5 Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Merusak Libido

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Merusak Libido

Merasa performa di ranjang mengalami penurunan? Jangan salahkan hormon, karena mungkin saja ini merupakan akibat dari kebiasaan Anda sehari-hari. Kenali beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa menurunkan libido, agar Anda dapat menghindarinya. 

Kebiasaan sehari-hari yang dapat menurunkan libido

Tidak semua kasus libido rendah disebabkan oleh faktor hormon. Anda mungkin tidak sadar bahwa selama ini Anda melakukan kebiasaan yang ternyata memengaruhi hasrat seksual Anda di ranjang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Berikut ini beberapa kebaisaan yang dapat menurunkan libido, antara lain:

1. Tidak cukup nutrisi 

Apa saja yang Anda konsumsi setiap hari? Sudahkah makanan Anda membantu membuat libido Anda mendapatkan nutrisi yang diperlukannya?

Faktor makanan bisa menjadi salah satu penyebab libido rendah, tapi seringnya tidak disadari. Bisa saja Anda terlalu mengonsumsi makanan cepat saji hingga mengabaikan makanan sehat yang lebih penting bagi hasrat seksual Anda.

Salah satu makanan yang paling dianjurkan untuk meningkatkan hasrat seksual adalah tiram yang banyak mengandung zinc. Dengan konsumsi cukup asupan zinc, maka level testosteron pada pria juga akan terjaga kadarnya tetap normal.

Alternatif dari tiram adalah daging tanpa lemak atau gandum yang diperkaya dengan zat besi dan berbagai jenis sereal. Selain zinc, menjaga asupan magnesium dari sayuran hijau gelap, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, gandum utuh, alpukat, yogurt, pisang, dan cokelat hitam juga dapat memberikan efek serupa.

Baca Selengkapnya: 7 Makanan Sehat Peningkat Gairah Seksual

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

2. Kurang tidur 

Berapa jam sehari yang Anda habiskan untuk tidur? Kalau dirasa kurang tidur, mungkin inilah yang menjadi penyebab turunnya libido Anda.

Pada para pria, kurang tidur dapat mengurangi kadar testosteron secara signifikan. Sementara para wanita akan sulit mencapai orgasme tanpa tidur yang cukup. Oleh karena itu, pastikan Anda tidur selama 7-9 jam setiap malam agar performa di ranjang tetap maksimal.

3. Kurang rileks

Sering mengalami stres membuat Anda mengalami kesulitan untuk merilekskan diri. Hati-hati, stres yang dialami pria dapat membuat testosteron berkurang sehingga menurunkan libido.

Karena itu, temukan cara untuk membantu Anda menghilangkan stres seperti dengan melakukan pijat, yoga, meditasi atau teknik pernapasan dalam. Atau, Anda dapat juga merilekskan diri Anda dengan berhubungan intim dengan pasangan.

4. Tidak masturbasi

Percaya atau tidak, wanita yang bermasturbasi atau memuaskan dirinya sendiri malah membantu tubuhnya melepaskan oksitosin, hormon yang dapat membantu menurunan kortisol alias hormon stres. Berkurangnya hormon mampu mengurangi lemak dan meningkatkan libido.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mengawali hubungan intim dengan bermasturbasi ria. Namun, jangan sampai kelewatan sampai Anda mengabaikan kebutuhan seks pasangan, ya!

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Baca Juga: Orgasme Membuat Anda Lebih Langsing dan Bahagia

5. Terlalu banyak mengonsumsi gula

Konsumsi gula yang terlalu banyak dapat meningkatkan level insulin dalam tubuh, membuat tubuh menyimpan lemak di sekitar perut, mengalami penurunan massa otot, serta menurunkan level testosterone pada pria.

Lemak yang berkumpul di sekitar perut dapat meningkatkan level estrogen yang menyebabkan menurunnya libido bahkan memicu disfungsi ereksi. Kurangilah asupan gula yang Anda konsumsi untuk mengatasi masalah libido Anda.

Baca Selengkapnya: Cara Paling Efektif Menurunkan Gula Darah Sampai Normal

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Stress Can Lead to a Low Libido. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/how-stress-can-lead-to-low-libido-3145029)
Recharge your sexual energy. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/mens-health/recharge-your-sexual-energy)
6 Simple Habits to Boost Your Sexual Performance. hims. (https://www.forhims.com/blog/boost-sexual-performance)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Penyebab Libido Rendah Pada Pria
Penyebab Libido Rendah Pada Pria

Tingkat libido berubah seiring pertambahan usia dan semakin banyaknya aktifitas Anda. Namun, jika libido rendah terjadi pada pria dalam jangka waktu yang lama dalam masa produktif perlu Anda waspadai. Libido yang rendah terkadang juga bisa menjadi salah satu indikator dari kondisi kesehatan yang memburuk.

Inilah Penyebab Penurunan Libido pada Pria dan Solusinya
Inilah Penyebab Penurunan Libido pada Pria dan Solusinya

Seiring bertambahnya usia, libido pada pria dapat mengalami penurunan. Sebenarnya hal tersebut normal dialami oleh pria. Tetapi perununan libdo pria juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

Apakah Fungsi Obat Perangsang?
Apakah Fungsi Obat Perangsang?

Obat perangsang hanya berfungsi merangsang ereksi dan bukan untuk meningkatkan libido. Simak uraian di bawah ini mengenai penyebab penurunan libido dan cara mengatasinya.

Buka di app