Kehamilan

Kapan Boleh Hamil Lagi Setelah Operasi Caesar (Sesar) ?

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Mar 2, 2020 Tinjau pada Jun 8, 2019 Waktu baca: 2 menit
Kapan Boleh Hamil Lagi Setelah Operasi Caesar (Sesar) ?

Setelah operasi caesar selesai, biasanya dokter akan memberi tahu Anda ataupun pasangan mengenai jeda waktu kapan Anda boleh hamil lagi. Hal ini perlu dipahami agar proses pemulihan dan perencanaan kehamilan selanjutnya bisa berjalan lancar.

Emangnya kenapa kita harus tahu, kapan boleh hamil lagi setelah operasi caesar? Perlu kita ketahui bahwa operasi caesar merupakan proses persalinan yang tidak normal, dimana rahim yang tadinya disayat dengan pisau operasi, kemudian darah yang keluar juga akan lebih banyak. Hal ini tidak terjadi pada persalinan normal.

Jadi tujuan kita mengetahui kapan ibu boleh hamil setelah operasi caesar (sesar), agar memberi kesempatan kepada rahim untuk menyambung dengan sempurna dan kokoh seperti sedia kala dan memberi waktu bagi tubuh secara umum untuk memulihkan diri karena habis kehilangan darah yang banyak.

Kondisi umum melakukan persalinan caesar

Sebagai aturan umum setelah operasi caesar, ibu boleh hamil lagi setelah 19 bulan. Sebenarnya ini juga menjadi waktu ideal yang direkomendasikan untuk wanita yang melahirkan secara normal.

Mungkin ada yang merasa kok lama amat, tapi seperti telah saya singgung di atas Anda baru saja menjalani operasi besar sehingga sangat perlu untuk membiarkan tubuh memulihkan dan mengisi kembali nutrisi yang hilang.

Misalnya, mungkin ibu mengalami anemia karena sejumlah besar zat besi ditransfer ke bayi dan plasenta selama kehamilan, serta kehilangan darah saat melahirkan. Perlu juga diketahui bahwa wanita yang melahirkan melalui operasi caesar kehilangan darah dua kali lebih banyak- sekitar dua liter  - dibanding wanita yang melahirkan secara normal.

Di samping alasan di atas, studi juga menunjukkan bahwa wanita yang hamil kurang dari enam bulan setelah melahirkan dapat memiliki risiko lebih tinggi terhadap komplikasi kehamilan seperti rahim pecah atau bayi lahir prematur atau Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).

Selain itu, tentu Anda juga memerlukan beberapa waktu untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan yang baru sebagai orangtua, sebelum menambah momongan lagi. Dengan memberikan diri banyak waktu untuk pemulihan dan untuk beradaptasi menjadi orang tua, Anda akan memberikan anak berikutnya awal terbaik dalam hidup.

Jika ternyata Anda sudah terlanjur hamil setelah operasi caesar padahal masih kurang dari 19 bulan, maka jangan panik. karena banyak wanita hamil lebih cepat dan baik-baik saja. Konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan Anda.

Apakah dapat melahirkan normal setelah persalinan sebelumnya caesar?

Pasien dengan riwayat kelahiran sesar sebelumnya masih dapat melahirkan secara pervagina bila tidak terdapat faktor risiko tertentu seperti:

  • Usia lebih dari 35 tahun
  • Obesitas
  • Janin besar
  • Hipertensi selama kehamilan
  • Jarak sesar kurang dari 19 bulan
  • Jahitan vertical
  • Kondisi penyakit lain selama kehamilan

Jadi, waktu terbaik untuk hamil lagi dapat berbeda untuk setiap wanita, sehingga berbicara dengan dokter tentang situasi spesifik Anda akan lebih tepat untuk memutuskan kapan boleh hamil lagi setelah operasi caesar (sesar).

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Micek, Martyna & Kosinska-Kaczynska, Katarzyna & Godek, Bartosz & Krowicka, Maria & Szymusik, Iwona & Wielgos, Miroslaw. (2015). Birth after a previous cesarean section - What is most important in making a decision?. Neuro endocrinology letters. 35. 718-723.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/272751557_Birth_after_a_previous_cesarean_section_-_What_is_most_important_in_making_a_decision)
Cahill, Alison & Macones, George. (2007). Vaginal Birth After Cesarean Delivery: Evidence-based Practice. Clinical obstetrics and gynecology. 50. 518-25. 10.1097/GRF.0b013e31804bde7b.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/6318536_Vaginal_Birth_After_Cesarean_Delivery_Evidence-based_Practice)
Záhumenský, Jozef & Sottner, O. & Brtnicka, H. & Dvorak, M. & Krcmar, M. & Zmrhalova, Barbora & Driak, D. & Halaska, Michael. (2008). Pregnancy and Delivery After Ectopic Pregnancy in a Caesarean Section Scar. Geburtshilfe Und Frauenheilkunde - GEBURTSH FRAUENHEILK. 68. 389-392. 10.1055/s-2008-1038529.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/245712978_Pregnancy_and_Delivery_After_Ectopic_Pregnancy_in_a_Caesarean_Section_Scar)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app