Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Kaki Rata - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.383.736 orang

Jika Anda memiliki kaki rata, kaki Anda tidak memiliki lengkungan normal ketika Anda berdiri. Hal ini menyebabkan rasa sakit ketika Anda melakukan aktivitas fisik yang ekstensif. Kondisi ini dikenal sebagai pes planus atau lengkungan yang jatuh. 

Hal ini normal terjadi pada bayi dan biasanya menghilang saat berumur 2 hingga 3 tahun ketika ligamen dan tendon pada kaki dan tungkai merapat. Namun hal ini dapat berlangsung hingga dewasa. Sekitar 25 persen orang dewasa di Amerika memiliki kondisi ini. Memiliki kaki rata jarang berubah menjadi serius.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pada beberapa kasus kaki rata disebabkan oleh cedera atau sakit, memunculkan masalah ketika berjalan, berlari atau berdiri selama beberapa jam.

Beberapa Jenis Kaki Rata

Kaki Rata Fleksibel
Jenis ini merupakan jenis yang paling banyak ditemui. Lengkungan kaki Anda nampak hanya ketika Anda mengangkatnya dari permukaan tanah dan alas kaki Anda menyentuh tanah sempurna ketika Anda menempatkan kaki Anda di atas tanah. Jenis ini dimulai ketika anak-anak dan biasanya tidak menyebabkan rasa sakit.

Tendon Achilles Pendek
Tendon achilles Anda menghubungkan tulang tumit dengan otot betis Anda. Jika tendon ini terlalu pendek, Anda mungkin akan merasakan sakit saat berjalan dan berlari. Kondisi ini menyebabkan tulang tumit mengangkat terlebih dahulu saat Anda berjalan atau berlari.

Disfungsi Posterior Tibial Tendon
Jenis kaki rata ini didapatkan saat dewasa ketika tendon yang menghubungkan otot betis dengan yang berada pada lutut Anda terluka, bengkak atau robek. 

Jika lengkungan Anda tidak menerima dukungan yang dibutuhkan Anda akan merasakan sakit di dalam kaki dan lutut Anda sama seperti rasa sakit pada bagian luar lutut Anda. Bergantung pada penyebabnya Anda mungkin akan memiliki kondisi pada satu atau kedua kaki Anda.

Penyebab Kaki Rata

Kaki rata dihubungkan dengan jaringan dan tulang pada kaki dan kaki bawah Anda. Kondisi ini normal terjadi pada bayi dan anak-anak karena ini membutuhkan waktu bagi tendon untuk merapat dan membentuk lengkungan. Pada beberapa kasus namun jarang terjadi, tulang di dalam kaki bayi menyatu dan menyebabkan rasa sakit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika kerapatan ini tidak terjadi secara penuh, hal ini dapat berakibat pada kaki rata. Ketika Anda bertambah usia atau mengalami cedera, tendon pada satu atau kedua kaki mungkin mengalami kerusakan. Kondisi ini juga dikaitkan dengan penyakit seperti cerebral palsy dan distropi muskular.

Siapa yang Beresiko?

Anda memiliki kemungkinan lebih memiliki kaki rata jika kondisi ini pernah terjadi pada keluarga Anda. Jika Anda sangat atletis dan aktif secara fisik, resiko Anda lebih tinggi karena kemungkinan mengalami cedera kaki dan lutut. Orang yang sudah tua dan rawan jatuh atau cedera fisik juga beresiko lebih. 

Orang yang memiliki penyakit yang mempengaruhi otot, misalnya cerebral palsy, juga memiliki resiko yang lebih besar. Faktor resiko lain yaitu obesitas, hipertensi dan diabetes melitus.

Gejala

Tidak terdapat penyebab yang dapat Anda waspadai jika kaki Anda rata dan Anda tidak merasakan sakit. Namun, jika kaki Anda terasa sakit setelah berjalan jarak jauh atau berdiri untuk waktu yang lama, kaki rata mungkin salah satu penyebabnya. 

