Kapan Ibu Hamil Perlu Melakukan Cardiotocography-CTG

Dipublish tanggal: Sep 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Jangan cemas jika tiba-tiba dokter meminta Bunda untuk melakukan pemeriksaan cardiotocography (CTG).  Kebanyakan ibu hamil mungkin belum paham kenapa pemeriksaan ini harus dilakukan. 

Padahal pemeriksaan ini harus dilakukan agar dokter tahu kondisi kesehatan ibu dan bayi.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

CGT merupakan media yang berfungsi untuk mengecek denyut jantung janin dan kontraksi rahim pada bayi dalam kandungan. 

Ini sangat penting untuk mengetahui apakah terjadi gangguan pada bayi pada saat sebelum dilahirkan dan proses melahirkan nanti , supaya dokter dan bidan bisa mengantisipasinya lebih awal. 

Seperti apa alat dan cara kerja cgt?

Pada dasarnya, CGT atau cardiotocography berbentuk seperti dua piringan kecil yang dilekatkan dipermukaan perut dan kemudian diikat dengan tali elastis dan dilingkar ke perut ibu hamil. 

Satu piring berfungsi untuk mengecek detak jantung janin dan yang satu untuk mengukur tekanan perut. Dengan cara ini, alat ini dapat membantu untuk mengetahui kapan ibu hamil akan mengalami kontraksi dan berapa kekuatan kontraksi yang terjadi. 

Cara pemasangan CGT sangat mudah, sebelum dipasang perut ibu hamil akan terlebih dahulu dioles gel supaya sinyal dapat ditangkap dengan baik. 

Sedangkan tali pengikat yang elastis tadi dihubungkan dengan mesin yang berfungsi sebagai penerjemah sinyal dari piring. Yang ditempelkan diperut ibu hamil. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

CGT akan memanfaatkan gelombang suara untuk mendekteksi denyut jantung jabang bayi dalam perut Bunda. Denyut jantung janin berbeda dengan denyut jantung orang dewasa. 

Jika orang dewasa 60-100 kali per menit, janin dalam kandungan hanya 110-160 per menit. Tanda adanya masalah dengan janin dalam kandungan bisa dilihat dari denyut jantung janin apakah terlalu tinggi atau terlalu rendah. 

Kondisi yang memerlukan pemeriksaan ctg

Jika tidak terjadi masalah atau gangguan pada janin dalam kandungan, dokter biasanya tidak akan melakukan tes CTG. 

Tes ini akan dilakukan jika kondisi ibu hamil tidak sehat dan bisa membahayakan jabang bayi, contohnya ibu hamil menderita diabetes atau tekanan darah tinggi

Pemeriksaan ini perlu dilakukan karena manfaat dari pemeriksaan ini agar dokter mengetahui tindakan apa yang akan dilakukan saat persalinan nanti. 

Pemeriksaan CGT berguna juga untuk ibu hamil yang mengalami:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Pemeriksaan ini berguna agar mengetahui jumlah Braxton Hicks atau kontraksi palsu, dan nantinya akan terhindar dari kontraksi pada ibu hamil yang sudah lebih dari sembilan bulan umur kandungannya tetapi belum juga melahirkan. 

Bentuk atau hasil yang dihasilkan mesin CGT berupa grafik sesuai dengan detak jantung jabang bayi dan kontraksi rahim. Hasilnya nanti ada dua yaitu reaktif dan nonreaktif. 

Reaktif yaitu denyut jantung meningkat setelah jabang bayi bergerak dan nonreaktif denyut jantung tidak meningkat walaupun sudah bergerak. 

Untuk Bunda, jangan takut dengan CGT, karena CGT tidak ada radiasi, karena itu aman untuk ibu hamil. 

Tetapi utnuk informasi lebih lanjut ibu hamil dapat berkonsultasi dengan dokter dan memeriksa siapa tahu perlu melakukan cardiocotgraphy guna terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cardiotocography. Baby heartbeat monitor. Labour and delivery. Patient. (https://patient.info/pregnancy/cardiotocography)
What is cardiotocography (CTG) and why do I need it?. BabyCenter India. (https://www.babycenter.in/x1045384/what-is-cardiotocography-ctg-and-why-do-i-need-it)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app