Kacang Almond Ampuh Atasi Hipertensi

Dipublish tanggal: Jul 8, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kacang Almond Ampuh Atasi Hipertensi

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi tentu bisa membahayakan kesehatan karena memiliki risiko lebih tinggi terhadap penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung. Hipertensi lebih umum terjadi akibat pola makan yang tidak seimbang serta gaya hidup yang tidak sehat, oleh karena itu menjaga pola makan yang tepat sangatlah diperlukan.

Tekanan darah yang terlalu tinggi pada penderita hipertensi dapat menyebabkan pembesaran jantung sehingga terjadinya penyumbatan pembuluh darah, kebocoran pembuluh darah, bahkan hingga pecahnya pembuluh darah. Jika dibiarkan terus menerus maka dapat menimbulkan kerusakan pada bagian organ utama tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca juga: 5 Cara Atasi Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Benarkah Kacang Almond Ampuh Atasi Hipertensi?

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat maka hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan mudah. Salah satu jenis makanan yang paling direkomendasikan bagi penderita hipertensi yaitu kacang-kacangan, terutama kacang almond. Mengonsumsi kacang almond secara rutin dapat menurunkan darah dan bisa dijadikan sebagai menu camilan yang sehat dan bergizi.

Kacang almond sendiri sudah dikenal sebagai jenis kacang yang kaya akan nutrisi dibandingkan kacang yang lain karena kandungan vitamin, nutrisi, dan mineral yang terkandung dalam kacang almond juga tinggi sehingga baik bagi kesehatan. 

Kandungan lemak jenuh yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi dapat memperparah kondisi tekanan darah, sementara lemak tak jenuh justru sangat baik untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Kacang almond lebih banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal dan mengandung sedikit lemak jenuh sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dan bebas dari kandungan kolesterol sehingga aman bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, kacang almond juga mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah. Bahkan kandungan serat yang tinggi pada kacang almond juga dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas yang dapat meningkatkan risiko hipertensi. Kandungan lain yang terdapat dalam kacang almond adalah kalium yang berfungsi membantu mengurangi pengaruh sodium pada tubuh. 

Kacang almond juga ditemukan senyawa yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil, senyawa tersebut disebut juga alfa-tokoferol. Dengan mengonsumsi kacang almond, maka senyawa tersebut juga akan meningkat sehingga membantu menurunkan kadar lipid plasma dalam darah yang juga berisiko menaikkan tekanan darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Hipertensi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 34

Kandungan dan Manfaat Lain Kacang Almond Bagi Kesehatan

Berikut ini kandungan kacang almond yang baik untuk penderita hipertensi, diantaranya:

Kacang almond mengandung mineral dan vitamin E

Vitamin E memiliki peran penting bagi tubuh yakni sebagai antioksidan dan berfungsi melindungi sel tubuh dari kerusakan. Salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin E terbaik adalah kacang almond. Apabila vitamin E dalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik, maka tubuh menjadi lebih rentan terhadap serangan penyakit, termasuk gangguan terhadap penyakit liver, kanker, alzheimer, dan jantung.

Baca juga: Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kacang almond mengandung alpha-tokoferol

Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat dinetralkan melalui alpha tokoferol sebagai salah satu jenis antioksidan yang sangat penting bagi tubuh. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang terbentuk dari beragam proses entah dari makanan, obat-obatan, polusi udara, maupun sinar matahari yang dapat merusak sel-sel tubuh dan memiliki potensi sebagai penyebab penyakit kanker. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi kacang almond setiap hari guna membantu melawan radikal bebas.

Kacang almond mengandung kalsium

Kacang almond memiliki kandungan kalsium yang dapat memperkuat gigi dan tulang. Satu biji kacang almond berisi hingga ¼ kalsium sehingga kebutuhan kalsium tubuh dapat terpenuhi hanya dengan mengonsumsi 1 biji almond saja.

Kacang almond rendah akan karbohidrat 

Kacang almond memiliki kandungan yang rendah karbohidrat, kandungan lemak sehat, tinggi serat, dan juga memiliki kandungan protein sehingga tepat untuk penderita hipertensi maupun diabetes karena kacang almond mengandung mineral termasuk magneisum juga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Kacang almond mengandung magnesium yang sangat tinggi

Adanya kandungan magnesium pada kacang almond yang sangat tinggi memberikan pengaruh yang cukup besar khususnya bagi penderita tekanan darah tinggi. Karena tingginya kadar magnesium pada almond bisa membantu mencegah gangguan metabolisme maupun penyakit diabetes tipe 2.

Oleh karena itu, dengan memasukkan kacang almond dalam daftar makanan sehat yang harus dikonsumsi setiap harinya maka dapat membantu menghilangkan atau mencegah serangan berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit hipertensi dan diabetes. Tak hanya rasanya yang crunchy dan lezat, tetapi kandungan nutrisi yang terkandung di dalam kacang almond juga mampu memelihara kesehatan tubuh.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Almonds: Nutritious Nuts That Make a Great Snack. WebMD. (https://www.webmd.com/food-recipes/features/why-are-almonds-good-for-me#1)
Almonds: Health benefits, nutrition, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/269468.php)
9 Evidence-Based Health Benefits of Almonds. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/9-proven-benefits-of-almonds)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app