Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Kenali Kelenjar Tiroid Dari Penyebab, Gejala dan, Pengobatannya

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.303.756 orang

Macam-Macam Gangguan (Penyakit) Pada Kelenjar Tiroid

Apakah anda sering mengalami gejala-gejala seperti di bawah ini?

  • Sering tremor atau gugup
  • Sulit berkonsentrasi
  • Haid yang tidak teratur
  • Sering merasa kembung tanpa alasan yang jelas
  • Jantung yang terasa berdegup dengan kencang
  • Nyeri otot
  • Sulit naik berat badan atau sangat mudah naik berat badan
  • Kadar kolesterol yang tinggi walaupun makan sudah dikontrol
  • Merasa kedinginan atau sering berkeringat

Jika iya, mungkin Anda memiliki masalah dengan kelenjar tiroid Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Apa itu Kelenjar Tiroid dan apa fungsinya?

Kelenjar Tiroid adalah kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang ditemukan di pangkal leher Anda, tepat di bawah jakun Anda. Kelenjar ini membuat hormon tiroid yang mengalir dalam darah Anda ke seluruh bagian tubuh. Hormon tiroid mengontrol metabolisme tubuh Anda dalam banyak cara, termasuk seberapa cepat Anda membakar kalori dan seberapa cepat jantung Anda berdetak.

Penyakit tiroid menyebabkannya produksi hormon tiroid yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. Anda mungkin sering merasa gelisah atau lelah, atau Anda mungkin kehilangan atau menambah berat badan. Penyakit pada kelenjar tiroid lebih sering terjadi pada perempuan daripada laki-laki, terutama setelah kehamilan dan setelah menopause.

Mengapa wanita lebih rentan terkena penyakit tiroid dibandingkan dengan laki-laki?

Walaupun jutaan laki-laki di dunia mengalami gangguan pada tiroid mereka, Perempuan tetap lebih rentan terkena gangguan kelenjar tiroid dibandingkan dengan laki-laki. Namun, gangguan tersebut sering kali tidak disadari. Risiko gangguan fungsi kelenjar tiroid pada perempuan 5-8 kali lebih besar ketimbang laki-laki. Hal ini berkaitan erat dengan hormon esterogen pada wanita. Selain itu, pada perempuan hamil rentan kekurangan tiroid. 

Fase hidup perempuan, seperti siklus haid, kehamilan, melahirkan, dan menyusui, membuat mereka membutuhkan yodium lebih besar. Kebutuhan itu kerap kali tanpa sadar tak terpenuhi sehingga terjadi kekurangan tiroid pada perempuan. Tugas utama kelenjar tiroid ialah mengumpulkan yodium dari darah untuk diproduksi menjadi hormon tiroid. 

Tiroid berperan penting, antara lain dalam metabolisme lemak, protein, karbohidrat, dan pengaturan suhu tubuh. Gejala kekurangan tiroid (hipotiroid), seperti lemah, lesu, sulit berpikir, dan keinginan tidur terus, sering tak disadari perempuan hamil. Gejala itu sering dikira bagian dari kehamilan.

Gangguan apa saja yang biasa terjadi pada kelenjar tiroid?

1. Hipertiroidisme, 
Adalah kelenjar tiroid yang terlalu aktif, menyebabkan tiroid Anda menghasilkan lebih banyak hormon tiroid daripada yang dibutuhkan tubuh Anda. Hal ini mempercepat banyak fungsi tubuh Anda, seperti metabolisme dan detak jantung Anda. Penyebab hipertiroidisme yang paling umum adalah penyakit Graves. Penyakit Graves terjadi karena adanya masalah dengan sistem kekebalan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Gejala penyakit Graves mungkin termasuk mata menonjol, penurunan berat badan, dan metabolisme yang cepat. Hipertiroidisme karena penyakit Graves dapat diobati dengan obat-obatan. Tetapi jika tidak diobati, penyakit Graves dapat menyebabkan osteoporosis, masalah jantung, dan masalah selama kehamilan.

2. Hipotiroidisme 
Adalah ketika tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Hal ini juga disebut tiroid yang kurang aktif. Hal ini memperlambat banyak fungsi tubuh Anda, seperti metabolisme Anda.

Penyebab hipotiroidisme paling umum di Amerika Serikat adalah penyakit Hashimoto. Pada orang dengan penyakit Hashimoto, sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang tiroid. Serangan ini merusak kelenjar tiroid sehingga tidak menghasilkan cukup hormon

Hypothyroidism juga dapat disebabkan oleh:

3. Tiroiditis
Adalah peradangan pada kelenjar tiroid. Hal ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh membuat antibodi yang menyerang tiroid.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Penyebab tiroiditis meliputi:

  • Penyakit autoimun, seperti diabetes tipe 1 dan rheumatoid arthritis
  • Genetik
  • Infeksi virus atau bakteri
  • Obat obatan tertentu

Dua jenis umum tiroiditis adalah penyakit Hashimoto dan tiroiditis pascapartum. 

4. Gondokan (Goiter)
Adalah kelenjar tiroid yang membesar. Hal ini mungkin terjadi hanya dalam waktu yang singkat dan dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Atau bisa juga merupakan gejala penyakit tiroid lain yang membutuhkan perawatan. Gondok lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria dan terutama pada wanita sebelum menopause Beberapa penyebab umum gondok termasuk:

  • Penyakit Hashimoto
  • Penyakit kuburan
  • Nodul tiroid
  • Tiroiditis
  • Kanker tiroid

Biasanya, satu-satunya gejala gondok adalah pembengkakan di leher Anda yang cukup besar sehingga Anda dapat melihatnya atau merasakan benjolan dengan tangan Anda. Gondok yang sangat besar juga dapat menyebabkan perasaan sesak di tenggorokan, batuk, atau masalah menelan atau bernapas. 

5. Kanker tiroid

Terjadi ketika sel-sel kanker terbentuk pada jaringan kelenjar tiroid. Kebanyakan orang dengan kanker tiroid memiliki nodul (benjolan) tiroid yang tidak menyebabkan gejala apa pun.Anda mungkin mengalami pembengkakan atau benjolan di leher Anda. Benjolan dapat menyebabkan masalah menelan. Beberapa orang mengalami suara serak. Untuk mengetahui apakah benjolan itu bersifat kanker, dokter akan melakukan tes tertentu. Kebanyakan nodul tiroid tidak bersifat kanker

Pengobatan dan prognosis dari tiap-tiap penyakit tiroid berbeda-beda tergantung dari jenis dan penyebabnya. Penyakit pada tiroid dapat dicegah dan dapat diobati. Namun pada gangguan seperti hipertiroid, hipotroid dapat menyebabkan komplikasi yang dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, jika Anda mencurigai Anda memiliki masalah pada tiroid Anda, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyakit tiroid apa yang Anda derita untuk melakukan pengobatan yang sesuai.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini