untuk membantu memompa jantung. Mereka dapat menggunakan VAD (atau pompa mekanis). Sebagian besar anak-anak yang mendapat VAD akan terdaftar untuk transplantasi jantung.

6. Transplantasi jantung

Jika jantung anak terlalu rusak, maka anak perlu transplantasi jantung. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pediatric Congestive Heart Failure: Background, Etiology. Medscape. (https://emedicine.medscape.com/article/2069746-overview)
Heart Failure in Children. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5105230/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app