Anda mungkin juga merasakan sakit pada kaki bagian bawah dan lutut. Kaki Anda mungkin terasa kaku atau mati rasa, terdapat penebalan dan mungkin condong ke arah satu sama lain.

Kapan sebaiknya memeriksakan diri ke Podiatrist?

Jika Anda merasakan sakit kaki atau kaki Anda menyebabkan masalah saat berjalan atau berlari, periksakan diri ke ahli bedah ortopedi, podiatris atau dokter yang biasa Anda kunjungi. Diagnosis masalah memerlukan beberapa tes. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dokter Anda akan mencari lengkungan pada kaki Anda ketika Anda berdiri dengan jari kaki Anda. Jika terdapat lengkungan, Anda tidak memerlukan perawatan untuk kaki rata. Dokter Anda juga akan mencari lengkungan pada lutut Anda.

Jika Anda kesulitan melenturkan kaki Anda atau lengkungan tidak muncul, dokter Anda mungkin akan melakukan beberapa tes lain seperti sinar X pada kaki, pemindaian untuk memeriksa tulang dan tendon pada kaki Anda.

Perawatan

Dukungan kaki
Memberi dukungan pada kaki Anda biasanya merupakan langkah pertama dalam menangani kondisi. Dokter Anda mungkin akan menyarankan Anda menggunakan orthontic, yang mana dimasukkan ke sepatu Anda untuk mensupport kaki Anda.

Perubahan gaya hidup
Mengurangi rasa nyeri karena kaki rata mungkin melibatkan penggabungan beberapa perubahan pada rutinitas harian Anda. Misalnya dokter Anda mungkin menyarankan diet dan program olahraga untuk mengurangi berat badan untuk mengurangi tekanan pada kaki Anda. Mereka mungkin menyarankan untuk tidak berdiri atau berjalan dalam waktu yang lama.

Obat-obatan
Tergantung pada penyebab dari kondisi Anda, Anda mungkin memiliki nyeri terus-menerus dan peradangan. Dokter Anda mungkin meresepkan obat untuk mengurangi ketidaknyamanan dari gejala ini. Obat anti peradangan nonsteroid dapat meredakan pembengkakan dan nyeri.

Operasi Kaki
Operasi mungkin menjadi salah satu pilihan pada kasus yang lebih serius dan biasanya langkah paling akhir yang terpaksa diambil. Ahli bedah ortopedi Anda mungkin menciptakan lengkungan pada kaki Anda, memperbaiki tendon atau merapatkan tulang atau sendi Anda. Jika tendon Achilles Anda terlalu pendek, ahli bedah dapat memperpanjangnya untuk mengurangi rasa sakit.

Harapan Jangka Panjang

Beberapa orang menemukan pereda dari penggunaan sepatu khusus atau sepatu pendukung. Operasi biasanya merupakan pilihan terakhir, namun hasilnya selalu positif. 

Komplikasi karena operasi, meskipun jarang, dapat berupa infeksi, sulit menggerakkan lutut, proses penyembuhan tulang yang tidak seharusnya dan nyeri yang tidak kunjung menghilang.

Pencegahan

Kaki rata sifatnya turun menurun dan biasanya tidak bisa dicegah. Namun Anda dapat mencegah kondisi menjadi memburuk dan menyebabkan nyeri yang berlebihan dengan menggunakan langkah pencegahan seperti menggunakan sepatu yang nyaman dipakai dan menyediakan pendukung kaki yang penting.


Referensi

Aenumulapalli, et al. (2017). Prevalence of Flexible Flat Foot in Adults: A Cross-Sectional Study. JCDR, 11(6), pp. AC17-AC20.

Mayo Clinic (2018). Conditions & Diseases. Flatfeet.

Morrison, MA. Healthline (2016). Flat Foot.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit